kba enggros

Kampung Berseri Astra Enggros Cerdaskan Bangsa

Anak merupakan harta yang sangat berharga. Setiap orang tua pasti berharap anaknya berkembang melebihi dirinya, baik dari sisi kesehatan, ilmu pengetahuan, dan ekonomi. Pada tahun 2017, PT. Astra International Tbk. yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) menyelenggarakan kegiatan Festival Kampung Berseri Engrros Astra (dengan tema Festival Kampung berseri Ramah Anak) di Enggros, Jayapura, Papua.
Pada kegiatan Festival Kampung berseri Ramah Anak tersebut, PT. Astra meresmikan Ruang Bermain Ramah Anak dan Pusat Informasi Sahabat Anak yang tentunya disambut positif oleh warga setempat.

Kehadiran Menteri PPPA dalam Festival

kba enggros

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yakni Prof. Dr. Yohana Susana Yembise, DIP. APLING, MA. Beliau memberikan apresiasi kepada PT Astra yang bersedia merencanakan dan merealisasikan program Kampung Berseri Astra (KBA) Enggros ini.

Kegiatan Kampung Berseri Astra Enggros ini meliputi; program penyediaan pusat informasi sahabat anak, beasiswa, ruang bermain ramah anak, festival permainan tradisional, pelatihan komputer serta bantuan alat sekolah bagi anak Enggros.

Di kesempatan yang sama pula PT. Astra juga turut mendonasikan 500 sepatu dan 2000 tas untuk anak-anak di Kabupaten Asmat. Tidak hanya itu, 1500 kacamata baca pun diberikan secara sukarela oleh PT. Astra untuk anak-anak di Kabupaten Bogen Digoel, juga ada beasiswa, tas dan kacamata yang pastinya disegiakan untuk masyarakat Enggros.

kba enggros

Diselenggarakan pula pasar murah (sembako Rp 50.000), pameran UMKM (kerajinan tangan), pengobatan gratis, pemeriksaan mata & pembagian kacamata. Tak kalah pentingnya juga diadakan juga minum susu bersama dengan Ibu Menteri yang tentunya disukai anak-anak Enggros.

Semangat Warga Enggros dalam Menggapai Cita-Cita

Menteri Yohana percaya bahwa dari tanah Enggros akan lahir calon-calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang asalkan generasi muda dapat membangkitkan semangatnya. Banyak harapan yang disampaikan Menteri Yohana, beliau berharap bahwa seluruh anak Indonesia harus menjadi pribadi yang kreatif serta produktif di tengah tantangan global yang lekat dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sebagaimana telah kota ketahui bahwa bermain merupakan hak setiap anak. Namun, tidak semua permainan yang dimainkan oleh anak merupakan permainan yang baik untuk perkembangan. Seperti halnya saat anak bermain gadget, meskipun salat satu teknologi yang perkembangannya perlu dipelajari, bermain gadget tidaklah disarankan bagi anak. Adanya Festifal Kampung Ramah Anak oleh PT. Astra ini dapat menjadi wadah bermain yang baik bagi anak.

Oleh sebab itu, untuk mewujudkan hak bermain anak, maka pemerintah mendukung yang diiringi dengan terbitnya Pasal 22 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang menyatakan bahwa negara dan pemerintah berkewajiban dan bertanggung jawab memberikan dukungan sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan perlindungan anak.

kba enggros

Bantuan yang diberikan oleh PT. Astra kepada warga Enggrospun dapat menambah semangat bagi siswa-siswa Enggros. Sebenarnya, semangat siswa-siswa Enggros patut dijadikan contoh oleh seluruh anak Indonesia. Bagaimana tidak, walaupun hanya memiliki satu unit PAUD dan jarak tempuh 45 menit menuju sekolah, hal tesebut tidak melunturkan semangat warga Enggros demi menggapai cita-citanya.Seharusnya, kita yang memiliki banyak kemudahan dalam mencari ilmu ini lebih giat dan mencontoh semangat dari saudara kita di Enggros ini.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata implementasi tiga pilar pembangunan yaitu peran dunia dalam upaya pemenuhan hak anak atas pemanfaatan waktu luang, kreatifitas dan budaya, yang merupakan salah satu hak dasar anak yang harus dipenuhi oleh negara. Menteri Yohana berharap PT. Astra dapat menginsiprasi perusahaan lain dalam hal membantu anak-anak Indonesia yang merupakan harapan bangsa.

2 Responses

  1. vivi
    December 8, 2018
    • Aini
      December 11, 2018

Write a response