manfaat daun kersen

Manfaat Daun Kersen dan Cara Mengolahnya

Pernahkah mendengar pohon kersen? Mungkin kita jarang mendengarnya dengan nama kersen. Bagaimana dengan pohon talok atau pohon seri? Pohon yang banyak tumbuh di lingkungan ini ternyata memiliki banyak manfaat dari daunnya loh. Manfaat daun kersen untuk kesehatan dan cara mengolahnya akan dibahas di tulisan kali ini.

Pohon kersen ini biasanya tumbuh di pekarangan. Ciri-ciri pohon kersen diantaranya yaitu buahnya yang berwarna hijau jika masih mentah, dan berwarna kuning hingga merah jika sudah matang. Buahnya tidak mengenal musim. Rasa dari buah kersen ini rasa manis yang khas (jika sudah matang)  sehingga banyak disukai orang. Ternyata  tak hanya buah yang harus dipetik, namun petik juga daunnya yang kaya akan manfaat.

manfaat daun kersen

sumber: karpetsehat.blogspot.com

Manfaat daun kersen ini berasal dari berbagai kandungan zat senyawa yang terdapat di dalamnya. Beberapa kandungan yang terdapat pada daun kersen merupakan senyawa yang sangat diperlukan  bagi tubuh. Kandungan yang terdapat pada daun kersen ini antara lain adalah air, karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, riboflavin, dan niacin.

Tidak hanya itu, daun kersen juga mengandung senyawa lain seperti flavonoid, saponin, tanin dan juga steroid. Melihat begitu banyak dan bergunanya kandungan yang ada dalam daun kersen, tentunya sudah tidak heran jika daun ini memiliki banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah manfaat daun kersen.

Artikel terkait : Manfaat Daun Binahong

Manfaat Daun Kersen

manfaat daun kersen

sumber: manfaat.co.id

  1. Anti peradangan

Daun kersen ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu anti peradangan.  Peranan aktif yang dimiliki daun kersen membuatnya daat melawan bakteri sehingga memiliki fungsi  sebagai anti peradangan atau anti inflamasi.

Selain itu, daun kersen juga dapat digunakan sebagai salah satu obat obat alternatif untuk mengatasi peradangan seperti mengobati peradangan pada kulit atau bisa juga radang pada tenggorokan. Tak hanya itu, daun kersen juga dipercaya mampu untuk mengatasi nyeri pada bagian tubuh lainnya.

  1. Anti Bakteri

Sebagaimana yang dijelaskan pada poin satu bahwa daun kersen berperan aktif melawan bakteri, sehingga daun kersen dapat bersifat sebagai anti bakteri. Bakteri atau virus (yang biasa disebut kuman oleh orang awam) adalah jenis mikroorganisme yang seringkali mendatangkan penyakit pada manusia, baik berat maupun ringan.

Saat daya tahan tubuh (imun) sedang menurun, tidak ada salahnya jika mencoba untuk mengonsumsi daun yang satu ini. Zat flavonoid, tannin dan juga saponin yang terkandung dalam daun kersen dapat digunakan sebagai antiseptik alami yang dapat membasmi berbagai mikroba   yang dapat menyebabkan adanya penyakit bagi tubuh.

Bakteri yang telah terbukti bereaksi terhadap ekstrak daun kersen antara lain ialah P. aeruginosa , E. Coli, S. Aureus dan B. Subtilis. Setiap jenis bakteri dapat mengakibatkan  infeksi yang berbeda pada tubuh.

Bakteri E. Coli merupakan bakteri utama yang menyebabkan diare. Selanjutnya bakteri P. Aeruginosa dapat menyebabkan otitis internal. Kemudian, bakteri S. Aureus dapat menginfeksi saluran pernapasan dan kulit. Serta bakteri B. Subtilis yang pada umumnya dapat menyebabkan kerancunan makanan.

  1. Mengatasi diabetes

Manfaat daun kersen selanjutnya adalah mampu mengatasi diabetes. Masih berkaitan dengan kandungan zat  flavonoid dan saponin yang terdapat di dalamnya, kedua kandungan ini juga ternyata mampu untuk membantu seksresi hormon insulin dalam tubuh sehingga dapat mengatasi diabetes.

