9 Cara Hemat Membelanjakan Uang Jajan, Bikin Akhir Bulan Tenang

9 Cara Hemat Membelanjakan Uang Jajan, Bikin Akhir Bulan Tenang

Cara hemat membelanjakan uang jajan ini sangat sangat dibutuhkan bagi kamu yang memilih ngekost saat di bangku SMA/ Kuliah ya guys. Kenapa? Biasanya anak kost-an akan dibekali uang saku oleh orang tua dengan frekuensi sebulan sekali.

Selama satu bulan lamanya, sebisa mungkin uang saku tersebut dapat dikelola dengan baik sampai waktu -ditransfer orang tua- tiba. Sebab, akan merepotkan orang tua bila uang saku kamu sudah habis di pertengahan bulan.

Selain itu, kemandirian kita akan mulai dipertanyakan bila belum bisa mengatur keuangan -yang padahal lingkupnya masih terbilang kecil ini. Belum lagi kalau jatah bulananmu diatur oleh kakakmu. Wah, kebayang dong bakal diceramahin si kakak karena uang jajan bulananmu habis dipertengahan bulan? Pastinya malesin banget ya denger si kakak marah-marah. Untuk menghindari hal itu, ceritasehat.com punya beberapa tips tentang cara hemat membelanjakan uang jajan kamu nih guys.

Cara Hemat Membelanjakan Uang Jajan

cara hemat membelanjakan uang jajan

Sumber: freepik.com

1. Membuat Daftar Belanja

Jangan sepelekan hal baik ini ya guys. Sering sekali kita dengar bahwa membuat daftar belanja merupakan salah satu cara untuk menghemat uang jajan. Mungkin terkesan agak ribet, tapi demi menghemat dan bisa menabung, kenapa nggak? Sebelum berbelanja, sebaiknya kamu membuat daftar barang-barang yang kamu butuhkan. Dengan begitu, hasil belanjaan kamu hanyalah barang yang kamu butuhkan saja.

2. Jangan Terpaku pada Brand

Untuk kebutuhan sehari-hari seperti detergen, pelembut, sabun mandi dkk., kamu jangan pernah sekali-kali terpaku pada brand. Kenapa? karena kita bisa meminimalisir pengeluaran untuk barang-barang tersebut dengan cara membelinya di warung kecil atau mencari barang yang sedang sale (di toko swalayan).

Kalau kamu lebih sering belanja kebutuhan sehari-hari di toko swalayan, pilihlah toko swalayan yang sering menghadirkan produk-produk sale.

3. Jangan asal tertarik pada promo

cara hemat membelanjakan uang jajan

Sumber: freepik.com

Nah, yang satu ini sering menghancurkan cara hemat membelanjakan uang jajan yang sudah Kamu rancang. sering sekali promo-promo yang menarik mampu meruntuhkan pertahanan sehingga akhirnya membeli barang tersebut.

Loh emangnya nggak boleh beli barang-barang promo? Tentu saja boleh. Membeli barang-barang promo seperti “beli 2 gratis 1” atau “beli 3 gratis 1”, dsb juga diperlukan jika barang-barang tersebut memang kamu butuhkan.

Pertimbangkan baik-baik, apakah produk tersebut benar-benar produk yang kamu butuhkan? atau jangan-jangan kamu hanya tergoda dengan iming-iming ‘gratis‘, NAHLOH?.

Untuk barang-barang yang sifatnya perlu menyediakan stok seperti sabun mandi atau pasta gigi, boleh lah sesekali menggunakan promo. Tapi kalau barang promo tersebut berupa makanan atau minuman ringan, sepertinya tidak perlu membeli terlalu banyak.

Nah, kalau sudah kepengen banget pas liat promo, ada satu solusinya, yaitu PATUNGAN.

Yap, biasanya anak kost kalau belanja selalu bareng teman kost-nya kan, manfaatkanlah momen tersebut untuk membeli barang promo. Diskusikanlah terlebih dahulu, jangan sampai makanan/minuman itu hanya diinginkan salah satu pihak.

Jangan sampai karena perasaan “tidak enak”-mu, lantas kamu meng-iyakan permintaan patungan dari temanmu, juga sebaliknya. Jangan sampai temanmu kapok belanja bareng kamu hanya karena pernah kamu paksa ajak kongsi beli produk yang kurang ia butuhkan.

4. Jangan sediakan banyak uang cash

Memiliki banyak uang cash terkadang menjadi bumerang bagi diri kita sendiri. Tarik tunai-lah secukupnya untuk kebutuhan perminggu. Tapi hal ini tidak berlaku bagi kamu yang memiliki kost yang letaknya sangat jauh dengan mesin atm ya.

