Review Buku eating clean

Review Buku “Panduan Mudah Eating Clean – Inge Tumiwa – Bachrens

Halo! Kali ini ceritasehat.com akan meringkas salah satu buku yang menginspirasi sekaligus mengingatkan tentang gaya hidup sehat. Eating Clean merupakan program gaya hidup sehat yang dicetuskan oleh Inge Tumiwa Bachrens yang mulai cemas akan kesehatan keluarganya di masa depan.

Seperti apa sih inti dari buku Eating Clean selengkapnya? Yuk simak pembahasannya!

Identitas Buku Eating Clean

  • Judul Buku          : Panduan Mudah Eating Clean: Makan Pintar Makan Benar
  • Penyusun            : Inge Tumiwa-Bachrens
  • Penyunting         : Ainun Najib
  • Tahun Terbit      : 2018
  • Penerbit              : Kawan Pustaka
  • Halaman              : 264 halaman

Ringkasan Buku Panduan Mudah Eating Clean: Makan Pintar Makan Benar

Kebanyakan orang merasa dirinya sehat dan baik-baik saja. Namun benarkah demikian? Benarkah tubuh benar-benar tidak memiliki keluhan sama sekali?

Seseorang yang merasa sehat seringkali masih merasakan keluhan yang tidak disadarinya seperti mudah lelah, jerawat, sulit tidur, dan sebagainya. Sudahkah tubuh Anda benar-benar lepas dari semua keluhan?

Sebenarnya, keluhan-keluhan yang demikian disebabkan oleh makanan dan pola makan. Hal yang sering tidak kita sadari bahwa makanan yang tidak sehat merupakan racun yang perlahan menggerogoti tubuh serta memicu masalah kesehatan.

Pun sebaliknya, makanan yang sehat merupakan bentuk pemeliharan dari dalam yang juga perlahan memberikan kesehatan yang optimum.

Begitu banyak manfaat dari makanan sehat, salah satunya adalah mencegah penyakit kronis. Namun, sudahkah kita mengenal makanan sehat?

Baca juga: Cara Detox Tubuh dengan Mudah

Apa sih Eating Clean?

Eating Clean merupakan kemampuan dasar makan dengan pintar dan benar (sehat) yang dapat dilakukan untuk mencegah bahaya tersebut.

Banyak kebiasaan yang harus diubah demi mendapatkan nutrisi yang benar. Memang terlihat sulit dan rumit, namun bukankah ini merupakan salah satu bentuk investasi di masa yang akan datang? Karena bahagia terlahir dari tubuh yang sehat.

Mengenai “apa” yang kita makan

Memperbaiki pola dan porsi makan merupakan salah satu bentuk dari perubahan menuju makan pintar dan benar. Jenis makanan yang dikonsumsipun juga perlu diperhatikan dengan baik.

Misalnya, meninggalkan segala bentuk makanan proses atau pangan olahan. Mengapa? Sebab di dalam makanan proses ternyata menyimpan banyak misteri yang akan merugikan kesehatan tubuh kita di masa yang akan datang. Itulah mengapa makanan asli (raw material) merupakan makanan terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tidak hanya itu, makanan proses yang selama ini dikenal sehat pun pada kenyataannya tidaklah benar-benar sehat. Ternyata, selama ini kita hanya tertipu oleh iklan.

Mengungkap Teori yang Mencengangkan

Panduan Mudah Clean Eating

Buku Panduan Mudah Eating Clean mengungkap beberapa fakta yang mungkin sebelumnya belum pernah kita dengar. Beberapa fakta menarik tersebut adalah sebagai berikut.

