perawatan rambut pendek

Cara Merawat Rambut Pendek yang Sering Disepelekan

Banyak cara menata rambut pendek, salah satunya dipotong bob. Model rambut yang satu ini tidak pernah lekang oleh waktu. Selain model rambut bob, banyak model rambut pendek yang tak lekang oleh waktu seperti segi pendek dan sebagainya.

Meski terlihat tidak membutuhkan perawatan khusus, jangan sampai lupa merawat rambut pendekmu. Perawatan rambut pendek yang sering disepelekan mengakibatkan rambut menjadi rusak dan sulit diatur.

Berbagai Cara Merawat Rambut Pendek yang Sering Disepelekan

1 Jangan terlalu sering menyisir rambut

Menyisir rambut merupakan salah satu cara untuk membuat rambut tampil rapi. Meski begitu, menyisir rambut sebaiknya tidak dilakukan secara terlalu sering untuk menjaga kekuatannya. Menyisir rambut terlalu sering akan menyebabkan rambut menjadi patah, rontok, kusam, mengembang dan kusut.

Tidak hanya itu, ada beberapa kesalahan dalam menyisir rambut, yaitu:

  • Menyisir ketika rambut masih basah. Menisir rambut ketika basah akan membuat rambut menjadi rontok. Sebab, rambut yang biasanya mengalami penarikan sebesar 20% hingga 30% ketika disisir berubah dab meningkat menjadi 50% ketika disisir secara basah.
  • Menggunakan sisir sikat untuk rambut kusut. Perlu diketahui bahwa sisir sikat didesain untuk membantu saat blow rambut dengan menggunakan hairdryer. Apapun kondisi rambutmu, jangan pernah menggunakan sisir sikat dan adanya hairdryer.
  • Menggunakan sisir denga kualitas yang rendah. Sebagian orang tidak peduli terhadap bahan sisir yang digunakan. Bagi kamu yang peduli akan kesehatan rambut, sebaiknya hindari penggunaan sisir dengan bahan plastik. Sebab, sisir dengan dengan bahan plastik dapat memperparah kerusakan pada rambut.
  • Menggunakan sisir yang jarang dibersihkan. Meskipun ini merupakan hal yang mudah, namun membersihkan sisir jarang dilakukan oleh sebagian orang. Faktanya, sisir yang jarang dibersihkan justru akan menjadi media transfer kotoran yang akan menempel pada rambut sehatmu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kutu Rambut Pada Anak

2 Memperhatikan kelembaban rambut

Rambut pendek yang lembab merupakan salah satu ciri rambut pendek yang sehat. Sebab, permasalahan seseorang yag memiliki rambut pendek biasanya adalah masalah rambut kering. Berikut hal yang harus dihindari untuk mempertahankan kelembaban rambut.

  • Jangan terlalu sering keramas dan melakukan pengecatan rambut
  • Jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut (hair dryer), pelurus (catokan), pengeriting rambut (curler), dan sebagainya yang bersuhu tinggi.
  • Sebaiknya, gunakanlah penutup kepala saat sedang di bawah terik matahari dan ketika berenang.

3 Penggunaan Konditioner

Tidak dipungkiri, sebagian orang masih mengabaikan pentingnya penggunaan kondisioner pada rambut mereka. Mereka biasanya menganggap penggunaan sampo sudah cukup sebagai cara merawata rambut pendek. Namun, pengguna rambut pendek harus tahu pentingnya kondisioner bagi rambut mereka.

Kondisioner mengandung bahan-bahan yang melapisi enamel rambut dan menutrisi bagian yang rusak sehingga rambut terawat dengan baik.

4 Jangan keramas terlalu sering

Cara merawatan rambut pendek selanjutnya dapat dilakukan dengan cara tidak keramas terlalu sering. Terdengar aneh, namun hal ini masih dilakukan oleh sebagian orang, terutama bagi mereka yang memiliki aktifitas padat.

Pada dasarnya, keramas menggunakan shampo dapat membuat rambut bersih dari kotoran dan benda asing seperti debu dan polusi. Namun, terlalu sering keramas akan membuat rambut kehilangan kelembabannya. Hal ini membuat rambut menjadi kering dan mengalami kerusakan-kerusakan lainnya.

Baca juga:

Itulah cara merawat rambut pendek yang sering disepelekan. Meskipun pendek, rambut tetap mahkota wanita yang harus dijaga kesehatannya. Untuk menjaganya lebih intensif, bagi kaum muslim bisa menggunakan hijab saat keluar rumah. Penutup kepala seperti hijab dapat melindungi rambut dari masalah. Eits, tetap harus dijaga juga ya.

1

No Responses

Write a response