Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi dengan Tepat

Cara mengatasi cegukan pada bayi – Cegukan merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi. Namun, jika cegukan terjadi pada bayi, biasanya Bunda akan khawatir pada sang buah hati. Apalagi jika cegukan terjadi pada anak pertama dan Bunda belum terlalu berpengalaman untuk mengatasinya. Sebelum mengetahui cara mengatasi cegukan, Bunda tentu perlu tahu terlebih dahulu tentang apa itu cegukan dan penyebabnya.

Cegukan adalah bentuk kedutan pada otot-otot diafragma yang terjadi berulang-ulang dan tanpa bisa dikontrol. Kedutan yang terjadi pada sekat pipih yang membatasi rongga dada dan rongga perut ini menyebabkan pita suara di tenggorokan menutup secara tiba-tiba. Dengan keadaan tersebut, udara yang akan menuju paru-paru menjadi tersendat dan menimbulkan suara ceguk.. ceguk…

Penyebab Cegukan

Penyebab cegukan

Penyebab cegukan

Otot diafragma dikendalikan oleh saraf otak kesepuluh. Biasanya, kedutan pada otot-otot diafragma diakibatkan oleh rangsangan atau dorongan dari saluran cerna, antara lain:

  • Kemasukan udara saat menyusu pada ibu atau minum susu dari botol dengan posisi yang salah
  • Bayi terlalu bersemangat, tertawa dengan keras, dan kemasukan udara saat tertawa tersebut.
  • Bayi kedinginan, misalnya setelah selesai mandi atau sedang berada di tempat dengan suhu dingin.

Bunda tidak perlu khawatir ketika bayi mengalami cegukan. Umumnya cegukan terjadi selama beberapa detik saja dan bisa berulang setiap 1/2 menit sekali dan akan hilang dengan sendirinya 5 – 10 menit kemudian. Namun, jika cegukan tidak hilang dalam waktu lama, maka cegukan harus diwaspadai. Cegukan dalam waktu lama bisa menyebabkan bayi sulit untuk tidur atau bahkan tidak bisa menyusu. Meskipun angkanya sangat kecil, namun cegukan bisa saja terjadi dikarenakan adanya kelainan saluran cerna atau bahkan gagal ginjal. Cegukan yang sampai pada tahap tersebut tentunya perlu mendapat penanganan medis ya Bun..

Bayi yang baru lahir hingga 3 bulanan umumnya lebih sering mengalami cegukan dikarenakan organ-organ tubuhnya belum berfungsi dengan sempurna. Begitu pula dengan bayi prematur. Bayi prematur akan lebih sering mengalami cegukan dibandingkan dengan bayi yang lahir cukup bulan.

Baca Juga : Cara menghentikan kebiasaan menggigit kuku pada anak

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

cara mengatasi cegukan pada bayi

cara mengatasi cegukan pada bayi

Nah, setelah tau penyebab terjadinya cegukan pada si kecil, sekarang bunda bisa mengetahui cara untuk mengatasi cegukan tersebut. berikut beberapa tips untuk mengatasi cegukan pada bayi versi cerita sehat :

  1. Diamkan terlebih dahulu. Jangan panik, Bunda dapat mendiamkan cegukannya terlebih dahulu. Siapa tahu cegukan tersebut tidak berlangsung lama.
  2. Susui bayi. Bila cegukan berlangsung lebih dari 5 menit, cobalah untuk menyusui si kecil. Jika ia sudah tidak menyusui lagi, maka berikan ia air putih hangat. Refleks menelan dapat membantu menghilangkan cegukan.
  3. Posisi menyusui harus benar ya Bunda, karena apabila posisinya tidak benar akan membuat bayi menelan udara lebih banyak. Begitu juga saat bayi menyusu menggunakan botol. Posisi botol susu harus 45 derajat sehingga kecil kemungkinan udara ikut terhisap. Cek juga ukuran lubang dot bayi. Jangan kebesaran atau kekecilan.
  4. Tepuk-tepuk punggung bayi. Menepuk punggung bayi merupakan salah satu cara yang cukup efektif karena beberapa bayi malah menelan lebih banyak udara saat menyusu ASI atau minum susu formula di botol. Hal tersebut dapat meregangkan lambung dan memicu cegukan. Oleh karena itu, beberapa tepukan lembut di punggungnya seperti pada saat menyendawakan bayi dapat mendorong udara ke atas dan menghentikan cegukan.
  5. Konsultasikan ke dokter. Jika cegukan berlangsung lama sampai berjam-jam, maka Bunda bisa mencoba untuk mengkonsultasikan ke dokter agar si kecil mendapat penanganan yang tepat.

Nah, itulah cara mengatasi cegukan pada bayi. Semoga si kecil sehat selalu ya Bunda. Jangan lupa share dan comment artikel ini agar Bunda yang lain dapat mengetahui informasi-informasi penting seputar si kecil di cerita sehat.

referensi : Buku Mama Papa Wajib Tahu! Anak Sehat Cerdas dan Bahagia

Leave a Reply