manfaat daun bidara

7 Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Bidara dengan nama latin Ziziphus mauritiana, atau yang dikenal dengan Bahasa Arabnya “sidr” adalah jenis pohon yang dapat tumbuh di daerah kering. Tanaman bidara ini memiliki manfaat yang bisa diperhitungkan. Pada tulisan ini kita akan membahas info bermanfaat mengenai manfaat daun bidara dan cara menggunakannya.

Ciri-ciri Tanaman Bidara

Tanaman ini memiliki ciri-ciri berakar tunggang yang mampu tumbuh sampai setinggi 15 meter. Memiliki kulit kayu berwarna cokelat kemerahan hingga keabuan. Tekstur kayunya bersifat keras, halus,  dan tahan lama. Oleh karena itu, kayu bidara sering dijadikan  konstruksi bangunan,  mebel, peti pengemas, bahan kerajinan, perabot rumah tangga, dan kayu lapish. Selain itu, tanaman bidara ini seperti belukar, bagian pohonnya bercabang serta memiliki banyak duri.

manfaat daun bidara

sumber: tanamanmart.com

Bunga bidara memiliki bentuk payung dan tumbuh di bagian ketiak daun dengan panjangnya 1–2 cm. Warna bunganyanya kekuningan dan sedikit harum. Sedangkan, buah bidara berbentuk bulat hingga bulat oval dengan ukuran mencapai 6 cm × 4 cm. Kulit buahnya bermula dengan warna hijau-kekuningan-kemerahan-kehitaman saat buah sudah metang. Daging buahnya berwarna putih, memiliki rasa yang manis saat sudah matang.

Buah bidara memiliki biji yang berwarna krem. Pada dasarnya, biji tersebut adalah tempurungnya. Inti bijinya justru terletak di dalam tempurungnya dan biasanya berjumlah dua biji (ada pula yang hanya satu inti biji). Inti biji inilah yang digunakan untuk pengembangbiakkan dengan cara ditanam.

Kandungan nutrisi buah bidara cukup banyak. Di antaranya, yaitu Gula, Protein, Serat, B1, A, Vit.  dan C, Karoten, Kalsium, Besi, Lemak,  juga Fosfor. Cara mengonsumsinya sangat beragam mulai dari dijadikan minuman segar, dimakan langsung,  dikeringkan, hingga dijadikan manisan. Buah bidara yang masih muda sangat cocok untuk dimakan dengan garam atau sambal dirujak.

Tanaman Bidara sebagai Bahan Pengobatan

Tanaman bidara merupakan sejenis pohon buah yang dibicarakan dalam al-Qur’an dan hadits. Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam alam menggunakan tanaman bidara ini untuk tradisi pengobatan beliau. (Tibbun Nabawi). Tibbun Nabawi adalah segala sesuatu yang disebutkan oleh Al-Quran dan As-Sunnah yang Shahih yang berkaitan dengan kedokteran baik berupa pencegahan (penyakit) maupun pengobatan.

Selepas disebutkan dalam Al-Quran dan Sunnah, ternyata banyak ilmuwan yang meneliti tanaman bidara ini. Setelah diteliti, teruji bahwa tanaman bidara memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Bahkan daun bidara sudah lazim digunakan sebagai pengobatan herbal atau alternatif. Di negara China dan India (yang meruakan negara pembudidaya tanaman bidara terbesar) juga memanfaatkan daun bidara untuk keperluan pengobatan.

Manfaat Daun Bidara

manfaat daun bidara

sumber: panjimas.com

1. Jamu

Jamu merupakan minuman tradisional dari rempah-rempah yang sering dibuat oleh nenek moyak sejak jaman daulu. Daun bidara merupakan salah satu herbal yang dapat digunakan untuk bahan dasar pembuatan jamu. Kandungan antibakterial yang terdapat pada daun bidara dapat mencegah  penyakit yang berasal dari bakteri. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

2. Menyembuhkan Luka

Luka dengan pendarahan yang hebat tentu saja bisa membuat tubuh dapat terinfeksi dengan mudahnya. Saat sedang mengalami hal ini, gunakanlah daun bidara yang telah dibersihkan untuk menghentikan pendarahan. Tak hanya itu saja, daun bidara juga dapat membuat luka pada kulit pulih lebih cepat dan tertutup kembali dengan sempurn sehingga kulit tertutup kembali.

