Makanan yang Mengandung Protein

Manfaat & Contoh Makanan yang Mengandung Protein

Protein merupakan cadangan energi kedua setelah karbohidrat. Setelah karbohidrat habis terbakar dan berubah menjadi kalori, giliran proteinlah yang kemudian berubah menjadi kalori, lalu disusul oleh lemak. Sehingga, pemenuhan zat gizi dengan makanan yang mengandung protein sangatlah penting.

Protein adalah salah satu senyawa organik kompleks yang disusun dari beberapa unsur yaitu  C (karbon), H (hidrogen), O (oksigen), dan N (nitrogen). Komponen dasar pada protein adalah senyawa organik sederhana yang dikenal dengan asam amino yang dihubungkan dengan ikatan peptide.

Asam amino dikelompokan menjadi dua jenis, yaitu asam amino esensial dan asam amino non esensial. Asam amino esensial  merupakan asam amino yang tidak terdapat dalam tubuh manusia, sehingga harus didapatkan dari luar (asupan makanan).

Pentingnya protein bagi tubuh

Makanan yang Mengandung Protein

Sumber: Vixen.Daily.com

  • sumber energi

Seperti yang sudah dibahas di awal tulisan bahwa protein dapat menjadi sumber energi kedua setelah karbohidrat. Oleh sebab itu, selain membutuhkan karbohidrat, tubuh juga membutuhkan protein. Tidak hanya karbohidrat, protein juga dapat digunakan sebagai sumber energi dalam tubuh manusia. Makanan yang mengandung protein juga  dapat merawat jaringan tubuh yang rusak dan meregenerasi pembaruan sel lebih cepat.

  • Membantu antibodi

Zat protein yang terdapat dalam tubuh tentu tidak akan tinggal diam menyaksikan tubuh diserang oleh berbagai virus ataupun bakteri. Protein-lah yang akan membantu sel antibodi dalam tubuh untuk mengidentifikasi  serta mengelilingi virus atau bakteri agar tetap terkurung hingga pada akhirnya diatasi oleh sel darah putih.

  • Pemeliharaan dan pertumbuhan sel

Protein sering kali juga disebut sebagai zat pembangun yang ada dalam tubuh manusia. Sebab, Protein dapat berperan aktif dalam pemeliharaan jaringan tubuh, mulai dari rambut, otot, kulit, mata, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, protein sangatlah diperlukan oleh anak-anak. Oleh karena itu, bila daya tahan anak sedang menurun ataupun si kecil terluka, seringlah memberikan asupan protein untuk pemulihan tubuhnya.

Tidak hanya anak-anak, ibu hamil juga wajib mengonsumsi banyak protein agar janin yang ada dalam kandungan dapat tumbuh secara sehat dan lahir sempurna. Inilah salah satu alasan mengapa makanan yang mengandung protein sangatlah penting bagi ibu hamil.

  • Memfasilitasi reaksi kimia

Protein memiliki sifat mampu mengikat hemoglobin serta mengangkut oksigen dari dalam darah. Prosesnya yaitu: hemoglobin yang ada dalam darah mengambil oksigen dari pari-paru, kemudian sel darah merah bergerak mengelilingi tubuh. Pada saat mengelilingi tubuh, hemoglobin kemudian melepaskan oksigen ke sel jaringan tubuh manusia.

  • Membantu proses metabolisme tubuh

Makanan yang mengandung protein juga berperan terhadap proses metabolisme. Salah satu fungsi protein yaitu untuk membantu mengatur proses metabolisme pada dalam tubuh. Protein dimanfaatkan untuk menyeimbangkan asam basa dengan cairan sehingga akan tercipta kestabilan pH cairan dalam tubuh.

 

Jenis makanan yang mengandung protein

Jenis makanan yang mengandung protein terbagi menjadi dua, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani merupakan makanan yang proteinnya berasal dari hewan. Sedangkan, protein nabati merupakan makanan yang kandungan proteinnya berasal dari tumbuhan.

