Info Sehat

Lawan Covid-19! Ini Tips Bersihkan Mobil Agar Terhindar dari Virus

Munculnya Covid-19 membuat masyarakat semakin sadar akan kesehatan. Banyak orang yang mulai rajin membersihkan diri dan lingkungan untuk mmencegah paparan virus ini.

Salah satu benda yang harus diperhatikan dan perlu dibersihkan adalah kendaraan. Sering di bawa kemana – mana dan mengangkut penumpang yang berbeda – beda membuat kendaraan menjadi wajib untuk dibersihkan.

Tips Membersihkan Mobil Agar Terhindar dari Covid-19

Pada umumnya, cairan disinfektan cocok untuk membersihkan barang barang agar terhindar dari covid-19. Namun, disinfektan tidak disarankan untuk membersihkan interior mobil.

Material interior mobil pada umumnya terbuat dari bahan seperti kain, plastik, vinil, dan kulit yang dapat cepat terkikis oleh kandungan alkohol yang terdapat pada disinfektan.

Dilansir dari portal media online WapCar, untuk membersihkan mobil, kita perlu menggunakan cairan yang memang aman untuk mobil. Misalnya dengan sabun khusus untuk membersihkan mobil / dashboard.

Jika tidak memiliki cairan / sabun khusus, anda bisa menggunakan sabun bayi. Campuran sabun dan air bisa digunakan untuk membasmi kuman.

Selain itu, siapkan juga kain lap dengan serat yang lembut. Contohnya seperti kain microfiber.

Siapkan Bahan

Jika menggunakan campuran air dan sabun, gunakan air hangat dan campurkan dengan sabun. Dianjurkan untuk tidak menggunakan sabun terlalu banyak karena berpotensi lengket di bagian interior.

Masukkan sabun yang sudah disiapkan ke dalam botol semprot. Siapkan juga vacuum cleaner untuk membersihkan sela – sela kabin dan jok kain.

Bersihkan Bagian – bagian yang Sering Disentuh

Bagian yang sering disentuh adalah bagian yang paling rentan terpapar virus. Saat membersihkan interior, mulailah dengan membersihkan bagian – bagian tersebut terlebih dahulu.

Semprotkan cairan yang telah disiapkan pada setir, knop AC, tuas transmisi, dasbor, tombol audio, hingga handle pintu. Kemudian lap menggunakan mikrofiber hingga bersih.

Semprotkan juga sabun pada jok. Namun, jika jok menggunakan bahan kain, maka disarankan untuk tidak menyemprot sabun terlalu banyak karena akan sulit untuk dikeringkan.

Selanjutnya, bersihkan pula kabin dan sela – sela jok dengan menggunakan vacuum cleaner yang sudah disiapkan sebelumnya.

Baca Juga : Seva Mobil Bekas, Cara Beli Mobil Bekas Rasa Baru

Demikianlah cara membersihkan mobil agar terhindar dari virus. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan lingkungan. Semoga penyebaran virus dapat segera diatasi agar kita dapat beraktivitas normal seperti sediakala.

Join The Discussion