manfaat buah matoa

7 Manfaat Buah Matoa, Kaya Vitamin C dan E

Ternyata, manfaat buah matoa sangat banyak lho. Mungkin banyak yang belum mendengar buah yang satu ini. Wajar saja, buah ini termasuk buah yang jarang dijumpai di wilayah kota-kota besar. Namun, ternyata buah asli Indonesia ini sangat mudah ditemui di wilayah timur Indonesia lho.

Buah ini sangat unik, terbentuk seperti campuran dari kelengkeng, durian, dan rambutan. tinggi dari pohon matoa ini sekitar 20 – 40 meter, dengan diameter mencapai 100 cm. Tumbuhan ini bisa tumbuh dengan baik di berbagai wilayah. Baik dataran tinggi maupun dataran rendah, selama tempat itu merupakan wilayah tropis dengan curah hujan yang tinggi.

Rasa dari buah matoa? Tentu saja rasanya sangat manis dan menggugah selera. Banyak masyarakat yang memuji rasa manis dari buah ini. Ternyata, selain memiliki rasa yang manis, buah ini juga memiliki manfaat yang banyak lho. Cerita Sehat mengutip beberapa manfaat dari buah Matoa.

Manfaat Buah Matoa

1. Kaya akan Vitamin dan Mineral

sumber: gambar ahlinyapenyakitjantung.web.id

Buah manis yang satu ini ternyata memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Pada buah Matoa, terdapat vitamin C dan vitamin E.

Vitamin C dapat bermanfaat untuk kekebalan tubuhmu dan sebagai antioksidan yang mencegah kanker. Sementara vitamin E dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit, menghilangkan stress, meningkatkan kesuburan, dan meminimalisir resiko penyakit jantung.

Selain memiliki banyak vitamin, buah matoa juga memiliki mineral seperti kalsium dan kalium yang bermanfaat untuk tulang.

Meskipun begitu, kandungan glukosa di dalam buah matoa dapat menyebabkan mabuk dan pusing jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

2. Sebagai Antioksidan

Antioksidan dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh kita. Radikal bebas dapat merusak sel tubuh dan memicu terjadinya kanker. Maka dari itu, buah matoa yang memiliki antioksidan dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah matoa dapat mencegah penyakit-penyakit kronis. Salah satunya kanker. Hal itu juga diperkuat dengan adanya zat tanin pada buah matoa yang juga merupakan antioksidan.

3. Membantu Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Makanlah buah matoa agar dapat mengeluarkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini dikarenakan buah matoa mampu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.

Racun yang diendapkan di dalam tubuh, lama kelamaan akan dikeluarkan. Untuk membantu proses ini, mengkonsumsi buah matoa merupakan cara yang tepat. Bahkan para ahli mengungkapkan bahwa bukan tidak mungkin jika buah matoa nantinya menjadi sumber antibiotik.

4. Menghilangkan Stress

menghilangkan stress dan bad mood

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manfaat buah matoa salah satunya adalah untuk menghilangkan stress. Hal ini dikarenakan dengan adanya kandungan vitamin E di dalam buah matoa.

Vitamin E memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menghilangkan stress. Dengan kandungan vitamin E pada buah matoa, maka saat stress mengundang, Kamu bisa makan buah matoa sambil bersantai untuk menenangkan pikiranmu.

5. Menyehatkan Ginjal

Sumber gambar: kompas.com

Ginjal yang sehat merupakan salah satu kunci agar tubuh yang lain juga ikut sehat. Ginjal bermanfaat untuk mengendapkan racun di dalam tubuh.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa buah matoa memiliki manfaat untuk membantu proses mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Secara tidak langsung, menyehatkan ginjal juga merupakan salah satu manfaat buah matoa, karena membantu kinerja ginjal dalam tubuh.

6. Mencegah Hipertensi

Manfaat lain dari buah matoa adalah kemampuannya dalam mengendalikan tekanan darah. Bahkan, manfaat buah matoa tidak hanya di dagingnya saja, namun juga pada ekstrak biji dan daun buah matoa.

Zat yang bersifat deuresis yang diekstrak dari buah matoa dapat bermanfaat untuk mencegah hipertensi. dengan begitu,  tekanan darah akan lebih stabil dan lebih terkontrol.

7. Melancarkan Pencernaan

Sama seperti buah berserat lainnya, buah matoa juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Buah ini mengandung banyak serat yang mampu membantu tubuh untuk mencerna makanan yang kita konsumsi. Dengan begitu, pencernaan semakin lancar dan organ pencernaanpun akan menjadi sehat.

Nah, demikianlah 7 manfaat buah matoa. Selain yang disebutkan di atas, masih banyak lagi manfaat dari buah matoa seperti mengobati batu empedu, untuk menyehatkan mata, melindungi kulit, menyehatkan kulit, dan lain sebagainya.

Ternyata, meskipun jarang diketahui oleh orang lain, buah matoa memiliki banyak sekali manfaat. meskipun begitu, manfaat-manfaat ini masih perlu diteliti lagi agar dapat bermanfaat secara maksimal untuk keberlangsungan hidup manusia.

3

No Responses

Write a response