keperluan bayi baru lahir

Keperluan Bayi Baru Lahir yang Harus Diperhatikan

Keperluan bayi baru lahir merupakan hal yang vital ya Bunda. Menjelang kelahiran Si Kecil, biasanya banyak hal-hal yang harus dipersiapkan. Selain mental, biaya dan pikiran yang tenang, barang-barang perlengkapan lain juga tak kalah pentingnnya. Nah, inilah daftar keperluan bayi baru lahir yang harus diperhatikan.

Sebagai orang tua khususnya orang tua baru, memasuki trimester ketiga kehamilan adalah masa-masa menegangkan. Sebab, di masa-masa ini biasanya Bunda dan Ayah sudah harus mulai menyiapkan segala barang-barang mauppun keperluan bayi baru lahir.

Bagi Bunda yang melahirkan anak kedua dan seterusnya, di trimester akhir ini sudah harus mulai mencuci perlengkapan Si Sulung yang akan kembali dipakai oleh adiknya. Terlalu dini? tidak. Karena mencicil keperluan bayi baru lahir ini merupakan hal yang cukup penting.

Beberapa ibu memilih untuk menyiapkan keperluan bayi baru lahir sedari dini. Tujuannya untuk menghindari kepanikan dan adanya barang yang terlewat saat munculnya kontraksi tanda kelahiran. HPL (Hari Perkiraan Lahir) memang sudah diketahui, namun kelahiran di luar HPL pun seringkali terjadi.

Bahkan, kelahiran prematur dan belum mencapai 40 minggu bisa saja terjadi. Bayangkan jika ketika itu terjadi dan Bunda belum menyiapkan
keperluan bayi baru lahir , panik bukan? Yuk persiapkan sedikit demi sedikit.

Daftar Keperluan Bayi Baru Lahir

keperluan bayi baru lahir
sumber: turktoyu.com

1 Detergen untuk Kulit Sensitif

Sebelum bayi lahir, para ibu biasanya mencuci seluruh pakaian yang akan digunakan oleh Si Kecil nantinya. Namun, sudahkah ibu menggunakan detergen yang tepat? Belakangan ini viral mengenai seorang anak yang luka parah di permukaa kulit karena eczema yang dimilikinya

Eczema merupakan keadaan imun lemah yang akhirnya mempengaruhi keadaan kulitnya.Pada umumnya, kulit bayi masih sensitif dan masih perlu perawatan ekstra, untuk itulah diperlukan detergen yang didesain khusus untuk kulit sensitif seperi Rinso Gentle dan produk serupa.

2 Pakaian Bayi

Pakaian bayi mencangkup baju, celana, topi, kaos kaki, kain untuk membedong, popok. Jangan sampai ada yang terlewat ya, Bun. Pastikan pemilihan bahannya tepat dan nyaman untuk Si Kecil.

Baca juga: Cara Agar Bayi Tidak Sungsang

3 Handuk dan Selimut Bayi

Handuk yang baik adalah yang menyerap basah dan dapat menghangatkan bayi. Sedangkan selimmut, pilihlah yang tidak terlalu lebar agar bayi tidak menopang beban ang terlalu berat.

4 Minyak Telon dan Baby Oil

Kedua barang tersebut merupakan hal yang penting dalam keperluan bayi baru lahir . Minyak telon dan baby oil bisa dibilang senjatanya para ibu.

5 Plester dan kain kasa

Jika ingin praktis, Bunda bisa gunakan kain kasa yang perlembar, bukan gulungan. Selain lebih praktis, kain kasa dengan kemasan perlembar juga lebih steril. Plester dan kin kasa digunakan untuk tali pusat bayi.

6 Botol Susu atau Dot

Tidak semua bayi diberikan kelancaran dalam mendapatkan ASI-nya. Beberapa ibu memiliki hambatan dalam pengeluaran ASI. Memasukkan botol susu ke dalam daftar keperluan bayi baru lahir dapat dijadikan alternatif untuk mengatasinya.

Botol susu juga diperlukan bagi Ibu kantoran. Menyetok ASI dalam kantung khusu dapat membuat Si Kecil tetap mendapatkan nutrisinya meskipun ditinggal ke kantor. Jangan lupa belikan Botol susu yang takarannya cukup untuk satu kali konsumsi.

7 Sikat Botol

Sisa ASI atau susu yang masih tertinggal dapat menimbulkan aroma busuk yang hebat. Tidak hanya itu, dari sisa ASI atau susu tersebut merupakan media bagi bakteri untuk berkembangbiak sehingga menjadi su mber penyakit bagi Si Kecil. Itulah mengapa sikat botol merupakan hal penting dalam pemenuhan keperluan bayi baru lahir.

Baca juga: Cara Menyendawakan Bayi Agar Bayi Tidak Kembung

8 Sabun, shampoo, bak mandi dan body lotion

Tentu saja setiap calon ibu sudah mengetahui keperluan bayi baru lahir yang satu ini. Sensitifnya kulit bayi menjadi alasan mengapa sabun, shampoo, dan body lotionnya tidak sama dengan orang dewasa.

9 Gendongan bayi

Pemilihan gendongan bayi haruslah tepat, yakni yang mendukung posisi M-Shape. Mndapat bannyak kado gendongan namun tidak mendukung M-Shape? Jangan digunakan ya Bun.

10. Stroller

Beberapa orang tua memilih untuk membeli stroller untuk memudahkan Si Kecil dibawa kemana-mana. Dengan stroller, posisi ibu dan anak pun menjadi lebih nyaman.

Itulah serangkaian daftar keperluan bayi baru lahir yang harus diperhatikan. Selamat menyambut Si Kecil dengan gembira, Bunda!

3

No Responses

Write a response