manfaat folafit

6 Manfaat Folavit bagi Kesehatan tubuh

Folavit merupakan suplemen yang familiar di telinga kita. Dilihat dari manfaat folavit, tak heran kalau suplemen ini sangat laris di pasaran. Manfaat folavit akan kita bahas dan ulas pada kesempatan kali ini. Folavit adalah suplemen yang memiliki kandungan asam folat. Sebagaimana kita ketahui bahwa asam folat sangat berguna bagi pertumbuhan dan kecerdasan otak. Terlebih bagi anak dan ibu hamil. Banyak dokter yang menyarankan agar ibu hamil mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat demi perkembangan otak janin. Suplemen folavit bukanlah suplemen yang dosisnya sesuai resep dokter, bahkan suplemen ini dijual bebas di pasaran. Yuk kita bahas manfaat folavit bagi tubuh.

Manfaat Folavit

manfaat folafit

sumber: puput.mutiara.com

  1. Suplemen folavit berperan memproduksi sel darah merah

Saat memproduksi sel darah merah auat eritrosit tubuh tidak hanya membutuhkan zat besi dan cyanocobalamin atau vitamin B12 saja lho. Tubuh juga memerlukan asupan asam folat untuk penunjanganannya. Sebagaimana diketahui bahwa sel darah merah berfungsi untuk mengangkut oksigen kemudian menyebarkannya ke seluruh jaringan tubuh, dan juga mengangkut karbondioksida menuju paru-paru untuk dikeluarkan melalui sistem pernapasan. Dengan demikian, sel darah merah atau eritrosit ini penting bagi tubuh. Dengan manfaat yang demikian, folavit ini juga diperlukan untuk ibu hamil sehingga ibu hamil terhindar dari kelelahan.

  1. Mencegah anemia saat haid atau menstruasi

Kandungan Asam folat dalam Folavit dapat membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah seperti yang sudah dijabarkan pada nomor satu. Sel darah merah banyak berkurang dari wanita saat masa menstruasi. Dengan mengonsumsi folavit maka tubuh akan kembali menggantikan sel darah merah yang hilang dan mencegah tubuh dari anemia serta kelelahan dan tetap prima. Jadi, folavit ini dianjurkan bagi wanita yang sering memiliki keluhan pada saat haid atau mesntruasi. Konsumsilah folavit pada awal haid untuk menjaga stamina tubuh.

Dengan demikian, manfaat folavit juga dapat dirasakan oleh pasien anemia. Untuk para pengidap anemia, dianjurkan untuk konsumsi vitamin B9 (asam folat) yang baik dalam mengatur kadar hemoglobin dan memproduksi sel darah merah atau eritrosit. Namun tentunya perlu dikonsultasikan ke dokter untuk penggunaan asam folat yang satu ini, terutama bagi pengidap Anemia Hemolitik yang sudah parah sehingga seringkali melakukan transfusi darah transfusi darah.

  1. Membantu peningkatan kinerja otak

manfaat folavit

sumber: sains.kompas

Asam folat yang terkandung pada folavit dapat berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja otak sehingga mencegah otak dari gangguan dan depresi. Seseorang yang sudah tua yang rajin mengkonsumsi folavit dapat tercegah dari timbulnya pikun dan penurunan memori otak.

  1. Mencegah bayi cacat lahir

manfaat folavit

sumber: peakperformancecc.ca

Mencegah bayi lahir cacat adalah salah satu manfaat Folavit. Folavit bermanfaat karena mengonsumsi asam folat sudah terbukti secara ilmiah dapat mengurangi kemungkinan bayi lahir cacat bawaan (termasuk bibir sumbing) maupun cacat mental. Sebuah penelitian menyatakan bahwa ibu hamil yang rutin mengonsumi asam folat telah berhasil menurunkan risiko bayi lahir cacat. Sedangkan ibu hamil yang tidak mengonsumsi asam folat secara rutin berisiko 3 kali lebih besar. Wah ternyata mengonsumsi sangat penting ya bagi ibu hamil.

  1. Mencegah kelainan pada jantung bayi

Jantung merupakan bagian vital pada tubuh manusia. Salah satu dari sekian banyak manfaat folavit yang sangat penting bagi janin meski masih dalam kandungan yaitu mencegah bayi dari kelainan jantung bawaan. Pada dasarmya, cacat jantung tidak terlalu sering terjadi pada bayi. Namun, untuk menimalisir risiko sebainya ibu mengonsumsi asam folat sehingga menurunkan peluang bayi lahir dengan kondisi yang tidak diinginkan. Selain itu, tentu saja ibu hamil harus mengimbangi dengan asupan nutrisi yang bergizi sebab suplemen saja tidak cukup untuk dijadikan satu-satunya asupan.

  1. Mengatasi kerontokan rambut

Manfaat folavit sebagai penyubur rambut ini tidak hanya diperuntukan bagi wanita saja, bagi kaum ria yang memiliki masalah pada bagian ini pun boleh mengonsumsi folavit sebagai suplemen yang dapt menumbuhkan rambut. Asupan makanan yang mengandung asam folat dapat membantu mengurangi rambut rontok juga efektif untuk menumbuhkan rambut.

Selain dengan menggunakan suplemen, mengurangi rambut rontok juga bisa dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Makanan yang banyak mengandung folavit diantaranya adalah buah, sayur, dan sereal.

Nah itulah manfaat folavit yang telah kita pelajari bersama. Meskipun folavit memiliki banyak manfaat di dalamnya. Sebagai konsumen, kita tetap perlu konsultasi kepada ahlinya. Untuk pemakaian rutin, kita dapat berkonsultasi pada dokter atau tim medis lain. Semoga bermanfaat.

1

No Responses

Write a response