Seperti yang telah kita ketahui bahwasannya hormon insulin merupakan hormon yang tugasnya mengontrol kadar gulayang ada dalam darah. Daun kersen mampu membantu mengontrol gula darah sehingga dapat digunakan untuk mencegah diabetes untuk kambuh dan dapat dijadikan pencegahan bagi yang memiliki potensi daibetes.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi tentu dapat membahayakan tubuh. Sebab, meningginya kadar kolesterol dapat memicu penyakit lain yang tak kalah serius seperti stroke dan serangan jantung. Daun kersen dinilai dapat membantu menurunkan sintesis kolesterol juga membantu menurunkan penimbunan lemak dalam pembuluh darah.

Manfaat daun kersen yang satu ini berasal dari kandungan saponin dan flavonoid yang terdapat pada daun kersen. Kedua senyawatersebut memang sudah banyak diteliti mampu menurunkan kadar kolestersol yang terdapat dalam darah. Menurunnya kadar kolesterol yang terdapat dalam darah tentu akan berguna untuk mengurangi risiko dari berbagai penyakit kardiovaskular.

Artikel terkait : Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Cara Mengolah Daun Kersen

Bagaimana cara mengolah daun kersen agar mendapat manfaatnya? Daun kersen belum tersedia ekstraknya dalam bentuk suplemen. Pada dasarnya daun kersen tidak sulit untuk didapatkan, tetapi jika ingin mempersingkat waktu Anda juga bisa langsung membelinya. Daun kersen dijual dalam bentuk masih segar dan juga dalam bentuk kering. Terdapat beberapa cara menggunakan daun kersen untuk obat herbal seperti berikut ini:

  1. Direbus

Cara mengolah daun kersen yang pertama yang dapat dilakukan adalah merebus daun kersen. Caranya adalah dengan merebus s daun kersen (secukupnya) dengan dua gelas air. Tunggu matang hingga air tersisa setengahnya. Saring hasil rebusan dan rebusan daun kersen siap untuk diminum.

  1. Di-jus

Semakin tinggi konsentrasi ekstrak daun kersen, maka efek pengobatannya semakin tinggi.  Blending daun kersen tentu akan menghasilkan konsentrasi yang lebih tinggi dibanding air rebusan. Cuci bersi daun kersen, lalu blend daun kersen  secukupnya dengan menggunakan air matang. Kemudian saring hasil blending dan  jus daun kersen siap untuk diminum.

  1. Diseduh

Selain daat membeli daun kersen kering di pasaran, cara yang satu ini dapat dengan cara membuatnya sendiri tentu dengan bahan daun utamanya yaitu kersen. Keringkan daun kersen selama beberapa hari (di bawah matahari) atau bisa dengan menggunakan oven. Sama seperti rebusan daun kersen, teh daun kersen juga sebaiknya dikonsumsi sebanyak 2 hingga 3 gelas per hari.

  1. Sebagai obat luar

Selain langsung dikonsumsi, daun kersen juga bisa dimanfaatkan sebagai obat luar yang mampu mengobati berbagai peradangan yang terjadi pada kulit. Cara menggunakannya sangatlah mudah,  bisa dengan cara diremas, ditumbuk, atau bahkan dihancurkan menggunakan blender. Setelah berbentuk seperti pasta, segera aplikasikan pada bagian kulit yang mengalami peradangan.

 

Nah, selesai sudah pembahasan mengenai manfaat daun kersen dan cara mengolahnya. Sebaiknya, jangan gunakan ramuan daun kersen ini dalam jangka waktu yang panjang, karena belum diketahui efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan daun kersen ini. Selain itu, belum ditemukan studi lebih lanjut tentang kemanan penggunaan daun kersen sebagai obat pada anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui, sehingga penggunaannya tidak disarankan untuk kalangan tersebut.

1

2 Responses

  1. Reyne Raea
    December 5, 2018
    • Aini
      December 11, 2018

Write a response