cara menghilangkan kutu rambut

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Pada Anak

Setiap bagian tubuh pada si kecil haruslah diperhatikan kesehatannya, termasuk pada rambut. Rambut yang tidak dirawat dapat menyebabkan berbagai macam masalah, seperti rambut kering kusam, bercabang, rontok, berketombe, hingga munculnya kutu rambut.

Dari berbagai macam masalah rambut, yang paling membuat para ibu merasa khawatir adalah kutu rambut. Mengapa? sebab kutu yang menempel pada rambut dan kepala dapat menimbulkan rasa gatal. Rasa gatal itulah yang mendorong Si Kecil untuk menggatuk-garuk kepalanya bahkan hingga berdarah. Selain itu, sebagai parasit ia akan terus berkembangbiak dan menghisap darah sebagai makanannya. Oleh sebab itulah kutu rambut harus dihilangkan secepat mungkin.

Ciri-Ciri Si Kecil Terserang Kutu Rambut

cara menghilangkan kutu rambut
cara menghilangkan kutu rambut

1 Sering Menggaruk Kepala

Jika melihat Si Kecil sering menggaruk-garuk kepala, Bunda harus waspada. Seringkali rasa gatal pada kepala berasal dari pemasalahan kulit kepala seperti ketombe atau bahkan kutu rambut. Segeralah periksa kepala Si Kecil dengan teliti. Kutu yang hinggap di kepala akan menghisap darah dari kulit kepala, hal inilah yang mengakibatkan timbul rasa gatal yang berlebihan.

2 Rambut Cenderung Bau

Aroma menyengat pada rambut berkutu berasal dari air liur kutu. Kutu mengeluarkan air liur di kulit kepala hingga menimbulkan bau yang khas. Jika Si kecil mengeluarkan bau tidak sedap, lekas periksalah bagian rambutnya.

3 Terdapat Iritasi pada Kulit Kepala dan Sekitarnya

Irirtasi yang terdapat pada kulit kepala berasal dari garukan yang diakibatkan oleh rasa gatal yang berlebihan. Biasanya, Si kecil akan terus menggaruk-garuk rambutnya dengan kuat tanpa memikirkan akibatnya. Iritasi yang terjadi pada kepala berkutu bermaam-macam, mulai dari bercak darah ringan, hingga luka lebar yang mengeluarkan nanah. Jika sudah bernanah tentunya akan menambah bau semakin kuat.

4 Si Kecil Mengalami Susah Tidur

Adanya rasa gatal dan luka serigkali mengganggu si kecil dan menyebabkan ia mengalami susah tidur. Jika Si Kecil terlihat susah tidur dan terlihat idak nyaman dengan kepalanya, Bunda perlu khawatir akan kesehatan kulit kepalanya.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut pada Anak

cara menghilangkan kutu rambut
cara menghilangkan kutu rambut

1 Sisir Serit

Cara menghilangkan kutu rambut yang satu ini sudah cukup umum digunakan dan cukup ampuh. Meski begitu, harus lah sabar karena kutu dapat terbang dan lari dengan sangat cepat.

Sisir serit banyak jenisnya, mulai dari kayu, plastik, hingga stainless. Benda yang s atu ini dapat dibeli di tempat aksesori rambut dan sejenisnya.

2 Sampo Penghilang Kutu

Dipasaran juga banyak produk sampo yang menawarkan keampuhannya dalam menghilangkan kutu rambut. Harga yang ditawarkan pun tidak mahal dan produknya cukup mudah ditemukan.

3 Kapur Ajaib

Kapur yang dikhususnya untuk membasmi serangga yang satu ini juga dapat menghilangkan kutu rambut. Tapi hal ini tidak berlaku pada telur kutunya ya Bun. Goreskan kapur ajaib pada kulit kepala secara acak sebelum tidur. Kemudian cuci bersih kepala di keesokan harinya.

4 Bawang Merah

Bawang merah memiliki aroma yang tidak disukai kutu rambut. Oleh sebab itulah bawang merah dapat menghilangkan kutu rambut. Caranya cukup mudah, blender bawang merah atau ulekk hingga halus lalu balurkan ke kulit kepala. Hati-hati jangan sampai mengenai mata Si Kecil ya Bun. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dan aplikasikan sampo favorit untuk menghilangkan aroma dari bawangnya

5 Salon

Beberapa salon perawatan rambut menerima layanan khusus kutu rambut. Jika tidak menemukan salon yang demikian, lakukan saja trearmen creambath dan pencatokan rambut setelahnya. Telur kutu akan mati terkena suhu panas dari alat catok rambut.

6 Pangkas Rambut

Jika masih berusia batita, pangkas habis rambut merupakan cara paling ampuh dan praktis untuk menghilangkan kutu rambut.

6

2 Responses

  1. Destiku
    August 15, 2019
    • Aini
      November 13, 2019

Write a response