Cara Agar Bayi Tidak Sungsang

Cara Agar Bayi Tidak Sungsang

Setiap calon Ibu yang sedang hamil tentu menginginkan kehamilan yang sehat. pemeriksaan secara rutin untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan perlu untuk diterapkan pada masa-masa kehamilan. Salah satu hal yang ingin dihindari oleh calon Ibu adalah kemungkinan janin yang sungsang. Oleh karena itu, penting bagi sang ibu untuk mengetahui cara agar bayi tidak sungsang.

Pengertian Sungsang

Cara Agar Bayi Tidak sungsang

sumber gambar : pascaoperasicesar.com

Sungsang adalah posisi di mana kepala bayi berada di atas, sementara kaki atau plasenta bayi berada di bawah. Ada berbagai bahaya yang harus dihadapi sang Ibu ketika akan melahirkan bayi sungsang secara normal. Karena itu, Ibu yang harus melahirkan secara sungsang biasanya disarankan untuk melakukan operasi cesar.

Bagi ibu hamil tentu merasa khawatir dengan kelahiran anak dengan posisi sungsang ini. Bayangan tentang cara kelahiran bayi tersebut biasanya akan mengganggu pikiran sang ibu. Ditambah lagi biaya operasi cesar yang terbilang mahal sehingga banyak ibu yang menginginkan untuk dapat melahirkan secara normal.

baca juga : Cara Menyendawakan Bayi

Cara Agar Bayi Tidak Sungsang

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sang ibu untuk mencegah terjadinya posisi sungsang tersebut. Tentunya ibu yang sedang hamil tau bahwa bayi yang sedang dalam kandungan seolah berenang-renang dan masih dapat berputar arah. Oleh karena itu, mari simak cara agar bayi tidak sungsang berikut :

1. Yoga

Cara Agar Bayi Tidak sungsang dengan yoga

sumber gambar : relofclinic.com

Sudah bukan rahasia lagi bahwa yoga adalah rutinitas yang sedang tren di kalangan ibu hamil. Yoga termasuk olahraga yang tidak terlalu berbahaya untuk ibu hamil. Dengan mengikuti yoga, ibu hamil bisa melatih pernapasan dan kekuatan otot panggul yang bermanfaat saat persalinan nanti. Selain itu, yoga juga merupakan salah satu cara agar bayi tidak sungsang karena dengan melakukannya, perlahan-lahan bayi dapat bergerak dengan leluasa.

Saat melakukan yoga, sebaiknya ibu hamil dibimbing dengan baik oleh orang yang sudah profesional. Dengan begitu, ibu hamil dapat menyesuaikan gerakan-gerakan sesuai dengan kemampuan sang ibu.

2. Senam Hamil

Selain yoga, senam hamil juga merupakan salah satu olahraga yang sedang hits bagi ibu hamil. senam hamil dapat membuat otot perut menjadi rileks sehingga bayi dapat bergerak lebih bebas di dalam kandungan. Dalam senam hamil terdapat gerakan-gerakan yang  bermanfaat untuk otot perut. Salah satu gerakan tersebut adalah gerakan knee chest, yaitu gerakan seperti menungging ke arah samping.

3. Berenang

Berenang merupakan salah satu cara memutar bayi dalam kandungan. Olahraga yang satu ini tergolong aman untuk ibu hamil. Beraktivitas di kolam renang dapat membantu bayi untuk leluasa bergerak dan kembali ke posisi verteks. Selain bermanfaat untuk mencegah bayi lahir sungsang, berenang juga bermanfaat untuk menguatkan pernapasan dan stamina sang ibu.

Sebelum berenang, sebaiknya ibu hamil mengenakan pakaian renang yang pas dan tidak terlalu menekan perut. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter atau instruktur Anda.

4. Gerakan Bersujud

Gerakan bersujud merupakan salah satu gerakan yang dapat merangsang bayi untuk dapat berputar ke posisi yang benar. Lakukan gerakan bersujud secara rutin selama 5 – 10 menit dalam sehari. Ibu hamil juga dapat mengulangnya sebanyak 5 sampai 6 kali sehari

Namun, gerakan bersujud ini termasuk salah satu gerakan yang cukup ekstrem bagi ibu hamil. Munculnya rasa sesak saat bersujud merupakan hal yang normal, dikarenakan ukuran bayi yang sudah cukup membesar. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan melakukan gerakan bersujud sebelum makan untuk mengurangi rasa sesaknya.

5. Menggunakan Cahaya

Bayi dalam kandungan juga memiliki ketertarikan dengan hal-hal baru yang ia lihat. Menurut penelitian, retina bayi yang berusia 6 bulan sudah mulai terbentuk. Bayi akan menjadi lebih sensitif ketika melihat adanya cahaya pada permukaan perut sang ibu.

Oleh karena itu, menggunakan cahaya bisa memancing bayi untuk bergerak ke arah jalan lahir dan kembali ke posisi verteks. Ibu dapat menggunakan senter dalam menstimulasi bayi. Arahkan senter ke bagian atas perut (tepat pada kepala bayi), lalu secara perlahan arahkan cahaya tersebut ke jalan lahir sehingga menarik janin untuk mengikuti cahaya tersebut.

6. Berpikir Positif

cara agar bayi tidak sungsang dengan berpikir positif

sumber gambar : tintahijau.com

Hindari hal-hal yang dapat membuat sang ibu stress. Tetaplah berpikiran positif dan merasa bahwa semua baik-baik saja. Salah satu hal yang dapat memacu pikiran positif adalah dengan melakukan hypnobirthing. Hypnobirthing adalah teknik memberikan sugesti kepada ibu hamil tentang pikiran negatif seputar persalinan dan mengubahnya menjadi pikiran positif. Ibu yang dapat mengntrol emosinya akan lebih tenang saat melakukan persalinan.

Saat ibu menjadi tenang, tidak menutup kemungkinan sang ibu juga bisa mengajak anak dalam kandungan untuk memutar arah ke jalan lahir. Percayalah bahwa ada ikatan kuat antara anak dalam kandungan dan sang ibu. Sesekali, ajaklah anak untuk berbicara dan mengajaknya untuk berputar sehingga menyebabkan bayi tidak lahir sungsang.

No Responses

Write a response