A. Protein hewani

  1. Telur

Sebagai mana kita tahu bahwa telur merupakan makanan yang kaya akan protein. Namun kandungan protein yang tinggi terkadang memicu timbulnya alergi ataupun penyakit kulit lain yang biasa disebut bisul. Oleh sebab itu, anak tubuh yang tidak tahan terhadap produk tinggi protein dapat beralih ke protein lain selain protein hewani.

Contoh telur yang kaya akan protein: semua jenis telur seperti telur ayam, bebek, burung, dan lain sebagainya

  1. Daging

Daging terdiri dari beberapa macam seperti daging merah maupun daging putih. Daging merah adalah sebutan bagi daging yang berasal dari hewan berkaki empat. Sedangkan daging putih merupakan sebutan bagi daging yang diperoleh dari unggas.

Contoh daging: ayam, sapi, kambing dan sejenisnya

Tidak hanya daging, produk olahan daging pun masih memiliki kandungan protein yang tinggi  olahannya seperti nugget, kornet, sosis, fishroll, dendeng, dan produk olahan daging yang lain.

  1. Ikan dan produk hasil perairan

Makanan yang Mengandung Protein

Sumber: poradnikzdrowie.pl.com

Ada ikan yang hidup dan hanya bisa bertahan hidup di air  laut, ada pula yang dibudidayakan pada air tawar. Keduanya memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga sama-sama dibutuhkan oleh tubuh. Selain ikan, produk hasil perairan yang lain juga memiliki kandungan protein seperti udang, lobster, kepiting, cumi, gurita, dan lain sebagainya.

Selain sebagai makanan yang mendandung protein, ikan dan produk hasil perairan lainnya juga merupakan makanan yang baik untuk pertumbuhan otak. Di dalamnya terdapat kandungan yang tidak ditemukan dalam daging yaitu kandungan omega 3, omega 6 dan omega 9 yang baik untuk perkembangan otak. Inilah mengapa mengonsumsi ikan dan hasil perairan lebih baik dan disarankan dibanding mengonsumsi daging.

  1. Susu

Makanan yang Mengandung Protein

Sumber: medicalnewstoday.com

Sebagaimana telur, susu juga merupakan produk hasil kewan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Adakah manfaat susu selain kandungan proteinnya? Ya, tentu saja. Selain mengandung protein, susu juga merupakan sumber kalsium yang sangat peting bagi pertumbuhan tulang dan gigi si kecil. Namun, sebaik apapun kandungan nutrisi yang terdapat pada susu, tentu Air Susu Ibu (ASI) jauh lebih bernutrisi dan dibutuhkan si kecil selama 2 tahun penuh.

Susu yang diperoleh dari hasil hewan pada umunya adalah susu sapi, susu kambing, susu domba, susu kuda, dan susu onta. Tidak hanya susu, produk yang dioleh dengan bahan dasar susu juga mengandung protein seperti keju, yogurt, kefir dan lainnya.

 

B. Protein Nabati

  1. Biji-bijian

Makanan yang mengandung protein

sumber: projectmedia.bg.com

Selain sumber serat yang baik, biji-bijian atau kacang-kacangan ternyata juga merupakan sumber protein bagi tubuh. Biji-bijian yang mengandung protein antara lain biji labu, gandum, biji bunga matahari, quinoa, kedelai, kacang arab dan almond. Produk olahannya seperti tahu, tempe, dan susu kedelai, tofu dan lainnya juga masih merupakan sumber protein, lho.

  1. Sayuran yang mengandung protein

Makanan yang mengandung protein

Sumber: DuniaFitnes.com

Siapa yang tidak suka makan sayur? Selain sumber vitamin dan mineral, ternyata ada juga beberapa sayuran yang mengandung protein seperti brokoli, bayam, jamur, dan masih banyak lagi.

 

Nah, itulah pembahasan mengenai makananyang mengandung protein. Jangan lupa penuhi zat gizi makananmu dengan makanan yang mengandung protein ya.

 

No Responses

Write a response