makanan sehat untuk sahur

4 Makanan yang Sehat Untuk Sahur

Makanan sehat saat sahur – Bulan ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim. Bulan penuh rahmat ini dimanfaatkan untuk beribadah sebaik-baiknya karena pahala akan dilipatgandakan.

Salah satu ibadah yang dilakukan di bulan ramadhan adalah berpuasa. Orang-orang beriman diwajibkan berpuasa, menahan haus dan lapar dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Agar sanggup melaksanakan ibadah puasa, kita dianjurkan untuk memakan sahur. Sahur ini biasanya dilakukan dari sepertiga malam sampai waktu subuh hampir tiba. Untuk memaksimalkan sahur tersebut, tentunya kita harus memikirkan menu sahur terbaik untuk kesehatan dan kesanggupan kita saat berpuasa.

Makanan Sehat Untuk Sahur

Nah kali ini, ceritasehat akan memaparkan menu menu terbaik yang bisa disantap saat sahur. Menu ini tentunya sehat dan baik untuk dikonsumsi. Yuk kita simak!

1. Kurma

Menjalani bulan puasa tanpa adanya buah yang satu ini tentunya akan terasa kurang. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

نِعْمَ سَحُورُ الْمُؤْمِنِ التَّمْرُ

’Sebaik-baik sahurnya orang mukmin adalah kurma.’ (HR. Abu Daud 2345, Ibnu Hibban 3475 dan dishahihkan al-Albani dan Syuaib al-Arnauth).

Ternyata, selain dianjurkan, kurma juga memiliki manfaat untuk kesehatan. kurma mengandung 3 jenis gula yaitu fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Ketiga jenis gula ini dapat menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

Selain itu, kurma juga kaya akan serat sehingga kita tidak akan mudah lapar selama menjalani puasa. Maka dari itu, kurma adalah salah satu makanan sehat untuk sahur.

2. Makanan Kaya Protein

Makanan yang Mengandung Protein
Sumber: poradnikzdrowie.pl.com

Saat berpuasa, penting juga untuk memnuhi semua kebutuhan gizi kita. Salah satunya adalah protein. Memakan makanan sehat yang memiliki kandungan protein seperti ikan, telur, ayam, yogurt, dan lain sebagainya.

Makanan kaya protein ini berfungsi untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh kita. Selain itu, protein dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga kita tidak gampang sakit. Tentunya mau dong tubuh tetap sehat agar ibadah lancar.

Lihat : Contoh Makanan yang Mengandung Protein

3. Sayur dan Buah-buahan

Makanan yang kaya akan vitamin juga diperlukan saat sahur. Buah-buahan memiliki kandungan yang dapat membantu berbagai metabolisme dalam tubuh. Selain itu, buah-buahan dapat membantu kita untuk lebih segar dalam beraktivitas.

Sama dengan kurma, sayur-sayuran juga memiliki serat yang tinggi. Serat yang tinggi pada makanan mampu membuat kita merasa kenyang sedikit lebih lama.

4. Beras Merah

Karbohidrat kompleks yang ada pada beras merah, penting untuk membuat kita terasa cukup kenyang sepanjang hari. Selama kurang lebih 14 jam saat berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan makanan. Maka dari itu, penting untuk menyantap makanan yang lambat dicerna tubuh seperti nasi dari beras merah ini.

Biasanya, kita sering mencari beras putih sebagai sumber karbohidrat utama. Namun, akan jadi lebih baik jika mengkombinasikan beras putih dengan beras merah. Dengan adanya karbohidrat kompleks, pengolahan karbohidrat menjadi energi membutuhkan waktu yang lama, sehingga tubuh akan tahan berjam-jam tanpa asupan.

7

3 Responses

  1. Rodhia Ramdhani
    May 6, 2019
  2. Mama Indri
    May 6, 2019
  3. yola widya
    May 6, 2019

Write a response