kaldu bubuk non msg

Kaldu Bubuk Non MSG yang Aman untuk MPASI

Kaldu Bubuk Non MSG belakangan ini banyak dicari di pasaran. Sebagian besar pencarinya merupakan orang tua yang sedang memberikan MPASI bagi anaknya. Memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) merupakan masa yang ditunggu-tunggu oleh orang tua khususnya orang tua baru. Nah, sudah tahukah bunda tentang kaldu bubuk Non MSG yang aman untuk MPASI?

Pada dasarnya, di awal masa-masa MPASI menu yang disajikan sebaiknya menu bintang 4. Artinya, dalam satu menu MPASI harus memenuhi nutrisi protein (hewan dan nabati), karbohidrat, lemak, dan serat.

Seiring bertambahnnya usia Si Kecil, Bunda harus lebih kreatif dalam membuatkan menu MPASI untuknya. Si Kecil yang sudah berusia 12 bulan (12m+) sudah bisa mengonsumsi menu keluarga. Tentunya bahan-bahan yang digunakan harus diperhatkan dengan baik. Karena saat ini banyak menu yang terlihat sehat namun ternyata sebaliknya.

Mengenal Kaldu Bubuk Non MSG

kaldu bubuk non msg
sumber: idntimes.com

Bahan tambahan yang satu ini biasanya digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan. Kaldu bubuk yang aman untuk MPASI adalah kaldu bubuk yang dibuat tanpa MSG, bahan pengawet dan bahan berbahaya bagi Si Kecil.

Ketika Si Kecil sudah berusia 12 bulan, Bunda sudah boleh menambahkan kaldu bubuk yang aman ini ke dalam masakan. Tidak hanya khusus MPASI, kaldu bubuk ini juga bisa digunakan untuk masakan keluarga.

Varian Kaldu Bubuk Non MSG

Selama ini, kita mengenal kaldu bubuk dengan 2 varian rasa yaitu ayam dan sapi. Namun, Kaldu bubuk Non MSG memberikan varian tambahan. Pada produk kaldu bubuk Non MSG, selain tersedia varian ayam dan sapi juga tersedia varian jamur.

Mengapa Harus Kaldu Bubuk Non MSG?

kaldu bubuk non msg
sumber: hipwee.com

1. 100% Terbuat dari Bahan Alami

Kaldu bubuk Non MSG biasanya difokuskan untuk gaya hidup sehat. Yang artinya, pembuatannya pun menggunakan bahan-bahan yang sehat atau alami. Sebab, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Kaldu bubuk Non MSG tersebut benar-benar aman, seperti jamur, gula, garam dan maizena.

Sudah terdapatnya gula dan garam dalam kaldu bubuk non MSG membuat Bunda tidak perlu menambahkan gula dan garam yang terlalu banyak ke dalam masakan.

Sebab, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Kaldu bubuk Non MSG tersebut benar-benar aman, seperti jamur, gula, garam dan maizena.

2. Tidak Mengandung MSG

MSG (Monosodium Glutamat) adalah penyedap makanan yang memberikan rasa umami pada masakan. MSG dibuat dari fermentasi air tebu. Meski terlihat alami dan tidak berbahaya, namun penggunaan yang berkepajangan sebaiknya dihindari untuk kesehatan di masa yang akan datang.

Dampak buruk MSG antara lain:

  • Jantung berdetak dengan cetak dan berkeringat
  • Merah-merah di bagian kulit
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Kesemutan atau mati rasa
  • Nyeri di bagian dada
  • Tubuh terasa lemas

3. Tidak Mengandung Bahan Pengawet

Pada dasarnya, pengawetan makanan dapat dilakukan dengan cara atau bahan alami. Contohnya seperti pemanggangan, pengasinan, dan pengeringan. Namun, ada juga bahan pengawet buatan yang seringnya disebut pengawet sintetis.

Bahkan, banyak kasus bahan pengawet berbahaya dimana-mana. Inilah yang harus Bunda waspadai karena bahan pengawet buatan yang menumpuk pada tubuh padat mengakibatkan kanker.

4. Tidak Mengandung Bahan Perisa dan Pewarna Tambahan

Tidak hanya pengawet, perisa dan pewarna tambahan yang tertimbun di dalam tubuh dapat mengakibatkan hati untuk bekerja lebih keras. Hal ini dapat berakibat fatal bila dibiarkan terus-menerus. Konsumsi perisa dan pewarna tambahan dalam jangka waktu yang panjang juga dapat mengakibatkan kerusakan saraf hingga kanker.

Pertumbuhan Si Kecil sangatlah penting. Oleh karena itu, selalu sajikanlah makanan yang tidak hanya enak tapi juga sehat.

3

No Responses

Write a response