  • Gula tambahan (gula pasir, gula merah, gula batu) yang ternyata dapat mengakibatkan penyakit serius seperti liver, diabetes, jantung dan penyakit kronis lainnya.
  • Beberapa minyak (yang berasal dari biji-bijian) yang ternyata tidak baik bagi tubuh dan minyak yang aman untuk dikonsumsi. Minyak yang berasal dari biji-bijian menjadi berbahaya karena takaran yang masuk ke dalam tubuh menjadi berlebihan ketimbang aslinya.
  • Informasi mengenai makanan berbahan dasar tepung proses yang ternyata bukanlah karbohidrat sehat. Sebagaimana prinsip dari Eating Clean yang menghindari makanan proses, tidak terkecuali bagi roti yang berbahan dasar tepung proses.
  • Mengubah dressing salad menjadi saus kacang. Menggunakan bahan alami pada dressing salad semakin mengingatkan pembaca tentang pentingnya gaya hidup sehat.
  • Pentingnya mengganti nasi putih menjadi nasi yang lebih kaya akan nutrisi. Beberapa jenis nasi yang ternyata lebih berutrisi daripada nasi putih yaitu nasi merah, nasi cokelat, dan nasi hitam.
  • Tips Eating Clean di berbagai situasi dan kondisi, mulai dari di rumah, kost, tempat kerja, acara pesta, dan di tempat umum lainnya bahkan saat berpuasa.
  • Bolehnya mengonsumsi makanan tidak sehat. Halaman yang satu ini cukup mengejutkan karena ternyata prinsip Eating Clean masih membolehkan untuk mengonsumsi makanan tidak sehat yang disukai, tentunya lengkap dengan aturan-aturannya.
  • Kemampuan tubuh dalam penyembuhan terhadap dirinya sendiri. Pada bagian ini, pembaca akan tersadar betapa hebatnya kemampuan tubuh manusia.

Banyak ilmu dan teori menarik yang baru didengar

Berbeda dengan diet keto, Eating Clean lebih fokus terhadap jenis makanan dan berusaha untuk mengonsumsi pangan non proses.

Masih banyak topik yang dibahas oleh buku Panduan Mudah Eating Clean mengenai anjuran dan larangan terhadap jenis makanan tertentu yang akan membuat kita semakin mengerutkan dahi.

Di buku ini, banyak hal-hal baru yang akan di dapat, fakta-fakta mengejutkan yang membuat pembaca semakin penasaran mengenai halaman-halaman berikutnya. Salah satunya yaitu susu sapi dan olahannya (keju, yoghurt, dsb) yang ternyata juga berisiko terhadap kesehatan.

Memberikan Solusi

Menariknya, buku Panduan Mudah Eating Clean tidak hanya memberikan peringatan dan informasi yang sekilas terihat mengerikan, melainkan juga memberikan solusi dan tips untuk mengatasi kesalah-kaprahan yang pernah dilakukan. Jadi, tidak hanya evaluasi diri melainkan melakukan perencanaan untuk hari esok yang lebih baik.

Menyajikan Menu-menu Eating Clean untuk di Berbagai Kondisi

Selain berbagi informasi mengenai makan sehat, buku Panduan Mudah Eating Clean juga memberikan banyak menu yang tentunya sehat dan sesuai dengan prinsip Eating Clean. Tentuya dengan menu-menu masakan rumah yang memudahkan pembaca untuk melakukannya di rumah.

Memuat Testimoni dari Pembaca yang Menerapkan Project Eating Clean edisi pertama

Disisa-sisa halamannya, buku ini memuat kesan-kesan atau testimoni dari pembaca yang juga turut berpartisipasi mengikuti project dari Eating Clean edisi pertama (20 langkah mudah membiasakan makan sehat) yang membuat pembaca semakin ingin menerapkan Eating Clean di dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah ringkasan mengenai Buku Panduan Mudah Eating Clean: Makan Pintar Makan Benar karya Inge Tumiwa Bachrens. Begitu banyak teori yang membuat kita sadar akan baiknya mengonsumsi makanan tanpa proses pengolahan yang menyebabkan hilangnya nutrisi. Semoga buku ini menginspirasimu !

4

No Responses

Write a response