Gaya Hidup

Tabel jumlah Terbakarnya Kalori Saat Bersepeda

Selain mengasyikkan, bersepeda juga membantu membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Untuk membakar kalori saat bersepeda, tubuh terus bergerak dengan kecepatan dan jarak tertentu. Lalu, berapa jumlahkalori yang terbakar saat bersepeda?

Sebenarnya, ada lho cara menghitung jumlah kalori yang terbakar saat bersepeda. Meski begitu, cara penghitungan ini tidak 100% valid, dikarenakan terbakarnya kalori saat bersepeda dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor.

Mengapa Harus Membakar Kalori?

Sebelum kita mulai membahas cara menghitung kalori saat bersepeda, akan lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu apa itu kalori dan mengapa penting bagi kita untuk membakar kalori.

Kalori merupakan metrik yang digunakan untuk menghitung atau mengukur energi pada makanan atau minuman yang dikonsumsi, atau energi yang terbakar saat melakukan aktivitas.

Pengukuran kalori biasanya memiliki kaitan yang erat dengan berat badan. Jika kalori yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan dengan yang masuk, biasanya berat badan akan semakin bertambah.

Sebaliknya, jika kalori yang dikeluarkan untuk beraktivitas lebih besar, maka penurunan berat badan akan terjadi. Mudahnya seperti ini, 0,5 kg lemak tubuh sama dengan 3500 kalori. Artinya, untuk menurunkan 0,5 kg berat badan, harus ada 3500 kalori yang terbakar.

Dengan begitu, pembakaran atau penambahan kalori dalam tubuh seseorang perlu diperhatikan jika Kamu ingin mengelola berat badan.

Cara Menghitung Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Bersepeda

Jumlah kalori yang terbakar saat bersepeda dapat diukur menggunakan beberapa metriks seperti berat badan, jarak tempuh, dan kecepatan yang dilakukan selama bersepeda.

Tabel berikut merupakan hitung – hitungan kalori yang terbakar saat bersepeda dari berbagai kondisi kecepatan.

Tabel Perkiraan Kalori yang Terbakar Berdasarkan Berat Badan dan Kecepatan

Kecepatan / Berat60kg70kg80kg90kg
20km/jam472563654745
25km/jam590740817931
30km/jam7088449811,117
33km/jam9441,1261,3081,489

Faktor yang Mempengaruhi Pembakaran Kalori Saat Bersepeda

Kalori Saat Bersepeda
Kalori Saat Bersepeda

Selain menggunakan cara penghitungan di atas, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi jumlah pembakaran kalori saat bersepeda. Berikut beberapa faktornya :

1. Berat Badan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berat badan mempengaruhi besaran kalori yang terbakar saat bersepeda. Semakin berat badan yang dimiliki, tentunya memerlukan usaha yang lebih besar saat mengayuh sepeda yang mengakibatkan pembakaran kalori menjadi lebih besar.

2. Aerodinamika

Pose tubuh saat bersepeda juga dapat mempengaruhi kalori yang terbakar. pasalnya, semakin banyak tubuh kita terkena angin, maka akan semakin besar kalori yang terbakar.

Untuk mendapatkan aerodinamis yang baik selama bersepeda, posisi tubuh harus disesuaikan. Pakaian yang ketat, helm runcing, dan pose yang menunduk merupakan langkah yang tepat untuk mendapatkan aerodinamika yang baik saat bersepeda.

3. Durasi

Durasi atau lamanya Kamu dalam bersepeda tentu juga mempengaruhi jumlah kalori yang terbakar. Semakin lama durasinya, maka akan semakin besar pula kalori yang terbakar.

4. Intensitas

Pada prinsipnya, intensitas adalah memperpendek jumlah waktu bersepeda untuk menghabiskan kalori yang sama. Untuk melakukannya, Kamu dapat dibantu dengan alat penghitung detak jantung atau power meter.

Misalnya, untuk menempuh 1Km dalam waktu 3 menit, akan membakar jumlah kalori yang sama dengan jarak yang sama namun dengan waktu yang lebih lama.

Nah, itulah tabel untuk menghitung kalori yang terbakar saat bersepeda dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Karena faktor yang mempengaruhinya cukup banyak, maka tabel tersebut tidak sepenuhnya valid. Namun, kamu bisa menggunakannya sebagai petunjuk.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, banyak wearable device atau teknologi – teknologi yang sudah beredar untuk membantumu menghitung kalori yang terbakar saat bersepeda. Dengan begitu, bersepeda menjadi lebih asyik dan terukur untuk kesehatan.

Join The Discussion