5. Jangan tergoda dengan pembayaran debit

Membayar belanjaan dengan sistem debit akan membuat kamu sulit mengontrol pengeluaran loh. Dan hal ini akan membuat kamu juga sulit untuk berhemat. Sistem debit menjadikan kamu tenang tanpa uang tunai, ingat lagi ya bahwa keterbatasan uang tunaimu bertujuan untuk membatasi pengeluaran agar tidak membengkak.

6. Jadilah kreatif

Dalam kehidupan, tingkat kreativitas seseorang tak serumit saat sedang mengerjakan tugas kok guys. Kapan kita harus kreatif? Kreatif dalam hal ini adalah pandai mensubtitusi barang yang sedang diinginkan dengan barang yang ada di kost-an.

Misalnya, kamu menginginkan desain kamar dengan gantungan foto menjuntai cantik dengan penjepit kayunya. Nah pada saat inilah sisi kreativitasmu dibutuhkan. Tali yang akan digunakan untuk menggantung foto bisa kamu ganti dengan tali bekas yang kamu punya atau tali sepatu yang sudah tidak terpakai. Sedangkan penjepit foto bisa digantikan dengan paperclip yang pasti harganya jauh lebih murah. Terkesan seadanya namun terlihat berbeda dengan yang lain loh.

7. Cermat memilih teman dekat

cara hemat membelanjakan uang jajan

Sumber: pixabay.com

Berteman memang sebaiknya nggak pilih-pilih ya, tapi kalau untuk teman dekat atau teman ngumpul, pilihlah dengan cermat. berikut ciri teman dekat yang baik untuk keuanganmu:

Mempunyai satu visi yang sama denganmu dalam hal menjalani hidup

Memiliki teman dekat yang satu visi dengan kita adalah anugerah yang patut kita syukuri. Kalau kamu sudah menemukannya, pegang erat-erat kemanapun kamu pergi. Buat ia nyaman dan pastikan kamu juga nyaman dengannya. Salah satunya adalah teman yang juga punya visi untuk memiliki cara hemat membelanjakan uang jajan sepertimu.

Tetap ceria dan menyenangkan meski hanya makan bareng di pinggir jalan

Tak harus di tempat mewah, tempat berkumpul hanyalah wadah. Perkumpulan yang seru dibentuk dari manusia-nya, bukan dari tempatnya. bener nggak nih?

Mendukungmu menghemat dan menabung

Perhatikan tabunganmu ya. Milikilah prinsip yang  “harus punya uang tabungan” dan cemaslah bila kamu belum memiliki niat menabung sedari dini. Saling menyemangati dalam kebaikan adalah hal yang wajib dalam hubungan pertemanan.

Tak hanya mendukung, seseorang yang melihat teman dekatnya sulit menabung biasanya akan membantunya. Misalnya  dengan cara menawarkan diri sebagai “bank” dengan sistem tidak dapat diambil kecuali keperluan mendadak. Seru bukan memiliki temn yang seperti ini?

Gimana guys? Apakah teman dekatmu sudah memenuhi kriteria tersebut?

8. Bersedekah

cara hemat membelanjakan uang jajan

Sumber: deviantart.com

Logikanya, bersedekah adalah memberikan harta baik berupa barang atau uang kepada orang lain. Bukankah justru uang jajan kita berkurang dan berarti gagal dalam menghematnya? Secara logika memang berkurang, tapi balasan Allah (terhadap makhluknya yang bersedekah) tidak berdasarkan logika ya guys. Jadi, jangan pernah takut untuk bersedekah, sebab bisa saja rejekimu hari ini adalah balasan Allah atas sedekahmu yang dahulu loh.

9. Berdoa kepada Sang Maha Pengasih

Yuk biasakan libatkan doa dalam setiap tujuan. Termasuk tujuan menghemat uang jajan. Setelah banyak doa-doa yang meminta dimudahkan dan dilancarkan rejekinya, biasanya kamu akan menemukan banyak hal ajaib yang nggak kamu duga dan tanpa kamu sadari hal tersebut sangat membantumu.

Misalnya, nemu uang dalam kantong baju ketika akhir bulan. Secara logika, itu memang uang kita sendiri, tapi kalau kita ambil sisi positifnya, barangkali itu adalah cara Allah menabungkan sebagian uang untuk kita pakai di hari yang akan datang.

Atau kejadian ketika kamu sedang lapar tingkat akut, tiba-tiba ibu kost menawarkan makanan. Wah, ini sih ibu kost idaman banget ya guys. Dan masih banyak lagi kejadian ajaib lain (yang memudahkan kita untuk menghemat uang jajan) yang patut kita syukuri.

Itulah 9 cara hemat membelanjakan uang jajan versi ceritasehat.com. Sudahkah ada yang kamu lakukan untuk menghemat uang jajanmu? Yuk coba dan share hasil  percobaanmu di kolom komentar. See u!

1

No Responses

Write a response