Keuntungan Membeli Baju Bekas

Keuntungan Membeli Baju Bekas (Preloved Stuff)

Harga yang murah merupakan salah satu keuntungan membeli baju bekas (preloved stuff). Namun, masih banyak yang kurang memerhatikan cara mencuci baju bekas dengan benar. Padahal, jika tidak dicuci dengan benar, peluang menyebarnya kuman semakin tinggi lho.

Sebenarnya mudah saja, sebelum dipakai, kamu hanya perlu mencucinya dengan air panas dan menggunakan detergen yang cukup. Sangat tidak disarankan untuk menggabungkannya dengan pakaian sehari-hari.

Banyak penjual baju bekas yang sudah mencuci dan menyetrika barang dagangannya, namun, ada juga yang tidak melakukannya. Tentu saja harga yang ditawarkanpun berbeda. Biasanya, barang yang tidak di-laundry atau disetrika terlebih dahulu dijual lebih murah dibanding yang di-laundry.

Dimana yang menjual baju bekas (preloved stuff)?

Offline (ruko atau pasar)

Kamu ingin berburu baju bekas? Jika tidak ingin perlu jauh-jauh ke pusatnya, kamu bisa mendatangi ruko dengan penampakan seperti gambar di bawah ini.

sumber: cheapriceblog

Gambar di atas merupakan salah satu gambar ruko yang menjual pakaian bekas atau yang biasa disebut cimol oleh masyarakat sunda.

Jika kamu ingin ke pasar yang khusus menjual pakaian bekas, kamu bisa ke beberapa pasar besar yang terkenal dengan barang loaknya. Pasar tersebut adalah Pasar Senen, Vintages Vibes-Serpong, Nostalgeeks Pasar Santa-Jaksel, dan masih banyak lainnya.

Ciri-ciri tempat yang menjual baju bekas atau sisa export

  • Baju cenderung kusut
  • Bau laundry atau bahkan tidak berbau (bukan bau baju baru)
  • Banyak menyediakan big size (size orang luar negeri)
  • Kebanyakan baju cenderung berwarna calm
  • Satu gantungan pakaian tidak memilik model yang sama
  • Hanya ada satu barang dan tidak memiliki pilihan ukuran dan warna
  • Harga sangat murah
  • Brand luar negeri atau brand export
  • Ada sebagian baju yang cacat (noda, robekan, kancing hilang, sleting macet, dsb)

Situs Jual Beli Baju Bekas

  • Carousell
  • OLX
  • Belanjabekas
  • Prelo
  • Forum jual beli di facebook
  • Instagram

Keuntungan Membeli Baju Bekas (Preloved stuff)

Keuntungan Membeli Baju Bekas
sumber: bornthrifthiway

1 Harga sangat terjangkau

Keuntngan membeli baju bekas yang paling terasa adalah harga yang sangat murah. Harga yang ditawarkan pasar loak sangat beragam, mulai dari 2500 hingga ratusan ribu.

Jika bisa memilih dengan sabar dan teliti, kamu bisa loh mendapatkan baju yang masih layak pakai. Tidak hanya layak pakai, kamu yang beruntung akan mendapatka barang dengan kondisi dan kualitas yang super bagus.

2 Model unik

Banyknya pedagang yang mendatangkan baju dari luar negeri membuat baju bekas memiliki model unik dan jadul. Bagi kamu yang senang menggunakan baju dengan model dan suasana vintage tapi sayang kantong, rasanya perlu coba sesekali berbelanja di pasar loak.

Bagaimana untuk hijabers? Meskipun didatangkan dari luar negeri, ada juga kok dress, tunik, atau rok panjang yang bisa dipadukan menjadi OOTD yang ciamik.

3 Mengurangi limbah pakaian

limbah pakaian
sumber: harnas.co

Limbah merupakan masalah besar bagi lingkungan kita. Limbah pakaian dapat menjadi momok menakutkan jika tidak diatasi dengan reuse. Bagaimana tidak, jika baju yag sudah tidak terpakai, mungkin masih bisa dijual kembali atau diberikan kepada orang yang membutuhkan.

Namun, bagaimana jika baju tersebut sudah tidak layak pakai? Biasanya hanya menjadi lap atau keset saja. Permasalahan selanjutnya adalah tidak semua baju memiliki bahan yang menyerap air sehingga tidak semua cocok dijadikan lap.Salah satu keuntungan membeli baju bekas adalah turut mengurangi limbah pakaian.

Jika belum terbiasa menggunakan baju bekas, kamu bisa mengatasinya dengan menjual baju lama sebelum membeli baju yang baru. Semangat memperbaiki lingkungan!

4 Banyak baju big size

Kebanyakan orang dengan tubuh overweight memiliki kendala dalam memilih baju yang cocok. Di pasar baju bekas kamu akan menemukan banyak baju big size yang akan membuat kamu ingin memborong semuanya.

5 Lebih disayang pasangan

Siapa sih suami yang tidak sayang istri dengan sifat hematnya? Murahnya harga baju bekas membuat kamu memiliki baju baru tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Tampil stylish, hemat membelanjakan uang, tunggu apalagi? Ini juga merupakan keuntungan membeli baju bekas yang jarang diketahui banyak orang. Hihi

Itulah keuntungan membeli baju bekas yang harus kamu tahu. Tidak hanya membeli, trend ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menjualnya kembali atau memulai bisnis serupa. Apakah kamu tertarik?

12 Responses

  1. Dian Restu Agustina
    December 2, 2019
    • Aini
      December 4, 2019
  2. dhenok
    December 3, 2019
    • Aini
      December 4, 2019
  3. Susindra
    December 4, 2019
    • Aini
      December 4, 2019
  4. Rhoshandhayani K. T. 💕
    December 4, 2019
    • Aini
      December 4, 2019
  5. Bambang Irwanto
    December 4, 2019
    • Aini
      December 4, 2019
  6. Selvijua
    December 4, 2019

Write a response