manfaat puasa bagi kesehatan

4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Bulan ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh kaum muslimin. Di bulan tersebut, ibadah kita dilipatgandakan pahalanya. Salah satu ibadah yang kita laksanakan di bulan Ramadhan adalah puasa.

Puasa adalah ibadah yang mulia. Ibadah yang mulia ini tercantum dalam sebuah ayat yang sering dibacakan, dikumandangkan, bahkan dihafal oleh kaum muslimin, yaitu surat Al Baqarah ayat 183, yang membahas tentang ibadah puasa. Ayat yang mulia tersebut berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Ternyata, selain diwajibkan dalam agama, puasa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan lho. berikut beberapa di antaranya.

1. Menghentikan Kecanduan Merokok

kenapa-harus-berhenti-merokok
sumber gambar: seputarsulut.com

Merokok memang memiliki dampak yang buruk bagi tubuh. Pemerintah juga sudah sering mengkampanyekan bahaya rokok bagi kesehatan.

Namun, berhenti merokok bukanlah hal yang mudah. Perlu ada proses yang dijalankan secara konsisten agar seseorang dapat menghentikan kebiasaan merokok. Kebanyakan orang yang sering merokok sudah memiliki ketergantungan untuk merokok.

Nah, berpuasa bisa menjadi salah satu ajang latihan bagi perokok yang ingin berhenti merokok. Tentu saja kita tahu bahwa merokok akan membatalkan puasa. Maka dari itu, perokok dapat menahan keinginannya untuk merokok selama beberapa jam. Setelah berbuka, perokok bisa berbuka dengan makanan lain dan perlahan-lahan menghilangkan kebiasaan merokoknya.

2. Mengurangi Resiko Penyakit

Saat berpuasa, kita menggunakan lemak sebagai sumber utama energi untuk beraktivitas. Dengan begitu, proses detoksifikasi dalam tubuh dapat terjadi. Racun-racun yang tersimpan dalam lemak akan dikeluarkan dari tubuh bersamaan dengan lemak yang kita gunakan sebagai bahan bakar tubuh.

Studi di Utah pada tahun 2008 juga menunjukkan bahwa berpuasa secara teratur mengurangi resiko untuk menderita penyakit jantung. Hal ini dikarenakan lemak yang digunakan sebagai sumber energi utama dapat menurunkan kolesterol. Turunnya kolesterol tersebut dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 58%.

3. Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Bagi penderita diabetes, kontrol gula darah tentunya sangat dibutuhkan. Riset yang dilakukan pada 10 penderita diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa puasa dapat menurunkan kadar gula.

Riset lain juga membuktikan bahwa puasa sama efektifnya dengan membatasi asupan kalori untuk mengurangi insulin. Hal ini memungkinkan tubuh untuk memindahkan glukosa dari aliran darah ke sel sel tubuh dengan lebih efisien.

4. Menghilangkan Stress

hilangkan stress

Selain berguna untuk kesehatan tubuh, berpuasa juga bermanfaat bagi kesehatan mental seseorang. Tentu kita sudah mengetahui bahwa puasa melatih kita untuk menahan emosi dan meningkatkan kesabaran. Dengan begitu, stress yang sering terjadi karena masalah-masalah sosial dapat diredam.

Selain itu, dengan berpuasa kita terbiasa untuk berkumpul sahur dan berbuka puasa bersama keluarga dan orang-orang yang kita sayangi. Hal itu dapat membuat kita lebih dekat antara satu dengan yang lain. Kedekatan-kedekatan dengan kerabat tersebut dapat mengurangi depresi dan meningkatkan rasa bahagia.

Puasa dapat meningkatkan kadar hormon endorfin lebih tinggi dari biasanya. Kadar endorfin yang meningkat ini dapat membantu untuk meningkatkan konsentrasi dan membuat mental merasa lebih baik dan bahagia.

7

One Response

  1. Mama Indri
    May 8, 2019

Write a response