Selain luka pendarahan, ternyata daun bidara juga dapat memulihkan luka bakar sebab daun ini berfungsi untuk meregenerasi sel-sel  baru pada kulit. Daun ini memiliki senyawa yang dapat meringankan luka bakar yang ada pada tubuh. Daun bidara mampu memberikan efek dingin pada kulit yang terbakar. Melakukan perawatan rutin saat mengalami luka bakar akan meminimalisir bekas lukanya.

3 Mencegah Keputihan

Keputihan mengganggumu? Cobalah daun bidara ini untuk mengatasinya. Menjaga kesehatan organ intim merupakan salah satu hal yang penting agar tubuh terhindar dari penyakit, bakteri dan jamur. Salah satu masalah yang kerap terjadi pada daerah kewanitaan adalah keputihan.

Sebenarnya, keputihan adalah hal yang amat wajar, namun pada kondisi tertentu keputihan dapat menjadi peringatan akan kesehatan pada daerah kewanitaan. Untuk mengatasi masalah pada daerah kewanitaan, ada baiknya menggunakan air rendaman daun bidara ketika sedang mandi.  Selain membersihkan daun bidara juga mampu melawan jamur dan bakteri yang terdapat pada kulit.

4. Menurunkan tingkat Depresi

Masalah hidup yang berat terkadang dapat membuat seseorang setres dan depresi. Jika gejala ini sudah terlihat, segeralah mengonsumsi daun bidara. Daun bidara bermanfaat untuk menenangkan syaraf yang tegang sehingga membuat pikiran seseorang menjadi lebih rileks. Mengonsumsi daun bidara dapat dengan cara dijus atau langsung meminum rebusan air dari daunnya.

5. Mengurangi rambut rontok

Sumber gambar: huffingtonpost.com

Rambut rontok seringkali membuat membuat bingung tuannya. Sama dengan manfaat teh basi, daun bidara ini rupanya cukup efektif juga untuk mengurangi rambut rontok. Cara menggunakan daun bidara untuk mengurangi rambut rontok yaitu dengan cara merebus daun bidara dengan air, kemudian basuhlah air rebusan tersebut ke permukaan kulit kepala seperti menggunakan hair tonic. Air rebusan daun bidara juga dapat dicampurkan dengan shampoo andalanmu agar lebih praktis dalam penggunaannya.

6. Mengatasi jerawat

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa pada daun bidara mengandung antibakteria. Selama ini kita mengetahui bahwa antibakteria sangat diperlukan untuk menangani jerawat. Jerawat yang bersumber dari bakteri tersebut akan berkurang dengan cara menggunakan daun bidara sebagai obatnya.

Cara menggunakan daun bidara untuk mengatasi jerawat ini cukup mudah, ambillah 2-3 lembar daun bidara yang sudah dicuci. Tumbuklah daun bidara dalam keadaan basah, kemudian jadikan masker wajah. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian dibilas dengan menggunakan air bersih.

Kandungan antibakteri pada daun bidara juga membuat daun ini dimanfaatkan pada saat pemandaian jenazah, khususnya orang muslim. Selain sunnah, memandikan jenazah dengan menggunakan daun bidara ini dapat memperlambat pembusukan pada jenazah. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antibaketeri dalam daun bidara.

7. Mengatasi Wasir

Manfaat daun bidara yang satu ini belum banyak diketahui secara luas. Tak banyak tahu bahwa  daun bidara dapat menyembuhkan penyakit wasir. Wasir merupakan penyakit yang diakibatkan oleh pembengkakan pada lubang anus yang disebabkan oleh luka pada salurannya.

Pembengkakan  pada lubang anus dapat teratasi dengan cara mengkonsumsi air rebusan dari daun bidara atau jus bidara. Selain itu, manfaat daun bidara dalam mengatasi wasir ini juga bisa dirasakan hanya dengan cara meletakkan daun bidara -yang telah dibasahi dan diremas- langsung pada anus.

Demikian manfaat daun bidara yang telah selesai kita bahas.

Pada dasarnya, daun bidara memang kaya akan manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Namun, untuk menjaga kesehatan dan kecantikan, mengonsumsi daun bidara saja tidaklah cukup. Perlu adanya pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah tubuh dari bahaya penyakit.

Selamat mencoba!

2

No Responses

Write a response