Info Sehat

Inilah Jenis Tindakan Pemulihan Pasca Stroke yang Bisa Dilakukan di Rumah

Stroke masuk dalam salah satu jenis penyakit kronis yang tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Hal ini karena dampak yang ditimbulkan apabila seseorang sudah terserang stroke bisa dikatakan akan sulit kembali untuk bisa hidup normal seperti sedia kala. Oleh karena itu, tidak heran apabila stroke masuk dalam salah satu daftar penyakit yang paling banyak ditakuti oleh masyarakat dunia karena mengingat dampaknya yang cukup menakutkan yakni bisa mencapai kematian. Akan tetapi apabila seseorang sudah mendapatkan perawatan stroke di rumah sakit dan ingin melakukan tindakan pemulihan pasca stroke di rumah, apakah bisa? Lalu tindakan apa saja yang bisa dilakukan?

Pemulihan Pasca Stroke

Tindakan pemulihan yang dilakukan kepada pasien pasca menderita stroke memang diperlukan yang namanya kesabaran. Seperti yang diketahui bahwa pasca stroke merupakan salah satu jenis penyakit aktif yang bisa dibilang berkelanjutan. Cedera otak yang terjadi saat orang terkena stroke memang akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan neurologis seseorang atau pasien yang terkena stroke. Dan untuk melakukan tindakan pemulihan tersebut akan berjalan cukup lambat dan mungkin bisa dilakukan dengan cara bertahap. Hal ini karena stroke akan sangat berpengaruh terhadap keseimbangan sistem organ yang ada di dalam tubuh Anda.

Bisa pulih tidaknya bagi pasien yang menderita stroke memang besar kaitannya dengan seberapa parah stroke yang mereka derita. Apakah masuk dalam stroke ringan, sedang atau stroke yang sudah parah. Sedikit informasi bahwa memberikan perawatan bagi pasien yang mengalami stroke di rumah memang merupakan salah satu beban besar dalam sebuah keluarga. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa tindakan yang bisa dilakukan pada pasien untuk melakukan pemulihan pasca stroke di rumah :

  • Ajari pasien bergerak
    Ini merupakan salah satu langkah awal yang bisa dilakukan untuk memberikan terapi dan tindakan pemulihan pada pasien pasca stroke yang bisa dilakukan di rumah. Ajak dan latih pasien untuk menggerakkan sendi tubuhnya secara perlahan. Lakukan kegiatan ini dua hari selama satu minggu. Gerakan tubuh pasien, ajarkan untuk menekuk dan lurus. Dengan cara seperti ini bisa dimanfaatkan untuk merangsang sel otak dengan baik untuk menggerakkan anggota tubuh.
  • Berikan latihan untuk berjalan
    Setelah Anda mengajari pasien untuk bergerak dengan menggerakkan sandinya supaya otak bisa terangsang. Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara memberikan latihan kepada pasien untuk berjalan secara bertahap. Jangan terlalu memaksakan kehendak karena tidak semua pasien memiliki jiwa yang sama. Terkadang ada pasien dengan stroke cukup parah yang susah untuk diajari. Jadi memang harus ekstra sabar.

Beberapa tindakan di atas adalah contoh dari pemulihan yang bisa dilakukan pada penderita stroke. Satu hal yang perlu menjadi perhatian Anda, merawat pasien stroke di rumah memang tidak mudah. Bila Anda orang yang cukup sibuk tidak mungkin bisa melakukannya sendiri. Jadi Anda bisa memilih jalan dengan cara mencari suster atau perawat untuk membantu Anda merawat pasien stroke tersebut.

Bila Anda bingung mencari tempat yang menyediakan layanan pemulihan pasca stroke yang aman dan terpercaya, tidak perlu bingung karena Aido adalah pilihan yang tepat dan pas bagi Anda. Di Aido ada banyak sekali pilihan perawat yang bisa Anda pilih untuk membantu Anda merawat pasien pasca stroke di rumah. Perawat yang ada di Aido sudah memiliki STR. Jadi sudah dapat dipastikan bahwa kualitas pelayanan kesehatannya juga maksimal jadi bisa meringankan beban Anda.

Artikel Menarik Lainnya :

Join The Discussion