Gaya Hidup

Tips & Cara Agar Tidur Bisa Nyenyak

Tidur merupakan salah satu rutinitas yang dibutuhkan tubuh. Kurang tidur dapat membuat tubuh memiliki banyak keluhan, terutama bagi seseorang dengan rutinitas yang padat. Sayangnya, tidak semua orang memerasakan tidur yang nyenyak. Padahal, dengan tidur nyenyak tubuh akan menjadi fit dan siap beraktifitas kembali di keesokan harinya. Yuk intip tips agar tidur menjadi nyenyak berikut ini!

Manfaat Tidur Nyenyak

Menjadi aktifitas penutup di setiap hari, tidur nyenyak banyak disepelekan. Tidak banyak orang menyadari bahwa kita butuh tidur nyenyak untuk mendukung aktifitas tubuh di hari berikutnya. Selain itu, tidur nyenyak juga memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Meningkatkan daya ingat. Ketika tidur, otak akan merekan seluruh aktifitas seharian. Tidur yang nyenyak akan membantu otak merekam memori dengan baik.
  2. Menunda penuaan. Ahli kesehatan tidur, Dr. Andreas Prasadja mengatakan bahwa akan terjad perbaikan sel-sel pada saat seseorang sedang tidur. Perbaikan sel inilah yang membuat proses menuaan melambat.
  3. Meningkatkan suasana hati dan pikiran. Jika kamu sedang merasa gundah, galau hingga stres, cobalah tidur sejenak. Nyenyaknya tidur akan membuat tubuh rileks sehingga suasana hati dan pikiran kembali membaik. Ahli pun menyebutkan bahwa seseorang dengan tidur nyenyak selama 6,5 jam akan memilki suasana hati yang lebih baik dibanding orang yang jam tidurnya kurang dari dirinya.
  4. Mempercepat proses penyembuhan. Seperti yang telah disebutkan bahwa ada pebaikan sel ketika tidur, hal ini juga terjadi pada luka. Sel-sel yang rusak akan diganti ketika sedang tidur. Pastikan tidurnya nyenyak ya.
  5. Menjaga gairah seks. Seseorang yang memiliki gangguan tidur biasanya mengalami penurunan gairah seks. Hal ini kerap dikaitkan dengan ikut merendhanya kadar teststeron pria ketika mengalami kurang tidur atau memiliki gangguan tidur.
  6. Mencegah kecelakaan atau cidera. Tidur tidak nyenyak biasanya akan berujung nyeri dan pegal di bagian tubuh tertentu. Selain itu, masalah tidur juga bisa membuat rang menjadi tidak fokus. Salah satu penyebab kecelakaan adalah ketidakfokusan yang muncul di tengah aktifitas.
  7. Meningkatkan daya tahan tubuh. Penelitian mengatakan bahwa seseorang dengan tidur nyenyak lebih jarang terserang penyakit dibandingkan dengan orang yang memiliki gangguan tidur.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Depresi dengan Gaya Hidup Sehat

Tips agar Tidur Menjadi Nyenyak

cara meningkatkan daya ingat dengan tidur
sumber: huffingtonpost.com

Mencuci muka sebelum tidur

Mencuci muka sebelum tidur atau mandi dengan air hangat akan membuat peredaran darah menjadi lancar. Hal inilah yang akan membuat tidur menjadi semakin nyenyak dan fit kembali di pagi hari.

Memilih kasur yang nyaman

Kasur merupakan media tidur yang sangat mempengaruhi kualitas tidur. Sayangnya, hal ini sering terabaikan oleh kebanyakan orang Padahal, memilih kasur menjadi hal yang penting ketika mengetahui manfaatnya.

Pernahkah kamu tidur di hotel? Terasa nyaman bukan? Hal tersebut salah satunya dipengaruhi leh kualitas kasur yang digunakan. Beberapa bahan kasur yang direkomendasikan untuk membuat tidur menjadi nyenya adalah kasur busa latex.

Mematikan lampu atau menggunakan lampu tidur

Pernah kamu berpikir mengapa lampu tidur didesain sangat redup? Nah, sebab redupnya lampu akan membuat tidur menjadi nyenyak. Sudah redupkah lampu di kamar tidurmu?

Tidak memainkan gadget sebelum tidur

Seringnya orang yang mengalami gangguan tidur merupakan orang yang terlalu sering menggunakan gadget, terutama di dekat jam tidur. Padahal, sinar lampu serta konten-konten yang ada pada gadget akan membuat kamu sulit tidur atau bahkan tidak nyenyak. Oleh sebab itu, tinggalkanlah gadget saat hendak tidur.

Baca juga: Cara Menjaga Rumah Agar Selalu Bersih dan Rapi

Meskipun kebanyakan orang dapat dengan mudah untuk beristirahat atau tidur malah, namun sebagian orang masih berjuang melawan gangguan tidurnya. Yuk perhatikan kualitas tidur untuk hari esok yang lebih baik!

Artikel Menarik Lainnya

Join The Discussion