Ibu dan Anak

Begini Perkembangan Anak Usia 3 Tahun 4 Bulan

Pertumbuhan anak memang sangat tidak terduga. Rasanya baru kemarin kita mengajarinya berjalan, dan sekarang sang bayi sudah tumbuh menjadi anak berusia 3 tahun.. Kali ini, Cerita Sehat akan membahas bagaimana perkembangan anak usia 3 tahun 4 bulan.

Namun, perlu diingat oleh para orang tua bahwa kecepatan tumbuh tiap anak berbeda – beda. Jadi, tidak perlu khawatir jika perkembangan anak belum mencapai rata – rata anak seusianya. Diskusikanlah dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik.

Kemampuan Berkomunikasi

Ini adalah kemampuan yang paling mudah dilihat oleh orang tua. Ya, saat ini, anak berusia 3 tahun 4 bulan sudah bisa mengembangkan keterampilan dalam berkomunikasi. Beberapa kemampuan yang mungkin terlihat antara lain :

  • Mengingat nama temannya
  • Mampu menggunakan kata ganti orang seperti “dia”, “aku”, kamu.
  • Dapat mengikuti perintah sederhana seperti memasukkan mainan ke dalam kotak.
  • Mampu berbicara dengan jelas sebanyak 3 – 4 kata.

Kemampuan Fisik / Motorik

Saat ini, anak sudah bisa berjalan maju atau mundur tanpa ragu. Bahkan kadang mereka juga melompat. Naik tangga juga bukanlah hal sulit. bahkan saking senangnya, mereka bisa naik turun tangga terus dan sulit dihentikan.

Anak usia 3 tahun 4 bulan juga sudah bisa memegang crayon dan menirukan bentuk sederhana seperti lingkaran. Memiliki mainan tumpuk menumpuk berbagai bentuk di rumah? anak usia 3 tahun 4 bulan juga sudah mulai bisa melakukannya.

Dalam kondisi ini, orang tua dapat terus memantau perkembangannya. Menemaninya bermain dan mengawasinya agar tidak terjatuh juga bisa dilakukan untuk mendukung perkembangan fisiknya.

Kemampuan Sosial dan Emosi

Di sini, anak akan terlihat sudah mampu bermain dengan temannya. mereka mulai memahami satu sama lain, mengalah dalam bermain, dan ingin tau banyak hal.

Bagi para orang tua, bersiaplah untuk menerima banyak pertanyaan dari si kecil. Karena pada usia 3 tahun 4 bulan, rasa ingin tahunya sangat besar.

Pada usia ini, anak sedang mempelajari emosi yang ada pada dirinya dan orang lain. Maka jangan heran jika anak bisa tertawa terbahak – bahak saat ada hal yg sedikit lucu. Bahkan juga bisa menangis saat merasa kecewa atau kesal.

Kemampuan Kognitif

perkembangan anak usia 3 tahun

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya bahwa menjelang usia 4 tahun, anak akan banyak memberikan pertanyaan – pertanyaan. Hal ini tidak terlepas dari rasa ingin tahunya yang sangat besar.

Dari sisi kemampuan kognitifnya, anak sudah bisa memahami berbagai konsep. Contohnya sudah mengetahui perbedaan siang dan malam, mengenal nama – nama hewan, benda, dan warna, serta bisa menyebutkannya saat melihat benda / warna tersebut.

Daya ingat anak usia 3 tahun 4 bulan juga sudah berkembang dengan pesat. Ia bisa menceritakan apa yang sudah dialami sebelumnya. Buku atau mainan favoritnya pun sudah bisa diingat / disebutkannya.

Sabarlah menjawab pertanyaan – pertanyaan anak yang terus menghampiri. Sesekali, minta Ia untuk menyebutkan ulang benda – benda di sekitarnya.

Mengajaknya membaca buku cerita juga dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitifnya. Mainan yang cocok untuk meningkatkan daya kognitif seperti puzzle atau balok susun juga direkomendasikan untuknya.

Demikianlah perkembangan anak usia 3 tahun 4 bulan. Lucu bukan? jangan lupa untuk terus memantau perkembangan anak dan memberikan nutrisi yang terbaik untuknya agar tumbuh kembangnya tetap terjaga.

Baca Juga :

Join The Discussion