Cara Menghilangkan Bau Badan

Cara Menghilangkan Bau Badan

Keringat berlebih seringkali mengganggu aktifitas sehari-hari. Terutama bagi kamu yang memiliki segudang aktifitas di setiap harinya. Keringa belebih dapat membuat seseorang mejadi tidak percaya diri. Selain mebuat basah pakaian di bagian-bagian tertentu terutama ketiak, keringat berlebih juga dapat menyebabkan bau badan. Oleh sebab itu, yuk cermati cara menghilangkan bau badan!

Penyebab Bau Badan

sumber: idntimes.com

1 Infeksi

Infeksi dapat menyebabkan timbulna bau badan. Hal ini disebabkan adanya bakteri pada kulit yang terinfeksi. Bakteri inilah yang menjadi penyebab munculnya bau badan. Mengapa? Hasil ekskresi atau metabolisme dari bakteri akan menimbulkan bau, saat itulah bau badan terjadi.

Membiarkan infesi terus menerus akan menyebabkan penumpukkan bakteri dan menambah bau badan. Infeksi harus segera diatasi, seperti penggunaan alkohol maupun antiseptik.

2 Tubuh Gemuk

Biasanya bau badan terjadi pada seseorang yang memiliki tubuh gemuk. Sebab, ia memiliki banyak pori-pori tersembunyi di dalam lipatan-lipatan tubuhnya. Lipatan ini hangat dan gelap sehingga cocok untuk pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri secara signifikan. Jika bakteri telah bersarang, tidak heran jika akhirnya timbul bau badan.

3 Toksin

Tahukah kamu bahwa di dalam tubuh manusia terdapat toksin atau racun? Toksin atau racun tersebut berasal dari lingkungan, udara maupun makanan. Saat organ tidak mampu mengeluarkan toksin tersebut, maka toksin akan akan berkumpul di dalam tubuh dan menyebabkan bau badan.

Misalnya, saluran usus besar yang tersumbat toksin akan menghasilkan bau badan. Hal ini dapat diatasi dengan program detoksifikasi atau pemusnahan toksin dari tubuh pada bagian tubuh terkait.

4 Penyakit tertentu

Penyakit HIV, leukimia, hiperhidrosis, limfoma, hipertiroidisme, dan diabetes merupakan kenyakit yang dapat menghasilkan keringat berlebih. Dengan demikian, seseorang yang mengalami penyakit demikian akan memiliki bau badan. Jika sudah berlebihan, sebaiknya mengkosultasikannya kepada dokter spesialis penyakit tersebut.

5 Deterjen

Untuk kamu yang memiliki bau badan, stop untuk memilih detergen secara asal. Bebebrapa senyawa kimia masih menempel pada baju dan dapat bersinggungan dengan kulit. Hal ini akan menyebabkan munculnya aroma tidak sedap atau yang biasa disebut bau badan. Residu yang masih menempel pada serat kain juga berpotesi menimbulkan bau apek tiap tubuh berkeringat.

Cara Mengatasi Bau Badan

  1. Mandi rutin dua kali sehari. Mandi dapat membersihkan seluruh bagian tubuh. Pilihlah sabun mandi yang memiliki aroma harum untuk menghilangkan bau badan.
  2. Banyak minum air putih. Air putih dapat membantu tubuh utuk mengeluarkan racun penyebab bau badan. Oleh sebab itu, minum banyak air putih juga dapat membantu dalam hal menghilangkan bau badan.
  3. Mencukur rambut yang sering tertutup. Bagian rambut seperti di ketiak maupun kemaluan juga bisa menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri penyebab bau badan. Mencukurnya merupakan cara menghilangkan bau badan yang efektif.
  4. Banyak mengonsumsi kemangi. Daun yang sering dimakan sebagai lalapan ini memiliki khasiat untuk menghilangkan bau badan. Selain rasanya enak, ternyata berkhasiat ya.
  5. Menggunakan deodorant. Pilihlah deodorant dengan daya serap yang tinggi untuk mengurangi keringat berlebih yang dapat menyebabkan bau badan.
  6. Olahraga secara rutin. Meskipun menghasilkan keringat, namun berolahraga dapat membuat pori-pori terbuka dan mengeluarkan bakteri penyebeb bau badan. Eits, jangan lupa mandi setelahnya ya.
  7. Mengurangi makanan penyebab bau badan. Beberapa makanan yang diketahui dapat menyebabkan bau badan adalah bawang-bawangan, kol atau kubis dan sebagainya.
  8. Mengoleskan cuka apel. Meski aromanya menuusuk, campuran cuka apel dan air yang dioleskan ke bagian ketiak akan menghilangkan bau badan.
  9. Memanfaatkan baking soda. Campuran sedikit banking soda dan jeruk nipis pada air ternyata dapat menghilangkan bau badan. Sebab, baking soda memiliki daya serap yang cukup baik.
  10. Menggunakan minyak bunga rosemary. Kandungan minyak atsiri didalamnya membuat rosemary bermanfaat dalam menghilangkan bau badan. Cara cukup dengan mengoleskan essensial oil ke bagian ketiak, atau dengan mencampurkan air rebusan rosemary ke dalam bak mandi.
  11. Mandi daun sirih. Daun sirih sudah dipercaya sejak dahulu dalam hal antiseptik. Menggunakan air rebusan daun sirih yang dicampur dengan air biasa dapat membantu dalam menghilangkan bau badan.

Nah itulah penyebab dan cara menghilangkan bau badan. Selamat mencoba!

2

No Responses

Write a response