cara menjaga rumah tetap bersih

Cara Menjaga Rumah Agar Selalu Bersih dan Rapi

Memiliki rumah yang bersih dan rapi akan membuat nyaman orang yang tinggal di dalamnya. Menjaga kebersihan rumah merupakan skill yang penting untuk dimiliki. Namun, menjaga kebersihan rumah terkadang terkendala dengan rasa malas. Hal tersebut membuat rumah menjadi berantakan lagi. Padahal, ada tips dan rutinitas yang harus dilakukan untuk membuat rumah tetap bersih dan rapi.

Kebiasaan Untuk Menjaga Rumah Agar Selalu Bersih dan Rapi

Banyak kebiasaan yang dapa tmembuat rumah tetap terjaga kebersihannya. Mulai dari membuka mata sampai malam hari, ada kebiasaan-kebiasaan yg harus Kamu lakukan agar rumah tetap rapi. Berikut beberapa di antaranya.

1. Membersihkan tempat tidur setelah bangun tidur

Lady hands set up white bed sheet in hotel room

Kapan terakhir kamu membereskan tempat tidurmu? Jika membersihkan tempat tidur 3 atau 4 hari sekali, tentu akan terasa sangat berat. Itu dikarenakan kondisi kasur yang sudah terlalu berantakan.

Padahal, jika merutinkan kebiasaan membersihkan kasur setiap bangun tidur, pekerjaan tersebut tidak akan terasa berat. Jadi, saat tiba waktu membereskan rumah secara keseluruhan, pekerjaan tersebut akan terasa lebih ringan karena kasurmu sudah tidak lagi berantakan.

2. Mencuci Baju Setiap Hari

Menumpuk baju dan mencucinya di akhir pekan adalah pekerjaan yang berat. Alangkah lebih baik dan efektif jika mencucinya setiap hari. Kebiasaan ini akan mengurangi beban di akhir pekan dan mengurangi tumpukan pakaian kotormu.

Cara mencuci setiap hari ini tidak akan terlalu memberatkanmu. Pasalnya, cucian yang akan dicuci tidak sebanyak cucian yang ditumpuk pada akhir pekan.

Jika tiba waktumu untuk membersihkan rumah di akhir pekan secara keseluruhan, adanya baju kotor yang menumpuk tentu akan memberatkan. Maka dari itu, membiasakan untuk mencuci pakaian setiap hari akan meringankan pekerjaanmu. Cobalah untuk memulainya dengan mencuci pakaian sebelum mandi pagi.

3. Jangan Pakai Sepatu Ke Dalam Rumah

Terkadang kita lupa bahwa kita sudah menginjak banyak hal selama berada di luar. Meski tidak terlihat, bakteri dan kotoran pasti tersisa di sepatu yang kita pakai.

Maka dari itu, biasakanlah untuk melepas sepatu saat akan memasuki rumah. Taruh dan susun sepatu tersebut dengan rapi pada rak yang sudah kamu sediakan.

Selain itu, kita sering malas untuk melepas sepatu saat ingin mengambil barang. Hilangkan rasa malas tersebut. Dengan membiasakan untuk melepas sepatu sebelum masuk rumah, kamu tidak akan terasa berat saat mengepel atau menyapu rumah.

4. Mencuci Piring Setelah Makan

Setelah makan, biasakan untuk langsung mencucinya. Sama dengan baju, menumpuk piring setelah makan akan memberatkanmu saat ingin mencucinya. Jika langsung mencuci piring setelah makan, pekerjaan tersebut tidak akan terasa berat karena jumlah piring yang dicuci tidak banyak.

Selain itu, kebiasaan ini akan mengurangi tumpukan piring di dapur. Adanya tumpukan piring kotor akan menimbulkan bau tidak sedap yang menyebar. Maka dari itu, langsung mencuci piring setelah makan adalah cara untuk menjaga aroma rumah tetap wangi.

Baca Juga : Tips Mengisi Waktu Luang

5. Mengelap dapur dan Meja Setiap Malam

Luangkan sedikit waktumu untuk mengelap meja dan dapurmu. Kegiatan ini tidak akan berlangsung lama, hanya memakan kurang lebih 5 menit saja. Maka dari itu, lakukanlah setiap hari.

Kebiasaan ini akan lebih efektif jika dilakukan setiap hari dibandingkan setiap minggu. Pasalnya, kotoran yang harus dihilangkan tidak menumpuk dan tidak banyak. Caranyapun tidak sulit. Gunakan lap yang sudah dibasahi dengan air dan sabun untuk menghilangkan bakteri yang menempel.

Selain terlihat bersih, kebiasaan ini juga membantu menjaga kesehatanmu dan keluarga. Jika dapur kotor, kemungkinan bakteri juga bisa terbang ke makanan yang ada di dapur.

6. Sapu Lantai Rumah Setiap Hari

Luangkan pula waktumu sekitar 15 menit untuk membersihkan lantai rumahmu. Hal ini akan membantumu agar tidak terlalu kerepotan pada akhir pekan.

Karena melakukannya setiap hari, debu yang harus kamu hilangkan juga tidak akan banyak. Dengan melakukannya secara rutin. Kamu akan terus merasakan lantai yang bersih dan nyaman untuk berada di lantai rumahmu.

2

No Responses

Write a response