cara detox

Cara Detox Tubuh dengan Mudah

Tubuh memerlukan istirahat layaknya handphone yang harus di-charge. Tidak hanya itu, terkadang terlalu banyak data dan aplikasi membuat handphone harus dukosongkan, pun demikian dengan tubuh.

Didalam tubuh terdapat berbagai macam jenis toksin (racun) yang bertumpuk. Racun-racun tersebut berasal dari makanan, gaya hidup, serta paparan zat kimia. Adanya timbunan racun dalam tubuh dapat memicu berbagai penyakit dan gangguan fungsional pada organ-organ penting dalam tubuh. Oleh sebab itu racun dalam tubuh harus dikeluarkan.

Pengurangan atau pengeluaran racun dari dalam tubuh disebut detoksifikasi atau yang lebih sering disebut detox. Pada dasarnya, tubuh sudah memiliki sistemnya sendiri untuk mengeluarkan zat-zat berbahaya dari dalam tubuh. Biasanya, detox alami terjadi melalui urin, keringat, dan sebagainya.

Namun, sebaiknya kita pun ikut membantu mendukung detox diri dengan melakukan gaya hidup sehat. Seperti apa sih cara detox tubuh dengan mudah? Yuk simak dan buktikan sendiri hasilnya!

Manfaat Detox Tubuh

sumber: shop-in-the.net
  • Menstabilkan berat badan
  • Meningkatkan energi
  • Mengatasi masalah pada sistem pencernaan
  • Menurunkan kolesterol jahat Mengurangi nyeri saat mestruasi
  • Mensturasi menjadi teratur
  • Meningkatkan sistem daya tahan tubuh
  • Memperbaiki kondisi wajah yang berjerawat
  • Mencegah maag dan gerd
  • Memperbaiki kerusakan pada organ penting

Baca juga: Hindari Berbagai Penyakit dengan Metode Diet Keto

Cara Detox Tubuh dengan Mudah

sumber: timenownews

1 Banyak mengonsumsi air putih

Sebagaimana kita ketahui bahwa air putih merupakan air terbaik setelah air zam-zam. Air putih dapat memenuhi cairan pada tubuh. Sebab, di dalam tubuh terkandung sebanyak 80% air yang akan membantu mengoptimalkan fungsi pada jaringan tubuh lainnya.

Tidak hanya menghilangkan haus, cairan tubuh yang terpenuhi akan membuat pengeluaran racun pada tubuh akan menjadi lebih efektif.

Minumlah air putih sebanyak 8-10 gelas perharinya untuk memenuhi cairan tubuh. Untuk memaksimalkan detox, kamu harus menambah porsinya hingga detox berjalan lebih efektif.

2 Melakukan aktifitas yang berkeringat

Semakin banyak yang keringat yang keluara dari tubuh, semakin banyak pula racun yang terbuang. Sebab, salah satu pengeluaran racun dapat melalui keringat. Cara ini dapat dilakkukan dengan olahraga atau sekadar lari pagi secara rutin. Melakukan sauna juga bisa digunakan bisa dijadikan alternatif lain bagi kamu yang kurang suka berolahraga.

3 Puasa

Bagi umat muslim, pasti sudah sering menjalanka puasa di bulan ramadhan. Namun ternyata puasa juga baik dan perlu dilakukan di hari-hari biasa lho. Sebab, dengan berpuasa berarti kita membiarkan tubuh beristirahat dari makanan dan minuman. Hal tersebut akan membuat tubuh refresh dan melakukan pengoptimalan dari mulai fungsi, perbaikan jaringan hingga penyegaran.

Baca juga: 4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

4 Mengonsumsi Buah dan Sayur

Cara detox tubuh selanjutya adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Selain itu, kandungan zat-zat di dalamnya mampu membantu pengeluaran racun atau detox pada tubuh. Kandungan serat dalam buah dan sayur juga akan memperlancar buang air besar sehingga tubh dapat kembali bersih dari kotoran.

Cara mengonsumsi buah dan sayur

  • Direbus atau kukus. Merebus atau mengukus sayuran yang terlalu lama dapat mengurangi vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Jika rasanya hambar, untk di awal kamu bisa menambahkan saus kacang (seperti pecel) sambil membiasakan diri dengan rasa sayuran rebus. Perlu ditekankan, hindari penggunaan maonaise yang terlalu sering, saus kacang jauh lebih baik dan bergizi.
  • Dimakan mentah. Beberapa orang memilih diet makanan mentah (raw diet) sebagai cara detox. Namun yang perlu diperhatikan, sayuran yang dimakan mentah harus dicuci sebersih mungkin untuk mencegah bakteri, kotoran atau benda asing lain masuk ke dalam tubuh.
  • Infused water. Infused Water merupakan tren baru dalam menikmati kesegearan serta manfaat dari buah dan sayur. Konon, infused water memiliki nutrisi yang lebih baik dibandingkan dengan jus yang dibuat dengan blender atau juicer. Sebab, gesekan pada mesin akan menghasilkan panas yang nantinya akan merusak nutrisi dari buah dan sayur itu sendiri. Infused water dapat dengan mudah dibuat, masukkan potongan buah dan sayur ke dalam wadah, tabahkan air. Kemudian, tutuplah dan diamkan selama 6-12 jam di dalam kulkas. Mudah bukan?

Baca juga: Detox Menyenangkan dengan Infused Water Kurma (Air Nabeez)

6

No Responses

Write a response