manfaat buah zuriat

Manfaat Buah Zuriat untuk kesehatan

Ada yang pernah mendengar buah zuriat? Buah zuriat masih asing dan sulit ditemukan di Indonesia. Buah zuriyat berasal dari Mesir, memiliki warna kuning kemerahan dan berbentuk lonjong. Kulit luarnya  yang sangat keras membuat buah zuriat mirip seperti  buah kelapa. Manfaat buah zuriat ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai penyubur dan banyak dikonsumsi oleh seseorang yang berikhtiar memiliki anak.

Sebelum kita membahas mengenai manfaat buah zuriat, kita akan bahas mengenai kandungan yang ada pada buah yang sangat bermanfaat ini. Apa saja kandungan yang ada di dalam buah zuriat? Buah zuriat merupakan buah dengan nutrisi yang tinggi. Dalam buah zuriat, terdapat kandungan nutrisi seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin B2, vitamin B1, kalsium,  Viatmin B3, fosfor, dan kandungan nutrisi penting lainnya bagi tubuh yang akan kita bahas dibahasan selanjutnya.

Manfaat Buah Zuriat

 

manfaat buah zuriat

sumber: inilahtasik.com

1. Kaya akan Nutrisi

Selain memiliki nutrisi yang telah disebutkan di atas, buah zuriat juga memiliki kandungan asam linoleat yang cukup tinggi. Asam linoleat merupakan asam lemak kategori asam lemak esensial Omega 6 yang berarti bahwa tubuh tidak bisa memproduksi asam lenoleat sehingga harus didapat dari asupan.

Asam linoneat sangat penting untuk perkembangan otak serta tubuh. Selain itu, asam linoleat juga berperan dalam mengatur sistem saraf memproduksi sel, dan memperkuat sistem kardiovaskular. Buah zuriat juga mengandung saponin, minyak essensial, coumarin,  flavonoid,  dan hydroxycinnamates yang baik untuk tubuh. Dengan adanya nutrisi yang sangat baik bagi tubuh inilah menjadikan manfaat buah zuriat dapat dirasakan oleh tubuh. Selain buah zuriat, konsumsilah susu beruang dan rasakan manfaat susu beruang yang sangat baik bagi tubuh.

2. Antioksidan

Tubuh yang terlalu lama terpapar sinar matahari langsung akan memicu dampak negatifnya. Terlebih bagi seseorang yang tinggal di perkotaan tentu sudah tidak asing dengan makanan junk food, asap rokok dan asap kendaraan yang sudah menjadi ciri khas gaya hidup perkotaan. Jarang sekali orang perkotaan merasakan nikmatnya manfaat embun pagi hari yang dapat menetralisir polusi dan racun dalam tubuh.

Hal-hal yang demikian ternyata menghasilkan radikal bebas dalam tubuh. Untuk menetralisir dampak buruk dari radikal bebas, tubuh membutuhkan zat antioksidan. Buah zuriat merupakan zat antioksidan alami yang dapat mencegah stres oksidatif yang disebabkan oleh dampak dari radikal bebas.

3. Anti Aging

Sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa buah zuriat salah satunya adalah antioksidan, maka otomatis buah zuriat ini juga mampu digunakan sebagai anti aging. Zat antioksidan dapat mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus pada wajah. Wah bagi wanita yang sudah berumur 30-an sepertinya perlu mencoba buah zuriat ya.

4. Anti Alergi

Alergi pada tubuh dapat terjadi karena adanya reaksi secara berlebihan dari tubuh yang sulit menghadapi zat alergen atau benda asing bagi tubuh. Saat alergi, biasanya tubuh akan muncul ruam-ruam merah dan terasa gatal. Kandung flavonoid dan hydroxycinnamates dari buah zuriat menjadikan buah ini memiliki khasiat dalam anti alergi sehingga buah zuriat membantu mengurangi reaksi tubuh yang disebabkan oleh alergen.

5. Mengatasi darah tinggi

Darah tinggi biasa disebut hipertensi di dalam bahasa kedokteran atau medis. Darah tinggi merupakam meningkatnya tekanan darah pada arteri. Peningkatan tekanan darah ini memicu jantung bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah. Jika dibiarkan terus-menerus tentu sangat akan berakibat fatal ya bagi tubuh. Akibat yang mungkin dirasakan jika tekanan darah dibiarkan teru-menerus naik adalah meningkatnya risiko stroke dan serangan jantung. Buah zuriat mampu menurunkan tekanan darah dan mengontrol tekanan darah jika dikonsumsi secara teratur.

