Cara Berhenti Merokok yang Ampuh dan Mudah

Cara Berhenti Merokok – Berhenti merokok bukanlah hal yang mudah. Tentunya orang-orang yang nekat untuk meneruskan kegemarannya pada rokok sudah tau akan bahaya rokok. Namun, berhenti merokok tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak yang berusaha berhenti merokok namun hanya bertahan sebentar saja, lalu akhirnya tergoda untuk mencoba kembali.

Kali ini, ceritasehat akan memberikan cara berhenti merokok yang ampuh. Meskipun tidak cepat, namun jika konsisten cara ini dapat membuatmu bisa menghentikan kebiasaan merokok.

Mengapa Harus Berhenti Merokok

Sebelum mengetahui cara berhenti merokok. Kamu harus tau terlebih dahulu apa saja alasan mengapa Kamu harus berhenti untuk merokok. Berikut ini adalah alasan-alasan yang dapat menguatkan keinginanmu untuk berhenti merokok.

1. Berhenti Demi Kesehatanmu

“Menghabiskan masa muda untuk mencari uang, lalu menghabiskan uang untuk pengobatan di masa tua”. Pernah mendengar kalimat itu? Ya, kalimat itu sangat memungkinkan bagi perokok. Sudah bukan rahasia lagi bahwa rokok memiliki banyak kandungan racun di dalamnya. Bahkan, pada bungkus rokok sendiri tertulis bahwa rokok bisa membunuh pemakainya.

Maka dari itu, sayangilah dirimu sendiri. Setidaknya, sayangilah pula orang-orang disekitarmu yang tentunya akan sangat khawatir dan kerepotan saat Kamu sakit nantinya. Jadi, yakinilah diri sendiri untuk berhenti merokok. Tidak ada keuntungan dari rokok, malah banyak kerugian yang akan Kamu terima. Salah satunya adalah kesehatanmu.

2. Berhenti Demi Keuanganmu

Semakin lama, biaya hidup semakin mahal. Lalu, bukankah sia-sia jika kita gunakan sisa uang untuk membeli sesuatu yang tidak ada manfaat untuk diri kita? Malah sepertinya rokok ibaratkan membeli racun untuk tubuh kita sendiri.

Keuangan merupakan salah satu faktor penting yang dapat mendorong keinginanmu untuk berhenti merokok. Coba bayangkan jika Kamu berhenti merokok selama setahun. Barang apa yang dapat Kamu beli dengan uang itu? Hmm…

3. Berhenti demi Penampilanmu

Seperti apa penampilan orang yang sering merokok? Tentunya semakin lama, rokok dapat membuat penampilan tampan dan cantikmu berkurang. Kamu harus tau bahwa berhenti merokok dapat membuat:

  • Nafasmu tidak bau lagi
  • Gigi lebih putih
  • Rambut dan pakaian menjadi lebih wangi
  • Pernafasan menjadi lebih baik
  • Kuku tidak menjadi kekuningan lagi

4. Berhenti Demi Orang-orang yang Disayangi

Dengan berhenti merokok, kamu telah berkontribusi untuk melindungi orang-orang yang Kamu sayangi. Merokok tidak hanya merugikan diri sendiri. Tapi juga membahayakan orang-orang di sekitarmu.

Istri, Ibu, Kakak, Anak, dan orang-orang tersayang lainnya dapat merasakan dampak buruk yang disebabkan oleh perokok. Sayangilah mereka dengan berhenti merokok. Berikan mereka sisi terbaikmu tanpa rokok.

 

Cara Berhenti Merokok

1. Mengapa Kamu Ingin Berhenti Merokok?

Cara Berhenti Merokok

sumber: seputarsulut.com

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah cara pertama yang harus Kamu terapkan untuk berhenti merokok. Pilih alasan yang paling kuat, lalu ingatlah selalu alasan itu. Alasan tersebut bisa bermacam-macam. Seperti menyayangi keluarga, terhindar dari sakit, atau dipaksa oleh lingkunganmu.

Jika sebelumnya Kamu pernah merasakan sakit akibat sering merokok, maka ingatlah susahnya menjadi seorang yang sedang terserang penyakit. Selain menyusahkan diri sendiri, orang-orang di sekitarmupun juga akan menjadi kesulitan.

