cara meningkatkan IQ

7 Cara Meningkatkan IQ yang Sering Diabaikan

Banyak penelitian dan teori tentang IQ seseorang. Berbagai penelitian dilakukan untuk menjawab pertanyaan apakah IQ tetap dapat meningkat meskipun sudah remaja atau dewasa? Dan bagaimana cara meningkatkan IQ tersebut? Pertanyaan ini akhirnya dijawab  oleh penelitian dari  Cassidy, Roche & Hayes pada tahun 2011. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa IQ seseorang dapat meningkat. Menariknya lagi, saat seseorang meningkatkan IQ nya, peningkatan ini bisa bersifat permanen.

Sama dengan cara meningkatkan daya ingat, meningkatkan IQ ini penting untuk dilakukan. Meningkatkan IQ dan daya ingat berbanding lurus dengan peningkatan skill intelektual dalam diri kita. Dengan begitu, berbagai macam pencapaian dalam hidup dapat diraih. Berikut tujuh cara meningkatkan IQ yang perlu Kamu ketahui:

7 Cara Meningkatkan IQ

1. Menambah Relasi

Dalam sebuah penelitian, telah terbukti bahwa ada hubungan yang erat antara banyaknya relasi dan tingginya IQ seseorang (O’Hora, Pelaez & Barnes-Holmes; 2005, O’Toole & Barnes-Holmes;2009, Cassidy, Roche & Hayes; 2011, Roche, Cassidy & Stewart; 2013). Hasil penelitian ini dapat Kamu buktikan sendiri. Dengan banyaknya relasi, Kamu dapat menemukan banyak orang dengan sifat yang berbeda-beda.

Menyatukan semua sifat dengan sifat yang ada dalam dirimu tentunya bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu, dengan banyaknya relasi, Otak kita akan “dipaksa” untuk menemukan solusi dari permasalahan-permasalahan relasi yang ada di sekitar kita.

Di dalam teori Rational Frame, Skill dalam mengelola relasi ini dapat disebut dengan building blocks of intelligence atau salah satu hal penting yang harus dimiliki untuk meningkatkan intelektualitas dalam diri. So, kamu sudah tau bukan harus berbuat apa dengan relasimu? Ya, binalah relasi yang Kamu miliki dengan sebaik-baiknya.

2. Mempelajari Berbagai Bahasa

Sumber gambar: log.viva.co.id

Sudah bukan rahasia lagi bahwa menguasai banyak bahasa dapat meningkatkan intelektualitas dalam diri seseorang. Riset membuktikan bahwa saat seseorang menguasai banyak bahasa, hal tersebut akan membantu otak untuk menyelesaikan pemikiran dengan aspek kognitif. Maka dari itu, perbanyaklah membaca dan menambah kosakatamu.

Jika ada hal-hal yang tidak Kamu pahami, maka jangan pernah takut untuk mencari tahu.

3. Miliki Keinginan Kuat Untuk Berkembang

Mindset! ya, sebelum mencoba berbagai cara untuk meningkatkan IQ, mental dan keinginan haruslah kuat. Tanamkanlah mindset dalam diri bahwa kita harus selalu berkembang. Kebanyakan orang hanya semangat di awal, namun pada pelaksanaannya, semangat tersebut hilang karena kurangnya mindset tentang pentingnya pengembangan diri.

Percayalah bahwa semakin banyak yang kamu pelajari, maka pengetahuan tersebut akan membantumu dalam menghadapi situasi apapun dalam hidup. Berusahalah untuk menyelesaikan tugas dan masalah yang ada dengan sebaik-baiknya. Maka hal tersebut akan membantumu menjadi lebih dewasa dan mencapai garis akhir dengan baik.

4. Makan Makanan Sehat dan Berolahraga Secara Teratur

sumber gambar: gudangkesehatan.com

Tidak hanya tubuhmu, otak juga membutuhkan olahraga dan supply makanan sehat. Orang yang memakan makanan sehat dan menjaga olahraganya sehingga tubuhnya tetap bugar rata-rata memiliki IQ score yang lebih tinggi. Riset dari Boston University School of Medicine pada tahun 2013 juga menyatakan bahwa aktivitas fisik sangat bermanfaat bagi kesehatan otak dan perkembangan pemahaman seseorang.

Banyak makanan yang memiliki peran penting dalam meningkatkan IQ. Menurut Roche pada tahun 2014, brokoli, bayam, tomat, buah beri dan minyak omega 3 yang ditemukan pada ikan berminyak dapat meningkatkan memori dan fungsi otak secara keseluruhan. Selain itu, teh hijau dan makanan berprotein juga memiliki manfaat baik untuk meningkatkan IQ seseorang.

Protein mengandung asam amino tingkat tinggi, seperti tirosin, yang dapat mendorong neuron untuk menghasilkan neurotransmitter norepinefrin dan dopamin yang sangat penting, yang berhubungan dengan kewaspadaan mental. Berdasarkan penelitan tersebut, makan makanan sehat dan berolahraga bukan hanya bermanfaat bagi tubuhmu, tapi juga bagi otak dan merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan IQ.

5. Belajar Dari Ahlinya

Terkadang banyak hal yang telah kita lakukan, namun tidak menemukan hasil yang memuaskan. Bertanya dengan orang yang ahli di bidangnya tentu merupakan kesempatan yang tidak boleh dilewatkan. Meskipun begitu, pastikan bahwa orang yang dijadikan tempat bertanya adalah orang yang kredibel untuk ditanyai berbagai hal.

Ada banyak informasi di luar sana yang tidak benar. Jadi, carilah selalu bukti ilmiah yang mendukung setiap “fakta”.

6. Melatih Otak

Saat ini, banyak pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan IQ. Latihan tersebut biasanya dilakukan dengan menjawab soal-soal logika yang ada sehingga mengajak otakmu untuk berpikir lebih dalam. Menyelesaikan soal-soal tersebut tentunya akan membuat otakmu terlatih dan meningkatkan IQ scoremu.

Selain melalui soal, banyak pula game -game yang dapat melatih otak dan IQ mu. Kamu juga bisa memainkan game-game jenis ini untuk meningkatkan IQ. Selain dapat meningkatkan IQ, game semacam ini juga merupakan cara meningkatkan kreativitas.

7. Keluar dari Zona Nyaman

sumber gambar: ampagency.com

Mungkin kamu sudah sering mendengar kata-kata ini. Tentu saja hal ini mudah untuk dikatakan tapi sulit untuk dilakukan. Faktanya, terlalu lama di zona nyaman dapat membuat otakmu  diam di tempat. Penelitian menunjukkan bahwa kita dapat meningkatkan fungsi otak kita dengan mendorong diri kita untuk mempelajari hal-hal yang berada di luar keahlian kita saat ini. Jadi, mulailah mempelajari hal-hal baru dan ajak otakmu untuk terus berkreasi. Cara ini dapat meningkatkan IQ mu ke level selanjutnya.

Demikian cara meningkatkan IQ yang jarang diketahui, sehingga sering terlewatkan. Mudah bukan? tentunya kamu dapat melakukannya dari sekarang!

4

No Responses

Write a response