cara mengatasi gigi berlubang

Cara Mengatasi Gigi Berlubang dan Penyebabnya

Obat sakit gigi berlubang pada dasarnya tidak benar-benar ada. Namun, pengobatan alami masih banyak digunakan. Obat yang selama ini disebut obat sakit gigi biasanya merupakan obat pereda nyeri pada tubuh sehingga juga dapat mengatasi sakit gigi.

Nyeri saat sakit gigi sering kali mengganggu aktifitas sehari-hari. Rasa sakit dan linunya membuat seseorang menjadi setres dan gampang emosi. Oleh sebab itu, meskipun terkesan spele namun penyakit yang satu ini harus diatasi dengan serius.

Gigi berlubang bukan satu-satunya permasalah pada gigi. Gigi kuning pun sering membuat seseorang mencari cara memutihkan gigi dengan aman. Sebelum mengetahui cara pencegahan gigi berlubang, sebaiknya perhatikanlah terlebih dahulu hal-hal yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Penyebab Gigi Berlubang

Besar kecilnya lubang pada gigi tergantung dari besarnya plak pada gigi. Plak merupakan penyebab utama gigi berlubang yang terdiri dari bakteri dan asam.

Kebiasaan buruk seperti jarang menggosok gigi, sering mengonsumsi makanan dan minuman manis dapat menyebabkan munculnya plak pada gigi. Makanan yang mengandung gula seperti permen dan soda merupakan makanan penghasil asam.

Air liur yang sudah bercampur dengan asam, bakteri, dan sisa makanan nantinya akan membentuk plak pada gigi. Bertumpuknya plak pada gigi nantinya akan mengikis enamel sehingga tercipta gigi berlubang.

Beberapa hal lain yang dapat menyebabkan gigi berlubang antara lain;

  • Pasta gigi yang digunakan tidak mengandung fluoride. Fluoride berfungsi dapat mencegah lubang dan kerusakan gigi lainnya.
  • Mulut kering.
  • Adanya gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia serta penyakit refluks asam lambung.
  • Pertambahan usia.
  • Penggunaan rutin suplemen, vitamin, obat-obatan atau produk herba yang mengandung gula tinggi.

Cara Mencegah Gigi Berlubang

cara mengatasi gigi berlubang
sumber: youtube.com

Gigi berlubang merupakan masalah umum yang terdapat pada gigi. Berikut cara mencegah gigi berlubang yang perlu diketahui.

  • Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • Mengurangi kebiasaan memakan banyak cemilan atau ngemil.
  • Melakukan pembersihan gigi dengan benang gigi minimal sehari sekali.
  • Mengurangi asupan manis atau asam, seperti permen atau soda.
  • Jika memiliki penyakit yang berkaitan dengan gigi, sebaiknya langusng dikonsultasikan dengan dokter.
  • Berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan
    suplemen, vitamin, obat atau produk herba yang mengandung gula.
  • Berikut ini merupakan makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi, agar kesehatan gigi lebih terjaga:

Makanan yang dapat mencegah gigi berlubang

  • Permen karet yang mengandung xylitol.
  • Buah dan sayuran yang kaya serat; apel, bayam, dan timun.
  • Makanan yang kaya akan kalsium; kacang dan keju.
  • Teh tanpa gula/pemanis.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

sumber: aliamirudin.wordpress.com

Cara mengatasi gigi berlubang setiap gigi berbeda-beda tergantung tingkat keparahannya. Beberapa tindakan yang biasanya dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang adalah sebagai berikut.

1 Filling

Filling biasanya disebut juga tambal gigi. Ini merupakan tindakan yang paling umum untuk mengobati gigi berlubang. Biasanya, gigi dibersihkan terlebih dahulu dari sisi gigi yang rusak dengan menggunakan bor. Kemudian gigi ditambal dengan bahan khusus, seperti komposit resin, porselen, perak atau emas.

2 Crown

Untuk tingkat keparahan selanjutnya, tindakan yang biasanya diberikan adalah crown. Crown atau kurung gigi merupakan cara mengatasi gigi berlubang dengan pemasangan mahkota berupa gigi palsu tepat di atas gigi berlubang. Saat pemasangan, sebagian besar gigi yang mengalami kerusakan akan dikikis dan disisakan sedikit untuk tumpuan mahkota gigi palsu. Bahan yang digunakan crown sama seperti filling.

3 Root canal

Tingkat keparahan selanjutnya akan diberikan tindakan root canal atau perawatan saluran akar gigi. Cara mengatasi gigi berlubang yang satu ini biasanya dilakukan ketika kerusakan gigi sudah mencapai ke dalam bagian gigi atau akar gigi.

4 Cabut gigi

Ketika tingkat keparahan sudah mencapai level tertinggi, biasanya dokter gigi akan melakukan tindakan cabut gigi. Cabut gigi biasanya dilakukan saat kerusakan pada gigi berlubang tidak dapat diperbaiki. Setelah dicabut, seseorang dapat memasang gigi palsu atau implan gigi untuk mengatasi masalah dalam mengunyah makanan.

Nah itulah informasi megenai cara mengatasi gigi berlubang dan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

2

No Responses

Write a response