manfaat yakult

5 Manfaat Yakult, Aman Diminum Secara Rutin

Manfaat yakult – Cintai ususmu, minum yakult tiap hari! Iklan ini pasti terdengar familiar ya di telinga. Pada tahun 1930 seorang dokter lulusan Kyoto Imperial University, Jepang bernama Dr. Minoru Shirota berhasil menemukan bakteri asam laktat yang berfungsi untuk menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam usus manusia. Bakteri ini dipatenkan dengan nama Lactobacillus casei shirota strain. Bakteri inilah yang digunakan pada pembuatan yakult.

Yakult merupakan minuman prebiotik yang sangat mudah untuk kita temui. Baik di perkotaan maupun pedesaan, toko kecil hingga pasar swalayan, mulai dijual satuan hingga per-bar. Yakult dijual seharga Rp. 2000,- per botol yang berisi 65 ml. Tak banyak yang tahu akan manfaat yakult bagi tubuh. Bakteri fermentasi yang terkandung dalam yakult ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dalam 65 ml, terdapat 6,5 milyar bakteri baik bagi tubuh yang artinya ada 100 ribu bakteri baik dalam setiap ml dari yakult.

Kini, yakult tidak hanya terkenal di jepang saja tetapi yakult sudah dikenal secara global hingga memasuki wilayah dagang se-Asia bahkan Eropa. Banyaknya pencinta yakult membuatnya tidak hanya di eksport saja tetapi juga sudah diproduksi di berbagai negara di Asia (termasuk Indonesia), Eropa dan Amerika meskipun bakteri Lactobacillus casei shirota strain masih diimpor dari negara asal; Jepang.

 

Manfaat Yakult

manfaat yakult

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat dari susu fermentasi yakult ini hampir sama seperti manfaat utama yang ada pada yoghurt, yaitu dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Beberapa gangguan pencernaan yang sering terjadi antara lain:

  • konstipasi
  • diare
  • sindrom iritasi usus (IBS),
  • peradangan usus (IBD),
  • gangguan pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori

Yakult hadir untuk mengatasi masalah yang ada pada sistem pencernaanmu.

  1. Memberikan bakteri baik pada usus

Usus merupakan salah satu organ yang mempunyai dua jenis bakteri di dalamnya. Bakteri berguna dan bakteri yang merugikan bagi tubuh. Bakteri yang merugikan bagi tubuh yang ada pada usus biasanya berasal dari asupan yang kita makan sehari-hari yang dapat menimbulkan berbagai gangguan bahkan infeksi pada usus, seperti : sakit perut, radang usus, gangguan pencernaan

Untuk mencegah bakteri merugikan yang sangat banyak di dalam tubuh, maka tubuh membutuhkan bakteri –bakteri yang dapat melawan bakteri yang merugikan tersebut. Dengan bertambahnya jumlah bakteri yang berguna di dalam usus, maka pertumbuhan bakteri yang merugikan tersebut akan terhambat dan tubuh terhindar dari gangguan yang dapat disebabkan oleh bakteri merugikan.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Tak banyak yang tau manfaat yakult yang satu ini. Yakult sangat berguna untuk para Atlet atau profesi lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi yang terdapat pada luka. Sedangkan bagi penderita alergi, yakult telah terbukti mampu mengurangi penderita alergi seperti penderita rinitis. Rinitis merupakan peradangan yang terjadi pada rongga hidung yang disebabkan oleh adanya reaksi alergi.

Dengan mengkonsumsi yakult sebanyak dua botol sehari secara teratur setiap hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit terutama penyakit yang disebabkan oleh gangguan pencernaan dan kurangnya asupan. Selain itu yakult dapat mencegah terjadinya kanker payudara. Probiotik yang ada pada yakult dapat membantu pengobatan kanker serviks, mengurangi risiko dan bahkan membantu mengobati kanker usus besar (colonrectal cancer), bahkan paru-paru.

  1. Dapat Mengikat lemak

Yakult mengandung serat dengan jumlah yang cukup tinggi. Dengan adanya kandungan serat yang tinggi ini, maka yakult bermanfaat untuk mengikat lemak yang masuk ke dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya penumpukan lemak. Sebab, penumpukan lemak dalam jumlah yang banyak akan mengakibatkan bermacam-macam penyakit seperti: penyumbatan pembuluh darah, kolestrol,  diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Obesitas dapat dilihat dengan cara menghitung berat badan ideal yang diukur dengan indeks masa tubuh (IMT).

  1. Menormalkan dan menjaga kestabilan kadar asam pada lambung

Yakult dapat menormalkan kadar asam lambung. Apakah anda penderita penyakit maag? Jika iya, cobalah meminum yakut dengan rutin.Penyakit maag disebabkan oleh adanya kadar asam lambung yang tinggi. Oleh karena itu bagi penderita maag tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi asupan yang mengandung asam tinggi.

Ini berbeda dengan yakult. Meskipun memiliki rasa yang asam, yakult justru baik untuk menormalkan kadar asam lambung anda yang berlebih. Sebab, ternyata kandungan probiotik dan asam laktat dalam yakult dapat membantu menyembuhkan luka yang ada pada lambung. Yakult yang dikonsumsi dengan ruitn juga dapat menstabilkan kadar asam yang ada pada lambung. Dengan menjaga kestabilan asam lambung, maka tubuh terlindungi dari gangguan sistem pencernaan.

Apakah yakult halal?

manfaat yakult

sumber: yakultindonesiapersada.blogspot.com

Jangan khawatir tentang kehalalan dari yakult. Ternyata yakult sudah mengantongi sertifikat halal dengan nomor sertifikat 00040007860398 untuk produknya. Yakult juga mendaftarkan bahan yakult untuk disertifikasi dengan nomor sertifikat halal 00070047530408. Hal ini dapat menambah tingkat kepercayaan konsumen terhadap yakult.

Aturan pemakaian Yakult

Mengonsumsi yakult sebanyak satu botol dalam sehari sebenarnya sudah cukup untuk menikmati manfaat Yakult. Namun, minum dua botol Yakult dalam satu hari juga masih dianjurkan. Yakult baik dikonsumsi sebelum tanggal kedaluwarsa untuk menjamin bakteri Lactobacillus casei-nya tidak berkurang.

Bagaimana cara menyimpan Yakult?

Yakult sebaiknya disimpan di dalam lemari pendingin.  Masa kedaluarsa Yakult adalah 40 hari sejak tanggal produksi, dengan catatan bila disimpan dalam suhu di bawah 10° C. Penyimpanan yakult pada suhu ruang atau bahkan terkena sinar matahari akan mempengaruhi pertumbuhan bakteri yang ada di dalamnya. Penyimpanan yang tidak benar tentu saja mempengaruhi manfaat yakult bagi tubuh.

Setiap sesuatu yang istimewa harus diperlakukan dengan baik, sama halnya dengan yakult ini. Cara penanganan dan penyimpanan mulai dari produsen hingga sampai ke tangan konsumen harus dipastikan sesuai dengan aturan. Sebab, kesalahan penanganan dan penyimpanan pada produk akan sangat berpengaruh terhadap manfaat yakult yang akan dirasakan oleh konsumen.

Sebagai konsumen juga perlu berhati-hati. Belilah yakult yang disimpan pada lemari pendingin, bukan suhu ruang. Dengan begitu, kita bisa memaksimalkan manfaat yakult bagi tubuh. Yuk minum Yakult.

“Cintai ususmu, minum Yakult tiap hari. Saya minum dua!”

4

No Responses

Write a response