Info Sehat

Perut Panas Karena Makan Sambal Pedas? Ini Tips Mengatasinya!

Memakan makanan yang pedas memang menggoda bagi sebagian orang. Namun tahan di lidah, belum tentu tahan di perut. Perut panas karena makan sambal pedas bisa saja terjadi setelah kita asyik memakan makanan pedas.

Nah, bagi Kamu penyuka makanan pedas, ini tips dan cara mengatasi perut panas akibat makan sambal yang pedas.

Cara Ampuh Mengatasi Perut Panas Karena Makan Sambal Pedas

perut panas
Salah satu penyebab perut panas adalah makanan pedas

Perut panas karena memakan makanan yang pedas seperti sambal adalah hal yang biasa terjadi. Makanan pedas dapat merangsang pencernaan dan meningkatkan suhu tubuh kita. Hal ini dikarenakan makanan pedas seperti cabe mengandung zat capsaicin yang dapat menimbulkan sensasi panas.

Saat zat capsaicin menyentuh lambung, saraf akan bereaksi dan memberikan sinyal berupa rasa nyeri atau panas. Namun, tidak semua orang akan mendapatkan sinyal nyeri atau panas ini. Beberapa orang akan bertahan dengan rasa panas dari makanan pedas. Masih belum ada penelitian yang pasti tentang mengapa rasa panas setelah makan pedas bisa berbeda – beda antara satu dengan yang lainnya.

Nah, untuk Kamu yang sering merasakan perut panas setelah makan pedas seperti sambal, berikut beberapa tips dan cara untuk mengatasinya.

1. Minum Air Jahe

Sudah bukan rahasia lagi kalau jahe adalah minuman yang dapat membantu mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk masalah perut panas.

Pada jahe, terdapat kandungan phenolic. Kandungan ini bermanfaat untuk meredakan iritasi di dalam perut dan melancarkan pencernaan.

Kamu bisa menikmati segelas air jahe untuk meredakan perut panas dengan cara memarut 1,5 sendok teh jahe segar dan mencampurkannya ke dalam 4 gelas air yang sudah direbus. Biarkan jahe larut sekitar 5 – 10 menit, kemudian saring airnya untuk memisahkan antara parutan jahe dan air yang akan diminum.

2. Teh Peppermint

Teh peppermint adalah teh yang dibuat dengan menggunakan daun peppermint. Pembuatan teh ini dilakukan dengan mencampurkan daun peppermint dengan air panas.

Peppermint dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah perut seperti mual, muntah, dan kram perut. Perut panas juga disinyalir dapat diredakan dengan teh peppermint karena teh ini memiliki zat antinyeri.

Kamu bisa membeli teh peppermint yang sudah banyak dijual di pasaran. Bahkan, teh peppermint juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan menyeduh daun peppermint dan meminum airnya selagi hangat. Selain itu, menghirup aromaterapi peppermint juga dapat membantu meredakan perut panas.

3. Meminum Susu

Pada cabai terdapat zat capsaicin yang menimbulkan sensasi panas di dalam perut. Sensasi ini dapat diredakan dengan meminum produk susu atau yoghurt. Kandungan di dalam susu dapat meluruhkan zat capsaicin dan meredakan rasa panas pada perut akibat memakan sambal atau makanan yang pedas.

4. Tidak Mengkonsumsi Rokok, Kafein, dan Alkohol

Untuk meredakan perut panas karena makan pedas, hindari makanan atau minuman yang berpotensi memperparah keadaan perut. Mengkonsumsi rokok, minuman berkafein, dan alkohol dapat menimbulkan efek yang sama sehingga perut panas bisa jadi lebih parah.

Nah, demikianlah cara – cara alternatif yang dapat dilakukan untuk dapat meredakan perut panas akibat makan sambal pedas. Meski begitu, cara ini adalah cara – cara pertama yang bisa dilakukan. Mohon perhatikan terlebih dahulu permasalahan yang mungkin terjadi sebelum mengkonsumsinya, seperti pada ibu hamil atau anak – anak.

Selain itu, perut panas juga tidak bisa disepelekan. Hubungi dokter jika perut panas yang Kamu alami tidak kunjung hilang hingga 3 jam lebih.

Join The Discussion