Kiat Ibu Cerdas Menangani Muntah dan Sembelit Si Kecil

Kiat Ibu Cerdas Menangani Muntah dan Sembelit Si Kecil

Sebagai seorang ibu anda harus cerdas, jika bayi mengalami muntah-muntah dan sembelit harus segera diatasi. Terlebih lagi jika si kecil muntah, sebaiknya kenali penyebab muntah pada anak dan penanganannya. Anda harus sigap mengatasi sembelit anak agar tidak berakibat fatal. Jika diperlukan segera pergi atau hubungi dokter.

Penyebab Muntah 

Umumnya penyebab ringan pada anak akibat dari  infeksi mikroorganisme (Gastroenteritis) dalam sistem pencernaan. Lebih dikenal dengan stomach flu atau flu perut dan disertai gejala diare,  demam, dan sembelit.

Selain itu, penyebabnya karena mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung zat beracun. Contohnya dalam makanan instan dan obat-obatan. Dapat juga disebabkan karena adanya alergi makanan. Tanda-tandanya dilihat dari kulit yang memerah dan gatal-gatal dibagian tubuh tertentu.

Gerakan anak yang berlebihan dan tanpa henti seperti melompat, berayun, dan berlari bisa membuat mual hingga muntah-muntah. Beberapa penyakit berbahaya yang mengakibatkan muntah yakni  infeksi saluran kemih, infeksi telinga, dan meningitis.

Penanganan Muntah Pada Si Kecil

Penanganan awal ketika jika anak muntah-muntah dengan menyuguhkan air putih hangat. Supaya anak tidak dehidrasi sehabis kehilangan banyak cairan. Setelah 30 menit anda dapat memberikan cairan elektrolit berupa oralit.

Oralit sangat aman diminum karena mengandung gula dan mineral. Apabila si kecil memasuki usia 12-18 bulan dapat diberikan air madu, sirup, dan jus secukupnya. Bahan alami lainnya dapat diberikan adalah air teh atau seduhan jahe hangat. Setelah melewati waktu 6 jam, direkomendasikan untuk memberikan sup kaldu agar perut si kecil nyaman.

Apabila Setelah Muntah Sulit Buang Air Besar

Setelah muntah beberapa anak dapat mengalami sembelit dan susah buang air besar. Berikut ini obat sembelit dan susah buang air besar alami untuk anak.

1. Memperbanyak minum air putih

Berdasarkan sebuah studi, jika anda meminum air putih cukup akan terhindar dari susah buang air besar. Air putih dapat  diminum setiap hari minimal delapan gelas sehingga cairan tubuh dapat stabil seharian dan dapat mencegah sembelit.

2. Minum minyak zaitun

minyak zaitun
Sumber : familinia.com

Minyak zaitun dipercaya bisa membuat proses buang air besar lebih lancar dan tinja  melunak. Caranya gampang cukup mencampur ekstrak minyak zaitun sebanyak satu sendok makan dengan satu gelas air perasan jeruk atau air susu.

3. Menambah asupan serat

Asupan serat yang berasal dari konsumsi sayur-sayuran dan buah dapat membuat tinja lebih lunak dan proses penyerapan dari usus lebih lancar. Anda juga dapat memperoleh serat dari sereal dan roti gandum.  Konsumsi asupan serat ini harus perlahan karena jika terburu-buru dapat mengakibatkan perut kembung.

1

No Responses

Write a response