cara menghilangkan ketombe

Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami dan Aman

Menghilangkan ketombe bukan hal yang mudah. Meskipun hampir semua merek shampo menghadirkan varian anti ketombe, belum tentu cocok dengan kondisi kulit kepala kamu lho. Jika kamu sudah mencoba berbagai merek shampo anti ketombe dan belum berhasil, cobalah cara menghilangkan ketombe secara alami ini.

Penyebab Ketombe

  • Pemilihan sampo yang salah. Wah ternyata salah dalam memilih shampo bisa membuat ketombe kian parah lho. Sebab, salah memilih shampo dapat membuat rambut berketombe karena kondisi rambut yang cocok sebagai media tumbuh bagi ketombe.
  • Kondisi rambut yang kotor. Kondisi kotor pada rambut dapat menjadi temat yang baik bagi jamur penyebab ketombe. Untuk itu, rambut harus rutin keramas dengan shampo yang tepat.
  • Yeast Sensitivity dan Seborrheic Dermatitis. Yeast atau jamur dapat tumbuh saat cuaca dan kondisi lembab, inilah yang memicu pertumbuhan ketombe. Sedangkan Seborrheic dermatitis, merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh adanya kelebihan minyak di permukaan kulit kepala. Kondisi ini dapat membuat debu dan polusi bersarang hingga menyebabka ketombe.
  • Malas menyisir rambut. Menyisir rambut bukan hanya untuk merapikan lho. Lebih dari itu, yakni untuk mencegah adanya penumpukkan kotoran dan sel kulit mati yang seharusnya dibuang.
  • Jarang keramas dan terlalu sering keramas. Jarang keramas akan membuat jamur bertumbuh, sedangkan terlalu sering keramas akan membuat kulit kepala kering yang dapat memicu ketombe.

Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami dan Aman

cara menghilangkan kutu rambut
cara menghilangkan kutu rambut

Tea Tree Oil

Siapa bilang tea tree oil hannya ampuh untuk usir jerawat? Eits, bisa juga lho untuk menghilangkan ketombe di rambutmu. Gunakan sebagai masker rambut dengan cara di oles pada kulit kepala. Pijat-pijat dan diamkan beberapa saat setelahnya. Jangan lupa dibilas dan keramas menggunakan shampo untuk membersihkan kandungan minyaknya.

Minyak kelapa Organik

Cara menghilangkan ketombe yang selanjutnya adalah menggunakan minyak kelapa. Pemakaiannya masih sama dengan tea tree yakni digunakan sebagai masker rambut. Pastikan minyak kelapa yang digunakan merupaan minyak kelapa organik. Tidak hanya menghilangkan ketombe, minyak kelapa akan membuat rambut menjadi halus dan terasa ringan. Yuk coba!

Lidah Buaya

Pastikan kamu menggunakan lidah buaya dari pohonnya langsung atau membeli di supermarket (yang belum dikupas). Cara menhilangkan ketombe dengan lidah buaya ini mudah. Dapat dilakukan dengan mengupas dan mengambil bagian dagingnya lalu membalurkan ke permukaan kulit. Setelah itu, diamkan selama 45-60 menit. Jangan lupa membilas dengan shampo favoritmu.

Aspirin

Menggunakan aspirin untuk menghilangkan ketombe? Yakin? Car menghilangkan keombe yang satu ini masih cukup jarang diterapkan.

Siapa sangka bahawa kandungan asam salisilat dalam aspirin dapat menjadi senjata untuk mengusir ketombe? Cara menghilangkan ketombe dengan aspirin ini cukup mudah lho. Siapkan tablet aspirin (2 buah) lalu tumbuklah hingga halus. Campurkan bubuk aspirin degan shampo favoritmu. Gunakan campurana tesebut untuk keramas secara rutin. Rasakan rambut bersih tanpa ketombe!

Baking Soda

Baking soda dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati dengan lembut. Slain itu, bakiing soda juga dapat mengurangi rasa gatal karena memiliki sifat anti jamur. Caranya cukup mudah lho. Ambil sejumput baking soda lalu bubuhkan diatas permukaan rambut yang basah. Pijatlah dan biarkan beberapa saat. Akhiri dengan keramas menggunakan shampo favoritmu.

Baca juga:

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Pada Anak

Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Nah, itulah cara menghilangkan ketombe secara alami dan aman. Menghilangkan ketombe saja tidak cukup. Kamu juga harus melakukan treatment saat ketombe sudah hilang. Treatment yang dimaksud adalah gaya hidup sehat seperti banyak minum air putih, makan sayur dan buah serta berolahraga.

7

No Responses

Write a response