Manfaat Siwak

Manfaat Siwak, Pembersih Gigi Sejak Zaman Nabi

Dalam agama islam, siwak bukanlah benda yang asing lagi. Membersihkan gigi dengan siwak adalah salah satu hal yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Apa saja sih manfaat siwak secara ilmiah? mari kita simak penjelasan berikut

Apa Itu Siwak?

Siwak atau miswak (dalam bahasa arab) adalah dahan atau akar dari pohon Salvadora persica (kadang disebut juga pohon sikat gigi) yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Umumnya, batang miswak ini berukuran kecil seperti ranting, dan berwarna cokelat muda.

Tanaman yang digunakan untuk membersihkan gigi ini berasal dari tanah kering bergurun seperti Afrika, Timur Tengah, atau negara-negara di semenanjung Arab. Saat ini, tanaman ini juga dapat ditemukan di daerah lain. Misalnya di Tanzania dan rumput Sabana.

Ranting miswak ini sudah digunakan untuk membersihkan gigi sejak zaman peradaban awal Arab, Yunani, dan Romawi Kuno. Namun, sampai saat ini kebiasaan itu masih dilakukan oleh masyarakat di jazirah Arab. Bahkan masih banyak ditemukan masyarakat yang lebih sering bersiwak dibanding sikat gigi.

Semua dahan atau akar pohon apa saja boleh digunakan untuk bersiwak selama teksturnya lembut. Batang atau akar kayu yang keras tidak boleh digunakan untuk bersiwak karena bisa merusak gusi dan gigi.

Apa Saja Manfaat Siwak?

Tentunya, ada alasan mengapa masih banyak masyarakat yang melestarikan tradisi menggunakan siwak untuk membersihkan gigi. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) turut merekomendasikan siwak kepada masyarakat dunia untuk menjaga kesehatan gigi.

Kampanye bersiwak ini masih digalakkan oleh WHO sampai saat ini, terutama untuk negara-negara dengan pendapatan yang rendah.

Nah, apa sih sebenarnya manfaat dari siwak sehingga terus direkomendasikan oleh WHO? Berikut manfaat siwak bagi kesehatan:

1. Mencegah Karang dan Plak Gigi

Bakteri yang tumbuh dan berkembang di dalam mulut dapat menimbulkan plak. Menumpuknya plak pada gigi akan membentuk karang gigi. Biasanya karang gigi berwarna kuning dan menempel pada gigi dan gusi.

Siwak memiliki kandungan antibakteri. Kandungan pada siwak ini sangat bermanfaat untuk mencegah bakteri tumbuh dan berkembang biak di gusi dan gigi.

2. Mencegah Bau Mulut

Tentunya bau mulut akan mengganggu rutinitas dan rasa kepercayaan diri. Secara medis, bau mulut ini dikenal dengan sebutan halitosis. Penyebab dari bau mulut ini bermacam-macam. Bisa dikarenakan bakteri, adanya penyakit, atau kurangnya air liur.

Ternyata, bersiwak juga ampuh dalam mengatasi bau mulut. Kandungan antibakteri pada siwak dapat merangsang dan meningkatkan produksi air liur, sehingga efektif untuk mencegah bau mulut.

3. Mencegah Kerusakan Gigi

Kerusakan gigi dapat terjadi karena enamel gigi mengalami kerusakan. Kerusakan ini terjadi biasanya dikarenakan adanya bakteri pada rongga mulut. Bakteri tersebut menggunakan pati dan gula yang ada dalam makanan untuk menghasilkan asam sehingga merusak enamel.

Salah satu manfaat siwak adalah mencegah kerusakan enamel tersebut. Kandungan flouride pada siwak dapat memerangi kerusakan gigi.
natrium klorida, natrium bikarbonat, dan kalsium oksida pada siwak juga membantu memperkuat enamel gigi.

4. Anti Kanker dan Analgesik Alami

Selain memelihara rongga mulut, siwak diketahui memiliki antioksidan seperti peroksidase, katalase, dan hadir polifenoloksidase yang disebut-sebut sebagai antikanker.

Bahan aktif pada siwak juga dikenal bersifat analgesik / penghilang rasa sakit. Analgesik ini dapat membantu mengatasi rasa sakit, terutama pada gusi.

Baca Juga : Cara Memutihkan Gigi

5. Menjaga Warna Putih Alami Pada Gigi

cara memutihkan gigi
cara memutihkan gigi

Selain memiliki kandungan antibakteri, siwak juga dikenal mampu mencerahkan gigi. Hal ini dikarenakan siwak memiliki kandungan kimia yang juga terdapat di dalam gigi. Kandungan kimia tersebut antara lain
berupa sodium bicarbonate, sulfur, vitamin C, trimethyl amine, salvadorine dan fluoride.

Nah, itulah manfaat dari siwak. Jangan ragu untuk bersiwak ya. Selain disunnahkan bagi umat muslim, siwak juga memiliki harga yang terjangkau dan besar manfaatnya.

1

No Responses

Write a response