manfaat ciplukan

Manfaat Daun dan Buah Ciplukan untuk Berbagai Penyakit

Sejauh ini, belum ada nama persatuan untuk buah yang satu ini. Setiap daerah menyebutnya dengan nama yang berbeda-beda. Mayarakat suku jawa menyebutnya ciplukan dan suku sunda menyebutnya dengan cecendet. Meskipun tanaman ciplukan banyak terdapat di pekarangan rumah, namun masih banyak yang belum tahu manfaat buah ciplukan.

Mengenal Ciplukan

manfaat ciplukan

sumber: manfaatinfo76.blogspot.com

Meskipun dahulu tanaman ini banyak tumbuh di sekitar pekarangan, namun kita tetap harus mengetahui ciri-ciri tanaman ini agar tak salah petik. Buah ciplukan hanya terlihat seperti gelembungyang terbuat dari kelopak, didalam kelopak inilah buah ciplukan bersembunyi. Warna buahnya hijau ketika masih mentah dan berubah menjadi kuning ketika sudah matang.

Buah ciplukan memiliki rasanya asam ketika masih mentah, kamudian akan berubah menjadi rasa yang manis ketika sudah matang. Biasanya, tumbuhan ini pendek sehingga kita perlu merunduk ataupun jongkok saat memetik buahnya. Buah ciplukan mempunyai nama latin Physalis angulata. Selain itu buah ciplukan ini juga biasa disebut dengan morel berry ataupun physalis dalam bahasa Inggris.

Sayangnya, buah ini sudah sangat jarang ditemui di  pekarangan. Namun hebatnya justru kita akan dengan mudahnya menjumpai buah ciplukan ketika sedang ada di supermarket atau pasar swalayan.

Soal harga jangan ditanya. Secara logika memang suatu yang sudah langka ditemui akan dibandrol dengan harga fantastis, begitu pula dengan buah yangsatu ini. Belakangan ini, kabarnya buah ciplukan harganya mencapai 600 ribu rupiah perkilogramnya. Buah ini juga banyak dijual secara online.

 

Kandungan Ciplukan

manfaat ciplukan

sumber: breakingnews.co.id

kandungan senyawa yang terdapat di dalam buah ciplukan antara lain ialah  saponin, asam oleat, asam linoleat asam malat, polifenol (dalam bantuk tanin), asam stearat, asam palmitat, flavonoid, vitamin C, kriptoxantin,  alkaloid, asam sitrat, dan fisalin.

Manfaat Ciplukan untuk Kesehatan

Siapa yang menyangka bahwa buah yang sering kita jumpai saat kecil ini memiliki banyak sekali manfaat. Berikut manfaat ciplukan yang jarang diketahui.

  1. Mengatasi Penyakit Kelenjar Getah Bening

Daun ciplukan sudah lama dipercaya sebagai pengobatan alami untuk mengatasi penyakit kelenjar getah bening. Manfaat daun ciplukan ini bisa didapat hanya dengan cara merebus beberapa lembar dari daun ciplukan.

Setelah direbus, hasil rebusan kemudian disaring untuk dapat diminum secara rutin. Eits, jangan lupa diimbangi dengan minum air putih yang cukup ya. Sebab, pemenuhan cairan sangatlah penting bagi tubuh untuk mencegah dari penyebab sakit ginjal .

  1. Mengurangi flu dan demam

Cuaca yang tidak menentu seringkali dapat membuat daya tahan tubuh menurun. Sebagaimana yang sering kita rasakan, flu merupakan penyakit kecil dan spele yang sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Disaat sedang  terserang flu dan demam, diusahakan jangan langsung minum obat ya.

Bagaimanapun, obat yang dijual di apotek pastilah mengandung bahan-bahan kimia sehingga pasti meninggalkan endapan pada ginjal. Untuk mengurangi flu dan demam cobalah mengonsumsi air rebusan daun ciplukan. Flu dan demam berkurang, aktifitas tenang.

  1. Menurunkan kadar kolersterol

Jika merasa sering kesemutan, mudah lelah, ketidakstabilan emosi, nyeri leher dan punggung, hilang keseimbangan, hingga pembengkakansebaiknya waspada dan segera konsultasikan pada ahlinya ya. Sebab, gejala-gejala tersebut merupakan bisa saja mengindikasikan tingginya kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh.

Kadar kolesterol yang tinggi biasanya merupakan suatu ancaman yang membuat takut banyak orang.  Sebab, tinggi kadar kolesterol dapat memicu munculnya penyakit-penyakit lain seperti penyakit jantung dan stroke.

Biasanya seseorang yang bertubuh kurus akan merasa terhindar dari penyakit tinggi kolesterol. Padahal anggapan tersebut salah besar, seseorang yang bertubuh kurus ternyata juga dapat terkena kolesterol tinggi jika tidak bisa menjaga asupan dan pola makan.

Siapa sangka buah ciplukan ini dapat mengatasi kolesterol? Mengkonsumsi buah ciplukan secara teratur disinyalir dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal ini disebabkan oleh adanya asam oleat dan asam linoleat yang terkandung di dalamnya.

Nah, itulah manfaat ciplukan dan cara mengonsumsinya. Ternyata cukup banyak tanaman di sekitar kita yang terlihat spele namun kenyataannya yang kaya akan manfaat. Yuk, jaga alam sekitar kita, rawat dan nikmati manfaatnya.

4

No Responses

Write a response