manfaat rekreasi bagi anak

Manfaat Rekreasi bagi Anak, Bikin Makin Kreatif

Tidak hanya orang dewasa, banyak yang tidak menyadari bahwa anak juga butuh rekreasi. Namun, tujuan rekreasi anak tentunya berbeda dengan orang dewasa. Mau tau manfaatnya? Ternyata inilah manfaat rekreasi bagi anak.

Baca juga: Nikmati Pesona Pulau Cubadak untuk Bulan Madu

Banyak manfaat rekreasi bagi anak yang tidak diketahui orang sekitarnya. Waktu dan biaya terkadang menjadi alasan sebagian orang tua untuk menunda jadwal rekreasi Si Kecil. Padahal, seharusnya hal ini dianggarkan karena bagian dari stimulan bagi perkembangan Si Kecil.

Tahukah Bunda tentang Manfaat Rekreasi bagi Anak?

manfaat rekreasi bagi anak
sumber: zaraeadiecounselling.co.uk

Apa yang dirasakan kita saat pulang dari rekreasi? Lelah itu pasti, namun pasti ada kesan yang membuat hari hari beikutnya lebih semangat dong pastinya. Tanpa kita sadari bahwa rekreasi bermanfaat bagi tubuh dan pikiran kita. Nah, apa saja sih manfaat rekreasi bagi anak?

Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Mengunjungi suatu tempat akan membuat anak bertemu dengan orang baru selama perjalanan maupun di tempat tujuan. Berkenalan dengan orang baru akan membuatnya semakin percaya diri.

Terutama jika kenalan barunya tersebut seusia dengannya. Saat bermain bersama, komunikasi keduanya akan meningkatkan rasa percaya diri. Rasa takut perlahan pergi dan perlahan berubah menjadi keberanian. Keberanian untuk menyapa, berbincang, dan bermain bersama.

Memberikan Kesan Baru pada Anak

Mengujungi tempat rekreasi yang berbeda setiap bulannya akan meninggalkan kesan baru bagi Si Kecil. Pangalamannya berkunjung ke suatu tempat dapat dimanfaatkan orang tua sebagai bahan cerita oleh Si Kecil.

Terlebih lagi jika tempat yang dikunjungi adalah tempat wisata alam. Melihat keindahan alam dengan ragam tanamannya dan bindatangnya, air terjun, maupun permainan pasir di pantai. Hal tersebut akan menjadi pengalaman berhagra bagi dirinya.

Meningkatkan Kreativitas Anak

Wah, ternyata rekreasi juga dapat meningkatkan kreativitasan Si Kecil lho, Bu. Misalnya saat rekreasi ke pantai, kekreativitasan Si Kecil akan muncul melalui bentuk-bentuk yang ia buat dengan media pasir.

Baca juga: 15 Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Kreativitas

Selain itu, berkunjung ke tempat baru akan membuat rasa ingin tahunya meningkat sehingga orang tua juga harus siap dengan ragam pertanyaan darinya.

Meningkatkan Kesehatan

Berbagai aktivitas fisik yang dilakukan saat rekreasi membuat anak semakin sehat. Sehatnya sinar matahari pun dapa dirasakannya saat rekreasi di pagi hari.

Membuat Pikiran Menjadi Rileks

Tidak hanya orang dewasa yang akan merasakan rileks saat rekreasi. Rasa rileks ini pun akan dirasakan Si Kecil, apalag jika tempat rekreasinya merupakan wisata alam.

Udara yang masih bersih dan hembusan angin yang tenang akan membuat pikiran fresh kembali. Namun, sayangnya masih banyak yang tidak sadar akan hal ini. Padahal, dengan pikiran yang rileks, Si Kecil akan menjadi pribadi yang tenang dan cenderung dapat mengontrol emosi.

Memperkuat Bonding antar Anggota Keluarga

Melakuan aktifitas bersama membuat hubungan semakin hangat. Begitupula saat Bunda memutuskan untuk rekreasi bersama keluarga. Saat bekerjasama dalam mendirikan tenda, komunikasi dan kekompakan antar-anggota keluarga dapat membantu meningkatkan bonding didalamnya.

Nah itulah beberapa manfaat rekreasi bagi anak yang perlu diperhatikan oleh Ayah dan Bunda. Yuk meluangkan waktu untuk rekreasi keluarga. Jadi, sudahkah Ayah dan Bunda menentukan destinasi wisata selanjutnya?

4

No Responses

Write a response