ciri-ciri pasangan tidak subur

Ketahui 6 Tanda Pasangan Anda Tidak Subur Berikut Ini!

Beberapa pasangan yang sudah rutin dalam melakukan hubungan seksual, namun tidak kunjung mendapatkan momongan maka patut untuk berhati-hati. Hal ini terjadi pada sebagian orang meskipun tidak menggunakan alat kontrasepsi. Bisa jadi, itu merupakan pertanda ketidaksuburan. Yuk ketahui 6 tanda pasangan Anda tidak subur berikut ini!

Ketidaksuburan tersebut tentunya akan mempengaruhi Anda untuk tidak bisa memiliki keturunan bukan. Padahal keturunan adalah hal yang paling didambakan oleh pasangan suami istri. Bahkan terkadang keutuhan rumah tangga harus dipertaruhkan jika berhubungan dengan hal yang satu ini.

Masa subur adalah saat yang paling tepat bagi pasangan untuk berhubungan suami istri jika segera mendapatkan momongan. Masa subur wanita dapat dihitung setelah menstruasi pada hari ke 7 hingga 14. Perhitungannnnya juga bisa dilakukan menggunakan kalender masa subur untuk lebih mudah dalam mengingatnya.

Tanda-tanda Pasangan Tidak Subur

ciri-ciri pasangan tidak subur

Bagi yang sudah menghitung masa subur dan tak kunjung dapatkan momongan, patut diketahui beberapa gejala ini menunjukkan pasangan tidak subur. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Kebanyakan diantara wanita menyepelekan hal ini, padahal siklus menstruasi memiliki peran yang sangat penting untuk melihat kesuburan seorang wanita. Ketika siklusnya tidak teratur, hati-hati mungkin ada masalah hormon yang terjadi pada Anda. Atau mungkin menstruasi yang terlalu pendek hingga terlalu panjang, bisa menjadi tanda rahim yang tidak subur.
  2. Usia sudah melebihi 35, wanita di kemudian hari akan mengalami yang namanya masa menopause. Sehingga membuat kesempatan untuk mendapatkan momongan akan sulit. Apalagi ketika sudah menginjak usia lebih dari 35 tahun, karena hormon-hormon yang berhubungan dengan reproduksi sudah mengalami penurunan jumlahnya.
  3. Masalah berat badan, seperti diantaranya memiliki berat badan yang terlalu kurus atau sebaliknya obesitas atau kegemukan. Mereka yang memiliki berat badan tidak normal yaitu terlalu kurus, umumnya 4 kali lebih lama mendapatkan momongan. Begitu juga dengan yang obesitas, akan 2 kali lebih lambat untuk hamil. Sehingga sebisa mungkin jagalah berat badan agar berada dalam batas ideal.
  4. Menderita penyakit kronis, keberadaan penyakit-penyakit berbahaya yang menyerang tubuh. Seperti diantaranya adalah kencing manis atau diabetes meloitus, hipertiroid, yang membuat seseorang harus mengkonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu lama. Nantinya juga akan mempengaruhi kemungkinan untuk hamil menjadi lebih kecil, bahkan bisa menyebabkan kemandulan.
  5. Pernah terkena kanker di masa lalu. Perawatan atau pengobatan terhadap kanker layaknya kemoterapi ini nantinya akan merubah hormon-hormon yang berhubungan dengan reproduksi. Sehingga membuat seseorang sulit untuk hamil.
  6. Pernah mengalami penyakit menular seksual, riwayat terkena klamidia atau mungkin gonorea, hal ini bisa menyebabkan Anda akan kesulitan untuk hamil.

Baca juga: 6 Manfaat Natur E untuk Wajah & Kesuburan

Jika memang sudah mengalami beberapa gejala ketidaksuburan, lebih baik konsultasikan ke dokter jika ingin dapatkan keturunan.

7

No Responses

Write a response