makanan khas pekanbaru

7 Makanan Khas Pekanbaru yang Menggugah Selera

Setiap mendatangi suatu kota, biasanya wisatawan akan terpikat pada wisata kuliner. Tidak terkecuali makanan khas yang ada di Pekanbaru. Selain nasi lemak, banyak juga lho makanan enak lainnya. Berencana liburan ke Pekanbaru? Yuk cari tahu makanan khas yang akan menggugah selera makanmu!

Menikmati kuliner nusantara yang sedemikian banyak rasanya tidak akan pernah puas. Apalagi dengan keanekaragaman rempah-rempah dan ciri khas dari daerah masing-masing.

Makanan Khas Pekanbaru

Belum banyak yang tahu bahwa Pekanbaru memiliki banyak makanan khas yang wajib dicoba. Kesan melayu yang masih kental membuat banyak makanan khas melayu yang disajikan di Pekanbaru. Apa saja ya makanan khas Pekanbaru yang pastinya menggugah selera?

1 Roti Jala

Roti yang asalnya dari melayu sumatera ini adalah merupakan salah satu jajanan khas Pekanbaru. Meskipun sekilas mirip denga roti yang dijual di sekolah-sekolah, namun roti jala khas Pekanbaru dilengkapi dengan kuah.

Memiliki tekstur yang mirip dengan roti yang ada di India, ada juga yang menyebutkan bahwa roti ini berasal dari India. Jika kamu berkesempatan mengunjungi Pekanbaru, sempatkan mencoba roti jala yang disajikan dengan kuah khas melayu. Duh jadi makin penasaran dengan rasanya bukan?

2. Gulai Ikan Patin

makanan khas pekanbaru
sumber; tophoneymoon

Nah, kalau menu makanan yang satu ini sih cocoknya ditemani nasi hangat di siang hari. Dibuat dengan rempah-rempah khasnya, gulai ikan patin ini wajib kamu coba saat berunjung ke Pekan baru. Kuahnya yang lezat membuat kamu ingin menambah lagi, lagi, dan lagi.

3 Asidah

makanan khas pekanbaru
sumber: daerahkita.com

Sudah pernah mendengar makanan khas Pekanbaru yang satu ini? Asidah merupakan kue yang memilik tekstur lembut. Rasa Asidah dipadukan dengan kayu manis, cengkeh, dan daun pandan.

Asidah juga bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh khas Pekanbaru. Uniknya, meskipun rasanya manis, asidah seringkal dipadukan dengan taburan bawang goreng. Wah, seperti apa ya rasanya?

4 Laksamana Mengamuk

makanan khas pekanbaru
umber: fimela

Laksamana mengamuk merupakan es yang berasal dari bua kuini khas pekan baru. Es yang satu ini sempat booming ketika bulan puasa untuk tidak mencarinya digoogle. Banyak penasaran hingga terheran bahwa yang dimaksud dengan laksamana mengamuk ternyata adalah es yang menyegarkan.

Tahukah kamu akan sejarah pemberian nama laksamana mengamuk? Konon, buah kuini berguguran dan berlimpah ketika seorang laksamana sedang mengamuk. Ketika laksamana tersebut meninggalkan desa, warga bingung buah tersebut akan diapakan. Lalu, muncullah ide untuk membuatnya es yang sangat segar yang dinamainya laksamana mengamuk.

5 Ikan Salai

makanan khas pekanbaru
sumbr: masakandapurku.com

Bukan, ikan salai bukan berarti ikan yang diolah dengan menggunakan selai lho. Ikan selai merupakan makanan khas pekanbaru yang terbuat dari ikan laut yang masih segar.

.Sebelum diolah, ikan laut segar tersebut diolah dengan teknik pengasapan. Selain menambah aroma dan rasa, pengasapan juga dapat membuat ikan menjadi lebih awet.

Wilayah Pekanbaru yang sering mengonsumsi ikan salai adalah kabupaten Pelalawan. Jika kamu mengunjunginya, jangan lupa mencicip ikan salai ya. Bumbunya yang khas akan embuat kamu ketagihan lho. Yummy!

6 Cincalok atau Cencaluk

makanan khas pekanbaru
sumber; idn times

Cencaluk merupakan sambal khas pekan baru yang terbuat dari udang dan bawang yang dihaluskan secara kasar. Urusan rasa jangan ditanya, jika dihadapkan dengan menu ini, kamu hanya perlu stok nasi hangat yang banyak. Hihi

7 Gulai Belacan

makanan khas pekanbaru
sumber: tokopedia

Letak geografis yang dekat dengan laut membuat banyak makanan khas Pekanbaru yang berbahan dasar seafood sehingga kaya akan kandungan protein. Seperti makanan yang satu ini, gulai belacan yag berbahan dasar udang.

Sangat lekat dengan aroma dan rasa rempah, guai belacan mampu membuat napsu makanmu bertambah. Eits, sebaiknya berhati-hati jika kamu sensiitf akan kandungan kolesterol!

Baca juga: 8 Tempat Makanan Halal di Bali ini Wajib Dicoba!

Itulah ketujuh makanan khas pekanbaru yang dapat menggugah selera. Unik dan unik bukan? Selamat berkunjung di Pekanbaru!

1

No Responses

Write a response