Macam-macam E-Money di Indonesia

Macam-macam E-Money di Indonesia

Internet sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat. Adanya  internet bermanfaat dalam memberikan dampak positif, seperti mempermudah masyarakat dalam hal mencari informasi dimanapun dan kapanpun. Internet juga sangat berperan dalam membantu komunikasi antar manyarakat yang saling berjauhan hingga terasa dekat. Bahkan, kini Internet juga berkembang dalam bidang perbankan dan memajukan sistem perukaran serta transaksi.

E-Money (elektronik money/uang elektronik) merupakan salah satu produk perbangkan yang memanfaatkan sumber teknologi. e-Money adalah alat transaksi yang memiliki nilai dan tersimpan secara elektronik di dalam sebuah media server atau chip. e-Money bisa digunakan untuk membantu berbagai macam jenis transaksi seperti membayar tarif jalan tol, membayar tiket transportasi umum,  dan berbelanja di tempat yang telah bekerja sama dengan e-Money. Saldo dalam e-Money akan berkurang setelah konsumen menggunakannya untuk sebuah transaksi.

Macam-macam jenis e-Money

1. Telkomsel Tcash

Bagi kamu yang menginginkan layanan keuangan dengan mudah dan praktis, aplikasi Telkomsel  TCash ini pilihan yang tepat. Kamu bisa aktifkan dan langsung nikmati beragam macam kemudahan akses dalam transaksi nontunai melalui aplikasi Telkomsel Tcash ini. Dengan Telkomsel tcash, transaksi semudah menggunakan smartphone di genggaman.

2. OVO

Pada dasarnya, OVO Cash bisa digunakan untuk berbagai jenis transaksi yang tentunya telah bekerja sama dengan OVO menjadi lebih cepat. Sedangkan OVO Points merupakan loyalty rewards bagi yang sudah melakukan transaksi dengan menggunakan OVO Cash utnuk melakukan pembayaran atau transaksi. OVO Points dapat ditukarkan dengan berbagai macam penawaran menarik hingga ditukarkan digunakan untuk transaksi di merchant rekanan OVO.

3. Doku Wallet

DOKU Wallet merupakan sebuah layanan berupa dompet elektronik yang dibuat oleh PT. Nusa Satu Inti Artha. Aplikasi ini yang dilengkapi dengan layanan yang menyambungkan ke kartu kredit dan uang elektronik. DOKU Wallet membuat kamu mudah berbelanja secara online maupun offline di berbagai toko yang sudah bekerja sama dengan layanan DOKU.

4. e-Money Mandiri

e-Money Mandiri merupakan produk e-Money yang diterbitkan oleh Bank Mandiri dalam bentuk kartu untuk melayani transaksi digital. e-Money Mandiri membuat kau bisa melakukan transaksi digital sebagai pengganti transaksi cash. Kartu e-Money Mandiri mendukung teknologi (Radio Frequency Identification) RFID yang dapat memungkinkan pengguna atau pemilik kartu melakukan transaksi melalui sentuhan dalam hitungan detik.

5. Gopay

GO-PAY atau yang sebelumnya disebut sebagai Go Wallet merupakan dompet digital untuk kamu menyimpan GO-JEK Credit kamu yang dapat digunakan untuk membayar transaksi-transaksi yang terdapat pada layanan yang ada di dalam aplikasi GO-JEK. Saat ini GO-PAY sudah terintegrasi dengan bank-bank besar di Indonesia demi kemudahan Anda untuk melakukan isi saldo ke dalam GO-PAY. Beberapa bank besar yang sudah resmi menjadi mitra GO-JEK dalam layanan GO-PAY adalah Bank Mandiri, Permata Bank, BCA, BRI, CIMB Niaga, BNI, juga pengisian saldo Via ATM Bersama dan PRIMA.

Untuk menggunakan GO-PAY, kamu hanya perlu memastikan bahwa saldo GO-PAY yang ada di dalam  GO-JEK-mu mencukupi untuk melakukan transaksi. Namun jika saldo tidak mencukupi, GO-JEK sudah menyediakan layanan transaksi parsial dengan cara membayar dengan saldo GO-PAY, kemudian sisanya bisa dibayarkan dengan uang cash.

6. BRIZZI

BRIZZI merupakan sebuah layanan uang elektronik atau e-Money yang berbentuk kartu dan diterbitkan oleh BRI untuk melayani transaksi digital. Sebagai produk e-Money, kamu bisa menggunakan BRIZZI sebagai pengganti uang tunai untuk membantu melayani transaksi pembelanjaanmu sehari-hari.

Seperti layaknya produk e-Money lainnya, kartu BRIZZI dilengkapi juga dengan teknologi (Radio Frequency Identification) RFID, Teknologi ini memungkinkan pengguna atau pemilik kartu untuk melakukan transaksi pembayaran hanya dengan cara menempelkan kartu pada mesin pembaca dan transaksi sehingga bisa langsung diproses.

7. TapCash BNI

jenis e-money

sumber: kreditgogo.com

TapCash BNI merupakan sebuah produk e-Money atau sama dengan uang elektronik yang dikeluarkan oleh BNI. Produk TapCash BNI dapat digunakan sebagai pengganti uang tunai untuk melakukan pembayaran di tempat perbelanjaan yang telah  kerjasama BNI. Dengan menggunakan layanan ini, kamu bisa melakukan berbagai pembayaran sehari-hari seperti pembayaran  minimarket, restoran, transportasi umum, parkir, dan tempat hiburan.

Nah, itulah produk-produk beberapa e-Money yang terdapat Indonesia. Manakah yang cocok buat kamu? yang manapun yang kamu pakai, tetaplah hemat dalam membelanjakan uang jajanmu yaa.

No Responses

Write a response