4 Cara Mengatasi Mual Hingga Muntah Setelah Operasi

4 Cara Mengatasi Mual Hingga Muntah Setelah Operasi

Operasi merupakan sebuah tindakan media serius yang dilakukan ketika seseorang mengalami gangguan atau masalah kesehatan yang sifatnya memang serius. Pasca menjalani tindakan operasi tersebut tentunya pasien harus istirahat secara total sehingga pemulihan berjalan lebih cepat dari sebelumnya. Salah satu gejala yang sering kali dialami pasca menjalani operasi ini adalah mual dan juga muntah.

Pada dasarnya mual dan muntah setelah operasi adalah hal yang wajar terjadi. Kondisi semacam ini bahkan tidak jarang menyebabkan penderitanya kehilangan nafsu makan, karena apa yang dikonsumsi nantinya akan kembali dikeluarkan dari dalam tubuh. Bahkan tak jarang juga hal ini membuat luka bekas sayatan operasi tersebut sulit untuk mengering, karena berkali-kali Anda harus bergerak untuk muntah. Untuk itulah berikut ini ada beberapa langkah alami yang dapat diterapkan untuk mengatasi rasa mual dan juga muntah yang disebabkan karena operasi tersebut, yaitu:

Minum Air Putih
Minum Air Putih
  1. Minum air putih secara cukup, karena pada saat muntah ada banyak sekali cairan tubuh yang akan dikeluarkan. Agar tidak mengalami kondisi yang dinamakan sebagai dehidrasi. Maka ada baiknya bagi Anda untuk minum air putih secara cukup.
  2. Cobalah untuk mengkonsultasikan dengan dokter spesialis anastesi, karena nantinya mereka akan memberikan obat mual yang bisa digunakan untuk mengatasi muntah tersebut dan pastinya obat tersebut aman dikonsumsi oleh mereka yang baru saja menjalani prosedur medis yaitu operasi.
  3. Makanlah makanan yang bergizi, lakukan secara perlahan dalam porsi yang kecil, namun sering, karena tidak mungkin untuk langsung mengkonsumsi makanan sekaligus dalam jumlah banyak, hal ini hanya akan memperparah muntah tersebut. Maka lebih aman untuk makan sedikit-demi sedikit dan juga bertahap dalam porsi yang kecil saja. Jadi tubuh tetap mendapatkan asupan nutrisi yang pas.
  4. Cobalah untuk mengkonsumsi jahe, nantinya bahan yang satu ini secara efektif dapat mengurangi rasa mual yang terjadi pada tubuh Anda.

Temukan juga berbagai obat yang efektif untuk mengatasi masalah ini di Go Apotik, cek langsung disini https://www.goapotik.com/.

No Responses

Write a response