6. Mengatasi masalah pencernaan

Sering merasakan sembelit atau susah buang air besar? Yuk coba buah zuriat. Buah zuriat kaya akan serat dan mineral yang tinggi sehingga dapat melancarkan saluran pencernaan. Manfaat buah zuriat dalam melancarkan pencernaan ini belum diketahui masyarakat luas.

Biasanya masyarakat  menggunakan obat pencahar untuk mengatasi masalah pencernaan, namun ternyata mengonsumsi obat encahar tidak baik jika dilakukan terus menerus. Untuk masalah yang bisa diobati dengan bahan alami, biasakan menggunakan bahan alami, seperti mengonsumsi buah zuriat untuk mengatasi pencernaan ini misalnya.

7. Meningkatkan kesuburan

manfaat buah zuriat

sumber: promilqu.com

Nah, pasti manfaat buah zuriat yangsatu ini sudah tidak asing ya. Selain buah kurma muda, buah zuriat juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan. Memiliki keturunan memang hal yang diidamkan pasangan suami istri (pasutri). Terlebih lagi pasutri yang baru menikah dan merupakan anak pertama yang mana anak mereka adalah cucu pertama bagi orang tuanya. Namun yang harus diingat bahwa memiliki keturunan bukanlah kuasa seorang manusia. Manusia hanya bisa berdoa dan berusaha dengan segala cara.

Selain berkonsulitasi dengan dokter, mengkonsumsi buah kurma muda dan buah zuriat juga sering dilakukan sebagai bentuk usaha bagi pasutri. Buah zuriat dipercaya mampu mengentalkan sperma, menyuburkan sperma dan ovum. Buah ini juga juga dipercaya baik dikonsumsi ibu hamil atau wanita yang pernah mengalami keguguran. Hal ini disebabkan oleh fungsi buah zuriat yang berperan untuk menguatkan dinding rahim.

Sejatinya buah zuriat hanyalah sarana untuk berusaha, bukan merupakan penentu kehamilan seseorang. Jadi berdoa dan berusahalah terus menerus, jangan pernah putus asa. Berprasangka baik dan pasrahkan semuanya kepada Sang Maha Pencipta. Bersyukur dengan nikmat yang ada, maka akan ditambah oleh-Nya. Semangat !

Cara Mengkonsumsi Buah Zuriat

Banyak jalan menuju roma, seperti halnya cara mengkonsumsi buah zuriat. Berikut merupakan beberapa cara yang dapat dipilih dalam penyajian buah zuriat.

Cara pertama :

  • Buah Zuriat dibelah menjadi dua bagian.
  • Buah zuriat dirajang-rajang menjadi kecil-kecil (kulit dan isinya)
  • Rebus rajangan buah zuriat dengan segelas air
  • Tunggu hingga air menyusut
  • Minumlah air rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari (pagi dan malam).

Cara Kedua :

  • Potonglah buah zuriat dengan menggunakan pisau besar atau sejenis parang
  • Ambillah bagian daging buahnya saja (yang warna putih), kemudian potong menjadi beberapa bagian.
  • Rebus potongan buah dengan 3 gelas air
  • Biarkan menyusut hingga mendapat tersisa setengahnya
  • Minum air rebusan  secara rutin pada pagi dan malam hari.

Cara ketiga:

  • Kupas 2 buah zuriat, kemudian ambil bijinya
  • Rebuslah kulit dan biji buah zuriat dengan 5 cangkir air selama 15 menit.
  • Setelah matang, biarkan selama 6 jam.
  • Blender kulit buah zuriat bersama air rebusan tadi.
  • Saring dan minum hasil saringannya.

Cara keempat:

  • Ambil dua biji buah Zuriat, kemudian kupas dan pisahnkan dagingnya.
  • Ambil dagingnya kemudian potong kecil-kecil.
  • Rebus potongan daging buah selama ½ jam atau sampai berwarna kecoklatan.
  • Minum air rebusan tersebut secara rutin.
  • Potongan buah dapat digunakan berulang kali hingga tidak menghasilkan warna coklat pada rebusan.

Namun bagi yang lebih menyukai cara praktis, kini tersedia bubuk buah zuriat di pasaran. Selain praktis, bubuk zuriat ini dapat disimpan dalam kurun waktu yang cukup lama dibanding buah aslinya.

Nah selesai sudah bahasan mengenai manfaat buah zuriat ini. Semoga bermanfaat!

 

No Responses

Write a response