manfaat susu kambing etawa

8 Manfaat Susu Kambing Etawa yang Mengagumkan

Tubuh merupakan anugerah dari Allah yang harus kita jaga. Mengonsumsi asupan dengan jandungan nutrisi yang tinggi sama artinya dengan menjaga anugerah dari Allah. Susu kambing etawa merupakan susu yang diperah dari kambing etawa. Kambing etawa merupakan kambing yang asalnya dari India. Kambing jenis ini memiliki 2 tipe fungsi yaitu sebagai kambing pedaging dan kambing perah. Manfaat susu kambing etawa sangatlah penting bagi tubuh.
Susu Kambing etawa memiliki zat gizi tinggi. Manfaat Susu Kambing Etawa menurut penetilian yakni susu yang memiliki kandungan nutrisi serta mineral yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalsium, sodium, fosfor,  serta flourin. Dengan struktur yang hampir sama dengan ASI (air susu ibu), menjadikan susu kambing etawa di klaim sebagai susu nomor dua terbaik setelah ASI. Meskipun demikian, ASI-lah yang paling utama, penting, dan nomor satu. Berikut yang merupakan manfaat susu kambing etawa.

Manfaat Susu Kambing Etawa

Sumber: medicalnewstoday.com

1. Mudah dicerna Tubuh dan Cocok untuk Diet

Menurut penelitian dalam Journal of American Medicine, susu kambing etawa merupakan asupan susu yang paling lengkap kandungannya. Dalam susu etawa terdapat protein, vitamin, mineral, enzim,  unsur kimiawi, elektrolit, dan asam lemak yang diperlukan oleh tubuh kita. Dengan unsur yang  bersahabat dengan lambung tersebut menjadikan susu kambing etawa dapat dicerna dengan mudah dan cepat oleh tubuh. Sistem pencernaan hanya memerlukan waktu 20 menit untuk dapat mencerna susu kambing etawa , tapi memerlukan waktu sekitar 2-3 jam untuk dapat mencerna susu sapi.

Kehabisan cara untuk menurunkan berat badan? Cobalah susu kambing etawa. Seperti yang sudah dibahas bahwa susu ini mudah dicerna oleh tubuh. Struktur lemak dan protein uang terkandung dalam susu kambing etawa ini membuatnya sangat mudah dicerna bagi tubuh. Susu kambing ini juga dapat menekan rasa lapar sehingga efektif untuk seseorang yang sedang menjalani program diet.

2. Alternatif Terapi Pengobatan Gangguan Pernafasan

Manfaat susu kambing etawa yang utama adalah dapat dijadikan sebagai alternatif dalam penyembuhan penyakit TBC, ASMA, dan Flek Paru Paru. Flourin dan betakasein yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk mengobati gangguan pernafasan. Klaim ini sudah banyak dirasakan oleh konsumen yang merasa adanya kemajuan setelah rutin mengkonsumsi susu kambing etawa sebanyak 3x sehari. Namun, buakn berarti bahwa susu kambing etawa merupakan obat, akan tetapi dapat menjadi pilihan bagi penderita gangguan pernafasan. Tidak ada salahnya mencoba alternatif susu kambing etawa ini, sebab selain berkhasiat untuk alternatif pengobatan, susu ini pun baik bagi tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Tulang & Gigi Serta Mencegah Osteoporosis

cara memutihkan gigi

cara memutihkan gigi

Sama dengan manfaat susu beruang, kalsium yang terkandung di dalam susu kambing etawa sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada anak. Susu ini juga dapat mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang) dan pengapuran tulang yang biasanya dialami oleh orang tua dan lansia. Dengan meminum susu kambing etawa secara rutin, pengeroposan tulang dan gigi dapat dicegah sedari dini.

4. Baik untuk Ibu Hamil & Menyusui

Ibu hamil disarankan mengkonsumsi susu kambing etawa. Sebab, susu kambing memiliki kandungan kalsium 6 kali lebih banyak daripada susu sapi. Sebagaimana kita ketahui bahwa kandungan kalsium sangatlah dibutuhkan bagi ibu hamil, terutama pada usia kehamilan 6 bulan keatas. Pada masa-masa inilah tulang janin sudah mulai terbentuk.

Jika ibu hamil kekurangan asupan kalsium, pengeroposan pada tulang rentan terjadi . Bagi ibu yang sudah melahirkan dan memasuki tahap menyusui, ternyata susu kambing etawa juga dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Oleh sebab itulah ibu hamil disarankan mengkonsumsi susu kambing etawa.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan flourin yang lebih banyak daripada susu sapi ini membuatnya dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun.Berdasarkan penelitian, Kandungan flourin yang terdapat dalam susu kambing etawa adalah 10 sampai 100 kali dibanding kandungan flourin yang ada pada susu sapi. Flourin bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh secara alami sehingga susu kambing juga sangat baik bagi anda yang sedang dalam pemulihan pasca sakit.

6. Kesuburan Reproduksi dan Vitalitas

Usia, pola hidup tidak sehat, kelainan alat reproduksi serta kurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terkadang menjadi faktor masalah kesuburan dan gangguan reproduksi . Manfaat susu kambing etawa yang dapat eningkatkan sistem reproduksi pada wanita dan meningkatkan kualitas dan kuantitas seperma dapat dirasakan karena kandungan nutrisi di dalamnya begitu lengkap.

Selain meningkatkan kesuburan, susu kambing etawa juga dipercaya untuk mengatasi frigiditas. Apa yang dimaksud dengan frigiditas? Frigiditas merupakan disfungsi seksual. Frigiditas dapat terkadi pada pria maupun wanita. Mengkonsumsi susu kambing etawa dengan rutin dipercaya mampu membantu meningkatkan vitalitas.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Mitos yang menyebutkan bahwa susu kambing etawa dapat mengobati penyakit jantung tidaklah tepat. Lebih tepatnya, susu etawa ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung bukan mengobatinya. Kandungan kalium (Potassium) yang terkandung dalam susu kambing etawa bermanfaat untuk menetralkan tekanan darah sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kesehatan jantung yang dijaga dengan baik serta lancarnya peredaran darah pada tubuh dapat mencegah penyakit serius seperti penyakit stroke.

8. Cocok bagi Bayi Lactose Intolerant

Kadar laktosa yang tinggi tidak baik bagi penderita lactose-intolerant atau alergi dengan kandungan laktosa mulai dari ringan hingga berat. Penderita lactose-intolerant level berat akan mengalami muntaber, diare, meriang mual, bintik-bintik, dan perut melilit setelah mengkonsumsi produk dengan kadar laktosa yang tinggi.

Contoh produk yang memiliki kadar laktosa yang tinggi adalah susu sapi. Sebagian anak tidak dapat mencerna laktose (lactose intolerat) sehingga asupan susunya harus beralih ke susu lain. Biasanya ibu memilih susu kedelai untuk peralihan. Ternyata susu kambing etawa ini kadar laktosanya rendah dan relatif aman bagi si kecil.

Susu kambing etawa memiliki kadar laktosa yang rendah, oleh sebab itu 90% penderita laktose intolerant dapat mengkonsumsi susu kambing etawa tanpa ada masalah. Bagaimana? Mau mencobanya?

 

Sekian informasi mengenai manfaat susu kambing etawa. Kamu juga bisa cari manfaat berbagai macam produk lainnya di ceritasehat.com.

2 Responses

  1. St. Wahyu
    November 8, 2018
    • Aini
      November 9, 2018

Write a response