memanfaatkan waktu luang

6 Tips Mengisi Waktu Luang dengan Kegiatan Bermanfaat

Hari libur adalah hari dimana kita memiliki banyak waktu luang. Seringkali waktu luang yang kita gunakan terbuang percuma dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Padahal, ada banyak hal baik yang kita bisa lakukan di waktu luang tersebut.

Saat luang, jarang sekali orang-orang melakukan kegiatan yang produktif. Maka dari itu, kali ini ceritasehat akan membagikan 6 kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan di waktu luang. Ini detailnya :

1. Membaca Buku

Sumber gambar: log.viva.co.id

Ada buku yang belum dibaca? Kebanyakan orang tidak sempat membaca buku yang ingin mereka baca karena kesibukan sehari-hari. Nah, di waktu luang adalah saat yang tepat untuk mulai membaca buku tersebut.

Membaca buku dapat mengasah otak untuk lebih cepat menangkap sesuatu. Selain itu, banyak membaca membuat ilmu pengetahuan kita bertambah.

2. Menulis

Hobi menulis? menulis adalah kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan di waktu luang. Menulis bisa ditujukan untuk konten blog atau buku. Banyak manfaat dari menulis ini. Selain dapat menyalurkan hobi, menulis juga bisa menghasilkan pendapatan tambahan.

safelink blogger
safelink blogger

Menulis di blog misalnya, dengan rajin menulis di blog, pengunjung akan bertambah, apalagi jika tulisanmu bermanfaat. Menebar kebermanfaatan dengan cara menulis tidak ada salahnya bukan? Selain itu, menulis di waktu luang bisa juga untuk menambah uang jajan. Contohnya seperti menulis review produk berbayar.

Baca Juga : Manfaat Menulis

3. Bersih bersih Kamar / Rumah

Biasanya, kita tidak sempat membersihkan lingkungan rumah karena terlalu sibuk dengan aktivitas sehari-hari. Ketika waktu luang datang menghampiri, itulah kesempatan terbaik untuk membersihkan ruangan / rumahmu.

“Rumahku adalah surgaku”. Begitulah peribahasa yang sering kita dengar. Faktanya, rumah atau kamar yang bersih dapat membuat pikiran lebih tenang dan mood membaik. Cobain deh!

4. Mengorganisir File di Laptop / Smartphone mu

Nah, yang satu ini sepertinya bermanfaat untuk para pekerja atau teman-teman yang hobi foto. Di hari biasa, kita tidak sempat untuk menempatkan file penting di folder-folder yang teratur. Hal tersebut mengakibatkan file-file yang ada di device menjadi berantakan.

File yang berantakan membuat kita menjadi kesulitan untuk mencarinya di saat sedang membutuhkan. Belum lagi jika saat itu kita membutuhkan file yang benar-benar urgent.

Nah, saat luang adalah saat yang tepat untuk kegiatan bermanfaat ini. Cobalah mengorganisir file-file berantakan tersebut. Sortir file-file tersebut dengan folder-folder yang terorganisir. Selain itu, jangan lupa untuk menghapus file-file yang tidak berguna. Hal tersebut penting agar penyimpanan device tidak cepat penuh.

5. Ikut Kegiatan Sosial

Selain berpahala, mengikuti kegiatan sosial membuat mood menjadi lebih baik. Cobalah untuk bermain ke panti asuhan atau rumah belajar. Di sana, banyak anak-anak yang membutuhkan uluran tanganmu.

Mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat seperti ini akan membantu kita untuk menanamkan rasa syukur di dalam diri. Selain itu, kita juga bisa mengajak kerabat atau sahabat dekat untuk ikut serta. Dengan begitu, kebermanfaatan yang dihasilkan akan semakin meluas. Mantap betuul!

6. Merawat Diri

Baca Juga : Klinik Kecantikan Terbaik di Jakarta

Tidak ada salahnya sesekali bersantai di waktu luang. Namun, bersantai di sini bukan berarti tanpa melakukan hal produktif sama sekali. Cobalah bersantai sambil merawat diri. Seperti pijat atau pergi ke salon.

Di rumah, kita juga bisa merawat diri dengan peralatan yang ada. Contohnya seperti memakai masker, merendam kaki dengan air hangat, atau dengan sekedar olahraga ringan dan melihat-lihat pemandangan di luar.

9

One Response

  1. Mama Indri
    May 11, 2019

Write a response