manfaat daun binahong

Manfaat Daun Binahong untuk Kecantikan & Kesehatan

Daun binahong merupakan tanaman yang kaya akan manfaat. Oleh sebab itulah daun begitu familiar di telinga masyarakat. Selain itu, tanaman ini juga banyak tumbuh di lingkungan masyarakat sehingga mansyarakat sehitar dapat dengan mudah merasakan manfaat daun binahong.

Siapa sangka bahwa daun binahong berasal dari Korea. Daun binahong memiliki nama latin Basella rubra Linn. Berikut ciri-ciri tanaman binahong yang perlu kita ketahui.

Ciri-Ciri Tanaman Binahong

manfaat daun binahong

sumber: cintai.hidup.com

Daun

  • Memiliki tulang daun tunggal.
  • Daun binahong memiliki tangkai yang sangat pendek dan susunannya berseling.
  • Warna daunnya hijau pekat.
  • Bentuknya seperti jantung (love).
  • Berhelai daun tipis dan lemas
  • Pangkal daunnya berlekuk (emerginatus), dan permukaannya licin.

Bunga

  • Struktur bunganya berjenis majemuk bertandan.
  • Bunganya bertangkai panjang.
  • Tangkai bunga tumbuh pada bagian ketiak daun.
  • Mahkota bunga berwarna krem keputih-putihan.
  • Mahkota bunga binahong memiliki lima helai yang tidak beraturan.
  • Panjang mahkota bunganya sekitar 0,5-1 cm.
  • Bunga binahong memiliki aroma yang harum.

Batang

  • Struktur batang bersifat lunak.
  • Batangnya memiliki bentuk silidris dan merambat.
  • Bercabang dan berwarna kemerahan
  • Tekstur permukaan batangnya halus, sedangkan bagian dalamnya bersifat solid.

Akar

  • Akar tumbuhan binahong bentuknya rimpang.
  • Dapat dikembangbiakan dengan cara vegetatif (melalui akar rimpang) maupun dengan cara generatif (melalui biji bunga).

 

Manfaat Daun Binahong

Manfaat daun binahong sangat banyak. Tidak hanya untuk kecantikan, namun juga bermanfaat untuk kesehatan. Berkhasiat pula mengatasi asam urat dan lain sebagainya. Berikut beberapa manfaat daun binahong:

Manfaat Daun Binahong bagi Lambung

Salah satu manfaat daun binahong  yaitu mengobati maag. Penyakit ini biasanya terjadi karena adanya asam lambung berlebih yang diproduksi oleh lambung. Daun binahong dipercaya dapat membuat suasana lambung menjadi normal kembali.

Sifat anti bakteri dan antioksidan yang terdapat pada daun binahong dapat membantu menormalkan kondisi lambung. Untuk memggunakannya, cukup hanya dengan merebus daun binahong hingga airnya menyusut dan hanya menjadi setengahnya saja. Setelah itu saring hasil rebusan,  kemudian konsumsi secara rutin air hasil saringan untuk membantu mempercepat penyembuhan.

Manfaat Daun Binahong untuk Asam Urat

Asam urat terjadi karena menurunnnya kinerja ginjal yang menyebabkan banyak zat purin yang tidak dapat dikeluarkan oleh tubuh.  Asam urat merupakan penyakit yang menyerang bagian persendian pada tubuh. Penderita asam urat akan merasakan nyeri yang hebat pada bagian persendian bahkan sulit untuk menggerakkannya. Oleh sebab itu asam urat dapat menghambat aktifitas sehari-hari.

Daun binahong  sudah dipercaya dapat mengatasi asam urat pada persendian tubuh. Kandungan senyawa yang bersifat antioksidan yang terdapat dalam daun binahong terbukti ampuh dalam meningkatkan kinerja ginjal. Dengan meningkatnya kinerja ginjal, tubuh dapat menyaring zat purin berbahaya yang masuk bersama makanan ke dalam tubuh serta mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh penumbukan kristal asam urat.

Manfaat binahong untuk asam urat dapat dengan mudah didapatkan dengan cara mengonsumsi rebusan daun binahong setiap hari.

Manfaat Daun Binahong untuk Kolesterol

Penumpukan kadar kolesterol dalam darah bisa menyebabkan dampak negatif bagi tubuh. Kolesterol pada pembuluh darah seringkali mengakibatkan adanya plak pada pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena terjadi penyempitan pada pembuluh darah (oleh plak). Adanya penyumbatan ini tentu akan mengakibatkan aliran darah menjadi tidak lancar.Tentunya hal ini membuat kinerja jantung menjadi lebih berat.

Selain bermanfaat untuk asam urat, daun binahong juga dipercaya bermanfaat untuk mengatasi kolesterol yang terdapat pada tubuh. Kandungan senyawa saponin pada daun binahong bermanfaat untuk memecah penumpukan kolesterol. Memecahnya penumpukan kolesterol dapat membuat darah menjadi lebih lancar dan kinerja jantung pun dapat bekerja dengan baik.

