makanan sehat saat buka puasa

6 Rekomendasi Makanan Sehat Terbaik untuk Buka Puasa

Makanan Sehat Saat Berbuka – Saat buka puasa adalah saat dimana kita merasakan kenikmatan dari berpuasa. Saat berbuka, kita merasa segar kembali dan tubuh kembali mendapat asupan makanan serta minuman.

Sama dengan saat sahur, berbuka puasa pun kita harus memilih makanan dengan baik dan tentunya sehat. Saat berbuka, perut akan kosong, maka makanan atau minuman yang masuk harus diperhatikan sebaik mungkin.

Makanan Sehat Untuk Berbuka

Nah, kali ini ceritasehat.com akan memberikan tips dan info makanan sehat terbaik yang bisa jadi pilihan untuk berbuka. Berikut jenis jenis makanan yang baik dan dianjurkan tersebut:

1. Kurma

Kurma
Kurma

Bulan puasa tanpa adanya kurma tentunya seperti ada yang kurang. Sama seperti hal nya makanan sehat saat sahur, kurma juga baik dikonsumsi saat berbuka. Selain enak dan bergizi, makanan ini juga disunnahkan.

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthob (kurma basah), maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.”

(HR. Abu Daud dan Ahmad. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).

Selain dianjurkan dalam agama, kurma cocok sekali dimakan saat perut dalam keadaan kosong. Saat berbuka puasa, sebaiknya kita tidak memakan makanan dalam jumlah besar terlebih dahulu. Makanlah makanan yang manis dan ringan, dan kurma bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kurma mengandung 3 jenis gula yaitu fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Ketiga jenis gula ini dapat menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

2. Buah – buahan Segar

Sudah bukan rahasia lagi bahwa buah-buahan memiliki manfaat besar untuk tubuh. Buah adalah makanan yang cocok untuk berbuka karena mudah dicerna untuk usus.

Namun, jangan memilih buah-buahan yang terlalu asam. Pilihlah buah yang kaya akan air untuk mengatasi dehidrasi, seperti semangka, anggur, apel, dan sebagainya.

Pisang dan pepaya juga bisa menjadi pilihan karena buah tersebut dapat mengembalikan energi yang hilang serta mudah dicerna oleh tubuh.

3. Ikan

ikan bakar
ikan bakar

Makanan sehat ini merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Saat berbuka puasa, ikan dapat menjadi pilihan tepat sebagai pendamping nasi. Ikan dapat disajikan dalam bentuk ikan bakar. Direkomendasikan untuk memilih ikan mas, gurami, kakap, atau dorang untuk dikonsumsi.

Agar mendapat manfaat untuk kesehatan, disarankan untuk tidak membakar ikan dengan mentega. Gunakan olive oil sebagai pengganti mentega. Untuk bumbu ikan, bisa menggunakan kecap manis, cabe, merica, atau jeruk nipis. Selain itu, jangan membakar ikan sampai gosong. Karena daging ikan yang gosong dapat meningkatkan resiko kanker.

4. Daging

Tidak masalah jika memasukkan menu ini dalam menu berbuka. (menu makanan berat). Namun, pastikan bahwa daging tersebut telah dihilangkan kulit dan lemaknya sebelum diolah.

Daging tersebut dapat diolah dengan cara dipanggang. Untuk bumbunya, Anda bisa menggunakan perasan lemon, merica, dan sedikit garam. Yummyyy.

5. Ayam

Ayam juga baik dan sehat untuk dikonsumsi saat berbuka. Pengolahannya dapat dengan cara di sup, soto, maupun dipepes.

Sebisa mungkin, hindari menggoreng ayam dengan tepung seperti makanan fast food untuk berbuka.

6. Sayur – sayuran

Sayur - sayuran sehat
Sayur – sayuran

Selain memakan makanan di atas, jangan lupa untuk tetap memasukkan menu satu ini saat berbuka. Saat berbuka, kita perlu untuk tetap memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. Salah satunya dengan memakan sayur – sayuran yang sehat.

Sayuran yang direkomendasikan adalah sayuran hijau karena mengandung banyak nutrisi seperti serat, protein, mineral, dan juga vitamin.

1

No Responses

Write a response