Penyebab Tangan Kesemutan

Penyebab Tangan Kesemutan

Penyebab tangan kesemutan – tangan kesemutan sudah lumrah dan biasanya semua orang pernah merasakannya. Kesemutan dapat membuat tangan atau kaki kita menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan secara normal. Saat membawa motor, ibu hamil, duduk terlalu lama bisa mengakibatkan kesemutan datang kepada kita.

Tangan kesemutan biasanya tidak terlalu mengganggu jika durasinya tidak terlalu lama dan tidak terlalu sering datang menghampiri. Namun, tangan kesemutan dapat menggangu aktivitas jika terjadi terus menerus. Mengetik, memasak, membersihkan rumah, semua membutuhkan pergerakan tangan yang luwes dan cepat.

 

Penyebab Tangan Kesemutan

Penyebab Tangan Kesemutan

Penyebab Tangan Kesemutan Sementara

Kesemutan yang sementara terjadi dikarenakan anggota tubuh mengalami tekanan dalam waktu yang lama.  Tekanan ini biasanya terjadi pada tangan atau kaki saat tidur. Pada kondisi ini, aliran darah ke saraf pada anggota tubuh tersebut menjadi terhambat sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada saat dilepaskan dari tekanan. Itulah yang kita sebut dengan kesemutan. Kesemutan ini biasanya tidak akan bertahan lama. Cukup dengan melemaskan anggota tubuh yang kesemutan beberapa saat saja.

Kesemutan pada tangan yang dapat disembuhkan dengan hanya melemaskan tangan beberapa saat biasanya tidaklah berbahaya. Namun, adapula kesemutan yang dapat disebabkan oleh penyakit. Oleh karena itu, Kamu harus berhati-hati jika kesemutan terjadi secara terus menerus.

Penyebab Tangan Kesemutan Jangka Panjang

Dalam kasus ini, kesemutan dalam jangka panjang bisa terjadi diakibatkan adanya cedera pada saraf. Stroke bisa menjadi salah satunya. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kesemutan dalam jangka yang panjang:

Saraf Terjepit

Saraf terjepit yang paling sering terjadi pada tangan adalah Carpal Tunel Syndrome. Situasi ini menyebabkan saraf medianus (saraf pada ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah) terjepit pada terowongan di pergelangan tangan. Nyeri, kesemutan, baal, adalah gejala-gejala yang biasanya muncul pada jari atau tangan. Pada malam hari, gejala ini biasanya semakin terlihat bahkan sampai membangunkan orang yang sedang menderita penyakit ini.

Trauma atau cedera

Benturan keras sehingga menimbulkan cedera / patah tulang, dapat menimbulkan gangguan pada saraf yang terlibat pada area yang cedera. Jika pada lengan bawah pernah terjadi cedera atau patah tulang, maka memungkinkan munculnya kesemutan pada tangan.

Stroke

Stroke dapat menjadi penyebab tangan kesemutan. Tidak hanya menyebabkan kesemutan pada tangan, stroke bisa juga menyebabkan seseorang merasa kesemutan setengah badan, berbicara pelo, dan lainnya.

Tumor Otak

Sama halnya dengan stroke, terjadinya gangguan pada otak seperti tumor otak dapat membuat  beberapa bagian tubuh mengalami kesemutan. Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang bisa menjadi dampak kesemutan tersebut.

Baca juga : Penyebab Difteri

Diabetes Penyebab Tangan Kesemutan

Diabetes Penyebab Tangan Kesemutan

Diabetes

Gula darah tinggi atau biasa kita sebut dengan kencing manis lama kelamaan dapat menyebabkan gangguan pada saraf perifer sehingga menimbulkan kesemutan pada tangan.

Kekurangan Vitamin

Vitamin E, B1, B6, B12, dan niasin sangat penting untuk kesehatan saraf. Kekurangan vitamin B12,  dapat menyebabkan anemia pernisiosa, sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri pada tangan atau kaki. Namun, ada pula vitamin yang jika terlalu banyak dikonsumsi dapat menyebabkan kesemutan pada tangan, vitamin B6 misalnya.

 

Itulah beberapa penyebab tangan kesemutan yang perlu kamu ketahui. Cara untuk menangani tangan kesemutan berbeda-beda tergantung dengan jenis penyakit yang menyebabkannya. Untuk memastikan hal tersebut, segera hubungi dokter jika kesemutan terus berlanjut dan tidak bisa dihentikan.

1

No Responses

Write a response