cara membersihkan botol susu

Tips Jaga Botol Minum Susu Bayi Untuk Orang Tua Baru

Beberapa orang tua memiliki botol susu bayi yang jumlahnya lebih dari satu, sehingga tidak perlu gunakan cara cuci kering pakai. Ketika satu botol sudah kotor, kita tinggal mengganti dengan botol lain yang sudah bersih. Namun jika Bunda memilih untuk memiliki satu botol susu saja, itu juga tidak apa. Namun yang perlu Bunda perhatikan adalah cara menjaga kehigienisan botol susu bayi tersebut.

Cara yang paling mudah dilakukan orang tua untuk menjaga kebersihan botol susu anak adalah dengan cara mencuci. Agar botol susu Si Kecil tetap bersih dan higienis, Bunda dapat mencucinya dengan menggunakan sabun khusus seperti sleek baby.

Cara Membersihkan Botol Susu

Berikut adalah cara membersihkan botol susu yang bisa dilakukan:

  • Setelah botol susu digunakan, bersihkan botol menggunakan air hangat dan sabun. Jangan biarkan sisa susu tertinggal lama di dalam botol karena akan mengental dan mengeras sehingga menyulitkan saat akan dibersihkan. Tak hanya itu, sisa susu dalam botol juga berpotensi kuman masuk dalam botol.
  • Gunakan sabun pembersih khusus untuk membersihkan botol bayi.
  • Lepas seluruh bagian-bagian botol susu agar Bunda bisa menjangkau secara menyeluruh dan membersihkannya secara maksimal.
  • Saat Anda membilas botol, pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal. Karena sedikit saja ada sisa sabun yang tertinggal, dapat merubah warna botol akibat susu yang mengental. sebaiknya ganti dengan menggunakan botol baru. Biasanya perubahan warna ini, dikarenakan akumulasi lemak susu karena pembilasan yang kurang maksimal. Kondisi ini bisa menyebabkan keracunan sabun yang tidak disengaja yang akan terminum Si Kecil.
  • Jika ada alat pengering berupa lap, harus dipastikan lap tersebut juga bersih. Minimal anda mencucinya setelah digunakan untuk mengeringkan botol susu.
  • Biarkan botol benar-benar kering sebelum digunakan atau sebelum Mama menyimpannya di lemari es.

Sekian artikel mengenai metode pencucian botol susu bayi. Artikel selanjutnya mungkin akan membahas mengenai metode atau cara memandikan bayi yang benar agar bayi nyaman, bersih dan anda pun tidak merasa kesulitan saat melakukannya.

4

No Responses

Write a response