Manfaat Menulis

Manfaat Menulis Untuk Pengembangan Diri

Menulis adalah hobi yang bermanfaat. Dengan menulis, kita dapat menebarkan pemikiran dan manfaat kepada para pembaca. Banyak sekali orang yang hobi menulis, namun tidak konsisten melakukannya. Padahal, menulis tidak hanya bermanfaat bagi pembacanya saja, namun juga bagi penulis itu sendiri.

Nah, apa saja manfaat menulis tersebut dan kaitannya dengan pengembangan diri? Simak ulasan berikut ini:

1. Menulis Meningkatkan Daya Ingat

manfaat menulis

sumber gambar: sains.kompas

Sering lupa akan sesuatu? Pasti kita sering dibuat kesal dengan ingatan kita sendiri yang kadang suka mendadak hilang di saat sedang dibutuhkan. Ternyata, jika Kamu tekun menulis, kamu bisa meningkatkan daya ingatmu lho.

Dengan sering menulis, otak kita akan diminta untuk terus bekerja dan mengingat apa yang akan kita tulis. Otak juga diajak untuk berpikir sistematis dengan mengetahui bagaimana menyusun kata yang mudah dipahami oleh pembaca. Menulis dengan rutin dapat membangkitkan kinerja otak hingga level tertingginya.

Ibarat sebuah pisau yang makin di asah makin tajam, begitu pula dengan menulis. Semakin kita mengasah otak untuk berpikir tentang tulisan, maka akan semakin kuat kinerja otak dalam menjaga ingatan agar dapat tahan lama.

2. Menulis Dapat Menjadi Sejarah dan Eksistensi Diri

Seperti yang pernah dikatakan oleh Pramoedya Ananta Toer, “Jika engkau ingin mengenal dunia, maka membacalah. Namun, jika engkau ingin dikenal oleh dunia, maka menulislah.”

Menulis dapat membuat rekam jejak tentang karya kita untuk dapat terus dibaca dan menjadikan karya tersebut bermanfaat secara berkelanjutan. Tentunya kita paham bahwa menebar manfaat bahkan setelah sang penulis tiada akan mendatangkan pahala yang mengalir terus menerus untuk sang penebar manfaat itu sendiri.

Jadi, buat kamu yang merasa tidak konsisten dengan hobi menulismu, cobalah untuk mengubah orientasi menulis tersebut. Beberapa orang yang tidak konsisten menulis mengatakan bahwa tulisan mereka tidak dapat terkonversi menjadi uang. Padahal, penulis-penulis yang berhasil kebanyakan tidak menjadikan uang sebagai tujuan utamanya, melainkan ingin menulis sesuatu yang bermanfaat untuk pembacanya.

3. Menulis Menghasilkan Ide-ide Baru

manfaat menulis

sumber gambar: irscom.com

Seseorang yang terbiasa menulis tentunya paham bahwa hal tersulit dari menulis bukanlah gaya tulisan dan cara menulisnya. Ide terbaiklah yang menjadikan tulisan tersebut semakin mahal. Dengan memaksa otak untuk menemukan ide-ide baru, maka kita akan semakin terbiasa untuk memunculkan ide dan solusi suatu permasalahan.

Karena itulah para penulis handal biasanya menjadi tempat bertanya bagi orang sekelilingnya. Hal itu dikarenakan seorang penulis terbiasa menemukan ide dan solusi dari setiap permasalahan yang ia jumpai. Selain itu, adanya ide baru yang terus bermunculan juga merupakan tanda bahwa Kamu menjadi lebih kreatif. Menulis dapat meningkatkan kreativitas seseorang.

4. Menulis Membuat Seseorang Lebih Produktif

Apa yang kamu lakukan di masa senggang? Melamun? Bermain Game? Atau hanya menutup dan membuka sosial mediamu? Kegiatan tersebut tidaklah salah. Namun, alangkah lebih baik jika masa-masa senggang kita diisi dengan hal-hal yang produktif. Jangan biarkan rasa malas menguasai hati dan pikiranmu yang penuh dengan ide brilian itu.

Tuangkanlah keresahan, kebahagiaan, opini, maupun ilmu yang Kamu miliki ke dalam sebuah tulisan. Dengan begitu, Kamu dapat mengisi waktu luangmu dengan lebih baik dan produktif.

5. Menulis dapat Menghasilkan Uang

Siapa bilang menulis hanya untuk mengisi waktu luang saja? Menulis juga dapat menghasilkan lho. Dengan rajin menulis, kamu dapat menambah uang jajan juga. Bahkan tidak sedikit penulis-penulis yang menjadikan karya-karya tulisnya sebagai mata pencaharian utama mereka.

Blogger misalnya, tidak sedikit dari mereka yang mendapatkan banyak uang melalui tulisan-tulisannya. Tidak hanya melalui iklan banner, namun banyak pula yang mendapat pesanan artikel dari brand-brand ternama.

Bagi kamu yang suka menulis di blog, ayo kembangkan terus blognya. Usahamu tidak akan mengkhianati hasil yang didapat. Banyak juga platform-platform yang membantu blogger-blogger untuk mendapatkan job. Sosiago.id adalah salah satu platform yang menjadi tempat pertemuan blogger dengan brand yang ingin beriklan melalui tulisan.

Nah, kalau kamu ingin menjadi seorang influencer, segera coba Sosiago influencer marketing. Sudah banyak blogger yang mendapatkan tambahan uang jajan dari sana.

3

No Responses

Write a response