2. Beritahu Orang-orang terdekatmu

Berhenti merokok itu tidak mudah. Kamu tau akan hal itu. Oleh karena itu, Kamu tidak boleh berjuang sendiri. Publikasikan kepada teman-teman dan orang-orang yang kamu cintai tentang tekad baikmu itu. Lalu, biarkan mereka membantumu untuk berhenti merokok.

Dengan begitu, dirimu pun akan semakin sadar dan menjaga diri agar tidak merokok. Jika terlihat oleh orang-orang di sekitarmu, maka merekapun akan membantu untuk mengingatkanmu pada komitmen awal. Bekerja sama lebih ringan daripada bekerja sendiri bukan?

3. Alihkan Perhatianmu

Cara Berhenti Merokok

Sumber: ummi-online.com

Seorang  perokok biasanya sangat sulit memanfaatkan waktu senggangnya untuk melakukan hal lain selain merokok. Oleh karena itu, jangan biarkan waktumu senggang. Alihkan terus perhatianmu kepada hal lain yang Kamu suka.

Tekuni hobimu kembali seperti travelling, berolahraga, berkumpul bersama teman dan keluarga, dan lain sebagainya. Dengan menyibukkan diri terhadap hal-hal yang Kamu sukai akan membantumu untuk tidak terlalu mengingat rokok.

4. Bersihkan Tempat Tinggalmu

Seorang perokok biasanya sering meninggalkan jejak nya sehingga lantai, dinding, atau meja menjadi terlihat kotor. Cobalah bersihkan tempat tinggalmu sendiri. Dengan begitu, akan muncul rasa sayang untuk mengotori tempat bersih tersebut dengan sampah rokok yang biasa kamu tinggalkan.

Hal yang sama juga terjadi jika kamu sering menyikat gigi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok dapat membuat gigi menjadi rusak. Sikat gigi secara teratur mampu membuatmu ragu untuk merokok kembali setelah sikat gigi.

Baca juga : Cara Meningkatkan Daya Ingat

5. Berikan Hadiah Pada diri Sendiri

sumber: due.com

Apa makanan favoritmu? Gunakanlah makanan favorit atau hal menyenangkan lainnya untuk menjadi hadiah bagi progress berhenti merokokmu. Pasang targetmu sendiri. Misalnya, jika berhasil berhenti merokok selama sebulan, Kamu akan memberikan hadiah kepada diri sendiri berupa jalan-jalan ke Bali.

Menarik bukan? Reward yang kamu targetkan akan memberikan motivasi kepada dirimu sendiri. Sisihkanlah uang yang biasa dipakai untuk merokok. Dengan begitu, uang tersebut dapat digunakan untuk memberi reward kepada dirimu sendiri setelah target tercapai.

6. Ubah Sugesti Tentang Rokok

Apa yang biasa Kamu lakukan saat sedang stress? Kebanyakan perokok menganggap bahwa rokok adalah penghilang stress. Sebenarnya, ini hanyalah sugesti semata. Jika dapat menyugestikan hal positif dalam dirimu, mengapa harus bertahan dengan sugesti negatif?

Ubahlah sugestimu tentang rokok. Misalnya, saat sedang stress, rokok bukanlah pilihan utamamu. Travelling, mendengarkan suara-suara alam, atau melihat pemandangan yang indah merupakan hal penting yang harus kamu punyai saat itu juga. Dengan begitu, ketergantungan terhadap rokok pun akan berkurang sedikit demi sedikit.

Temukan lagi sugesti-sugesti lain yang biasa Kamu pikirkan tentang rokok. Setelah itu, temukan hal lain yang lebih positif untuk mengganti rokok.

7. Jika Gagal, Cobalah Lagi

Cara Berhenti Merokok

sumber: solusisupersukses.com

Ini merupakan kendala yang dirasakan semua perokok yang berusaha berhenti merokok. Terkadang mereka merasa tidak kuat, dan melakukan kesalahan sehingga menghisap 1 – 2 batang rokok lagi. Saat itu, janganlah merasa bahwa cara berhenti merokok yang kamu terapkan tidak berhasil. Jangan menyerah sebelum berperang!

Jika kamu melakukan kesalahan seperti tadi, cobalah lagi untuk berhenti merokok dengan cara yang sama secara konsisten dan terus menerus. Sedikit demi sedikit, kesalahan-kesalahan tersebut akan berkurang. Banyak perokok yang berusaha berhenti juga melakukan kesalahan-kesalahan sebelumnya. Maka dari itu, jangan menyerah!

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply