Bau Mulut Saat Puasa

5 Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Saat puasa, masalah bau mulut sering terjadi. Masalah bau mulut ini kadang dapat menurunkan rasa percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang lain. Namun, tentu ada cara-cara untuk mengatasi bau mulut saat sedang berpuasa ini. Namun sebelum itu, ayo kita cari tahu penyebab bau mulut saat puasa.

Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Saat puasa, kita tidak makan dan minum dalam waktu yang lama. Hal ini mengakibatkan mulut mengalami kekeringan. saat mulut kering, kadar air liur akan berkurang. Padahal, air liur memiliki peran penting untuk menetralisir asam yang dihasilkan oleh plak.

Air liur juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan sel-sel mati pada lidah, pipi, dan gusi. Jika sel-sel mati ini tidak dihilangkan, maka dapat menyebabkan bau mulut.

Selain itu, pada saat puasa kita menggunakan lemak sebagai bahan bakar utama tubuh. Pada saat itu terjadi, tubuh menghasilkan senyawa yang disebut keton. Senyawa ini memiliki bau yang khas dan dapat tercium melalui nafas.

Selain faktor internal tersebut, ada pula faktor eksternal yang menyebabkan bau mulut terjadi. Contohnya seperti mengkonsumsi makanan dengan aroma menyengat, dan kurang bersih dalam menyikat gigi.

Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Setelah mengetahui penyebab terjadinya bau mulut saat puasa, kali ini kita akan mengetahui bagaimana cara mencegah bau mulut tersebut. Bau mulut saat puasa dapat dicegah dengan berbagai cara, yaitu sebagai berikut:

1. Tidak Merokok

berhenti merokok
sumber: seputarsulut.com

Sudah bukan rahasia lagi bahwa rokok menyebabkan berbagai masalah mulut. Salah satunya adalah bau mulut. Bagi anda yang sering merokok saat sahur, sebaiknya menghentikan kebiasaan ini. Merokok berpotensi untuk memberikan masalah pada gusi sehingga menyebabkan bau mulut.

Baca Juga : Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur

2. Hindari Makanan yang Berbau Menyengat

Tentu kita sudah sering mendengar bahwa makanan berbau menyengat seperti jengkol dapat memperparah bau mulut. Maka dari itu, sebaiknya kita menghindari memakan makanan ini, terutama saat sahur. Anda dapat menggantinya dengan memakan sayur atau buah buahan yang tidak berbau menyengat.

3. Minum Banyak Air Putih

Minum Air Putih
Minum Air Putih

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mulut yang kering menyebabkan kadar air liur berkurang, sehingga menyebabkan bau mulut. Maka dari itu, saat sahur utamakan untuk banyak meminum air putih. Selain mencegah bau mulut, minum banyak air putih juga mencegah dehidrasi saat berpuasa.

4. Menggosok gigi dan Lidah dengan Bersih

Gigi dan lidah yang tidak bersih dapat menjadi sumber bau mulut. Maka dari itu, disarankan untuk membersihkannya dengan benar. Untuk membersihkan lidah, Anda bisa membeli pembersih lidah khusus atau dengan sikat gigi yang secara praktis sudah menyediakan pembersih lidah.

5. Berkumur dengan Obat Kumur Anti Bakteri

Sikat gigi dapat membersihkan 60% bagian mulut. Untuk membersihkannya secara menyeluruh, berkumurlah dengan obat kumur anti bakteri. Hal ini tentunya dapat mengatasi bau mulut saat puasa. Agar lebih aman, konsultasikan dengan dokter Anda soal pasta gigi, sikat gigi, dan obat kumur mana yang cocok untuk Anda.

8

No Responses

Write a response