cara mengobati scabies

Cara Mengobati Scabies (Kudis)

Kulit merupakan bagian terluar yang melapisi seluruh anggota tubuh kita. Oleh karena itu, seseorang yang terserang penyakit kulit biasanya akan mengalami penurunan tingkat percaya diri sebab penyakitnya yang mudah dilihat oleh orang lain.

Ada banyak jenis penyakit kulit, salah satunya adalah scabies. Scabies atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan kudis ini merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit.

Tanpa disadari, scabies dapat menyerang siapa saja, termasuk kita. Oleh sebab itu, penting bagi setiap orang untuk mempelajari mengenai scabies sebelum penyakit kulit ini menyerang kita ataupun anggota keluarga.

Baca juga :Cara Menjaga Rumah Agar Selalu Bersih dan Rapi

Mengenal Scabies (Kudis)

Seperti yang sudah disebutkan bahwa scabies merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya parasit. Biasanya, parasit tersebut berupa tungau yang berukurang sangat kecil hingga sulit untuk dilihat dengan kasat mata.

Jika dilihat di bwah mikroskop, maka kita akan melihat tungau, telur serta kotoran yang menjadi parasit di jaringan kulit.

Tungau Sarcoptes scabiei

sumber: perlaskin.com

Tungau Sarcoptes scabiei merupakan tungau penyebab scabies yang menyerang dengan cara menggigit dan menggali terowongan di bawah permukaan kulit hingga menimbulkan scabies (kudis).

Baca juga: Cara Menghilangkan Kutu Rambut Pada Anak

Gejala Scabies

  • Adanya rasa gatal pada kulit (pada bagian tubuh yang terdapat lipatan kulit seperti ketiak, leher, pinggang, siku, sela-sela jari, telapak kaki, telapak tangan, lutut, pergelangan tangan, payudara, bokong, bahkan di sekitar area kelamin.
  • Rasa gatal semakin parah ketika malam hari
  • Kulit kemerahan, melepuh hingga berair. Jika terjadi seperti ini, sebaiknya jangan digaruk untuk menghindari infeksi.

Cara Mengobati Scabies (Kudis)

sumber: referensikita.id

Jika mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera ke dokter untuk mendapatkan obat dan penanganan yang tepat. Tidak disarankan membeli obat di apotek tanpa resep dan konsultasi dengan dokter.

Biasanya dokter akan memberikan resep krim oles atau salep pembasmi tungau. Namun, terkadang dokter juga memberikan tablet untuk mengurangi rasa gatal pada kulit.

Cara mengobati scabies pada umumnya dengan memberikan salep yang akan diberikan untuk mengobati scabies adalah krim dengan bahan akif tertentu. Seperti permethrin, lindane, atau crotamiton dengan merek dagang yang beraneka ragam.

Baca juga: Kutu Kucing Ternyata Berbahaya! Inilah Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Memiliki risiko menular yang tinggi, anggota keluarga yang belum terkena scabies pun disarankan untuk turut dioleskan salep tersebut di seluruh tubuhnya. Ini merupakan pencegahan sekaligus cara mengobari scabies di tahap awal sebelum bertambah parah.

Berbahayakah Penyakit Scabies?

Sebenarnya, scabies tidak terlalu berbahaya. Namun, scabies akan menjadi penyakit yang menakutkan jika tidak langsung diobati. Selain itu, risiko menular yang dimilikinya membuat orang lain cenderung menjauhi orang pasien scabies untuk menjaga dirinya.

Baca juga: Review Bio Oil untuk Masalah Kulit

Penanganan Scabies sekaligus Pencegahan Penularannya

cara mengobati scabies
sumber: heluxbed

Setelah berkonsultasi dengan dokter dan melakukan saran serta menggunakan resepnya dengan benar, sebaiknya tetap lakukan hal berikut.

  • mencuci sprei, baju, selimut karpet dengan air mendidih dan menjemurnya di bawah terik matahari
  • membersihkan meja dengan menggunaan lap basah
  • rutin menjemur kasur di bawah terik matahari

Keluarga merupakan anugerah terindah yang harus dijaga dengan baik. Melakukan sesuatu demi kesehatan keluarga merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Yuk cepar tanggap dalam menghadapi gejala penakit yang dialami oleh anggota keluarga! Bye bye scabies!

No Responses

Write a response