Kolesterol tinggi dapat memicu penyakit lain seperti jantung dan stroke sehingga harus segera diatasi.  Manfaat daun binahong untuk kolesterol juga dapat dirasakan dengan cara  mengonsumsi air rebusan daun binahong.

Baca Juga : Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Manfaat Daun Binahong untuk Meredakan Diare

Banyakseklai  hal yang dapat menyebabkan penyakit diare, misalnya kasus keracunan makanan yang telah terkontaminasi bakteri. Daun binahong memiliki sifat anti-bakteri yang juga dapat meredakan diare serta dapat menjaga kesehatan usus sehingga daya tahan tubuh  meningkatkan. Mengonsumsi air rebusan daun binahong dapat mengatasi diare.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Terkadang luka pda kulit memiliki waktu pemulihan yang cukup lama. Terlebih lagi jika luka tersebut parah atau hasil luka ketika operasi. Hal tersebut tentu akan menganggu aktifitas sehari-hari. Daun binahong biasanya digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka, baik luka kecil maupun luka parah. Kandungan senyawa antioksidan di dalamnya sangat berperan penting dalam membantu meregenerasi sel baru sehingga membuat jaringan luka lebih cepat menyatu dan pulih kembali.

Manfaat Daun Binahong Untuk Penderita Diabetes

Ternyata daun binahong juga dapat mengatasi diabetes, lho. Senyawa yang terdapat dalam daun binahong terbukti dapat  meningkatkan kepekaan hormon insulin. Hal ini tentu akan menjaga kadar gula dalam darah menjadi tetap stabil sehingga resiko penyakit lain yang diakibatkan oleh diabetes bisa sedikit berkurang.

Mengobati Keracunan

Saata terjadi keracunan pada sanak famili atau orang sekitar, tentu akan merasakan panik. Mulai sekarang, jangan panik lagi, tenangkan pikiran lalu carilah daun binahong biasanya tumbuh dipekarangan.

Asam oleanolik yang terkandung dalam daun binahong memiliki siifat anti toksin dan antioksidan. Sifat inilah yang mampu meringankan efek racun yang terdapat di dalam tubuh. Oleh sebab itu, daun binahong seringkali dimanfaatkan untuk mengobati keracunan ringan misalnya pada kasus keracunan  makanan.

Selain itu juga daun binahong dapat dimanfaatkan sebagai penanganan pertama pada keracunan akibat gigitan ular ataupun binatang berbisa lainnya sebagai pertolongan pertama sebelum ke dokter.

Mengobati Eksim

Eksim atau yang dikenal sebagai dermatitis atopik dalam dunia medis merupakan sebuah penyakit yang menyerang kulit yang diakibatkan oleh bakteri atau virus. Daun binahong diketahui mampu mengatasi eksim karena sifat anti bakteri dan antioksidan di dalamnya yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan jaringan sel baru. Hal ini membuat eksim menjadi kering lebih cepat. Berilah tumbukan daun binahong secara rutin pada kulit yang terkena eksim untuk mendapatkan pemulihan yang optimal.

Mencegah Resiko Kanker

Sel kanker bisa tumbuh dalam tubuh manusia karena dipengaruhi adanya radikal bebas dan juga makanan (pemicu kangker) yang dikonsumsi secara terus-menerus. Antioksidan yang tinggi dalam daun binahong  atau yang biasa disebut senyawa polifenol sangatlah baik dalam menangkal radikal bebas serta membantu meregenerasi sel dalam tubuh lebih cepat.

Manfaat Daun Binahong untuk Meredakan Batuk

Si Kecil batuk? Jangan khawatir lagi, daun binahong ternyata bermanfaat untuk meredakan batuk juga, lho. Batuk dapt terjadi karena ada suatu benda asing yang menghalangi saluran pernapasan. Efek hangat yang akan ditimbulkan setelah minum rebusan daun binahong dapat melegakan tenggorokan. Pengonsumsian daun binahong ini tidak disarankan bersamaan dengan mengonsumsi obat-obatan dari apotek untuk menghindari turunnya efektifitas pda daun binahong.

Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Jerawat

Biasnaya, jerawat timbul karena adanya akifitas bakteri di dalam jaringan kulit wajah yang tidak dibersihkan secara rutin. Untuk mengobati jerawat dengan daun binahong, cukup hanya dengan menumbuk beberapa lembar daun binahong, kemudian oleskan pada wajah.

Diamkan 15-20 menit atau hingga mengering dengan sendirinya. Kemudian, bilas dengan air hangat hingga bersih. Senyawa anti bakteri yang dimiliki daun binahong inilah yangmenyebabkan daun binahong  juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati jerawat pada kulit yang meradang akibat infeksi bakteri.

No Responses

Write a response