mengatasi depresi

5 Cara Mengatasi Depresi dengan Gaya Hidup Sehat

Depresi kerap kali muncul tanpa ada tanda yang jelas. Saat ada tekanan yang muncul, emosi dan perilaku menjadi tidak stabil. Mengatasi depresi yang berlarut-larut tentu tidak mudah. Belum lagi depresi tersebut dapat mengganggu kesehatan.

Selain mengganggu kesehatan sendiri, depresi juga berdampak buruk pada orang disekeliling kita. Emosi yang tidak stabil bisa saja diarahkan kepada orang-orang terdekat dan tersayang. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi depresi sejak dini.

Gaya Hidup Sehat untuk Mengatasi Depresi

Mengatasi depresi tidak harus selalu menggunakan obat-obatan kimia. Mengatasi depresi dengan memperbaiki gaya hidup adalah cara yang aman dan mempertahankan pikiran kita agar tetap jernih. Berikut gaya hidup sehat yang dapat mengatasi depresi.

1. Meditasi dan Yoga

Yoga
sumber: gunadarma.ac.id

Yoga adalah aktivitas olah tubuh yang berfokus pada kekuatan, fleksibilitas, dan pernafasan. Yoga juga dapat membantu mempertahankan fokus serta menenangkan diri. Meditasi dan Yoga tentunya akan sangat membantu mengurangi rasa stress ketika depresi muncul. Jadi, saat depresi muncul, lakukanlah Yoga dan meditasi selama 15 – 20 menit.

Selain bermanfaat untuk mengatasi depresi, meditasi dan Yoga juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan otak. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan daya ingat dan kreativitas seseorang.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Setiap makanan yang kita konsumsi memiliki susunan bahan kimia, nutrisi, hormon, dan banyak lagi. Ternyata, makanan yang kita konsumsi juga dapat mempengaruhi mood dan kondisi psikologis. Tentunya memilih makanan yang sehat adalah cara terbaik untuk mengatasi depresi yang sedang terjadi.

3. Menghirup Udara Segar

Cara meningkatkan kreativitas dengan istirahat
Sumber: i1.wp.com

Mengapa orang – orang diperkotaan lebih rentan terkena depresi? Hal tersebut dikarenakan kondisi perkotaan sangat padat dan udaranya sudah tercemar. Padahal, udara segar dibutuhkan bagi tubuh dan otak agar pikiran tetap jernih,

Maka dari itu, saat depresi sedang melanda, cobalah untuk mencoba mencari tempat dengan udara segar alami. Mungkin dengan liburan singkat ke wisata alam dapat membuat pikiran lebih rileks.

4. Tertawa

Tahukah kamu? tertawa dapat meningkatkan respons tubuh dalam menurunkan tingkat stres Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa
tertawa menurunkan setidaknyatiga hormon stres yakni kortisol, epinefrin, dan dopac. Masing-masing dari hormon stres ini dilaporkan menurun sebanyak 39 persen, 70 persen, dan 38 persen.

Biasanya, dengan tertawa kita dapat merasakan perasaan lega. Meskipun efek ini biasanya hanya muncul dalam jangka pendek, namun ada juga terapi tertawa yang dapat mengatasi depresi dalam jangka panjang.

5. Olahraga Ringan

Selain dapat menyehatkan tubuh, olahraga juga dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan rileks. Olahraga tidak harus dengan lari, berenang, atau angkat beban. Berlari-lari kecil setiap paginya juga dapat membantu menenangkan pikiran.

Disarankan olahraga dilakukan di pagi atau sore hari. Karena saat itu matahari tidak terlalu terik dan olahraga dapat lebih nyaman dilakukan. Terlebih lagi jika dilakukan di pagi hari, pada saat itu udara pagi sangat bermanfaat untuk mengatasi depresi.

8

No Responses

Write a response